Comscore Tracker

Yogurt hingga Oncom, 7 Makanan Fermentasi ini Bagus Untuk Kesehatanmu

Enak, segar, dan menyehatkan, lho!

Makanan dan minuman fermentasi diproduksi dengan melibatkan pertumbuhan mikroorganisme seperti yeast dan bakteri yang terkendali, dan konversi komponen makanan melalui mekanisme enzimatik.

Mikroorganisme tersebut dapat mengubah gula dan starch menjadi alkohol atau asam. Alkohol atau asam tersebut dapat menurunkan risiko kontaminasi mikroorganisme patogen pada makanan, sehingga makanan dapat menjadi awet. Fermentasi dapat membuat membuat tekstur dan rasa makanan berubah, seperti rasa getir dan asam.

Makanan fermentasi tidak hanya membuat makanan menjadi awet, tapi juga menambah nilai nutrisi serta dapat meningkatkan bakteri baik atau probiotik untuk tubuh. Nah, probiotik sendiri merupakan bakteri atau yeast yang baik untuk tubuh kita, terutama untuk pencernaan.

Bakteri pada probiotik ini bisa dibilang bakteri yang baik karena dapat membuat pencernaan sehat. Makanan dan minuman fermentasi apa saja yang dapat meningkatkan kesehatan dan pencernaan? Simak artikel berikut, ya!

1. Kefir

Yogurt hingga Oncom, 7 Makanan Fermentasi ini Bagus Untuk Kesehatanmuunsplash.com/Anshu A

Kefir merupakan minuman susu fermentasi. Kefir dibuat dari susu sapi, kambing, atau domba yang diberi dengan kefir grains, kefir grains merupakan kombinasi dari koloni yeast dan bakteri asam laktat. Sekitar lebih dari 24 jam, mikroorganisme yang ada di kefir grains tersebut berkembang biak dan memfermentasi gula dalam susu dan mengubahnya menjadi kefir. Rasa kefir hampir mirip dengan yogurt dengan tekstur yang lebih cair daripada yogurt. 

2. Tempe

Yogurt hingga Oncom, 7 Makanan Fermentasi ini Bagus Untuk Kesehatanmuunsplash/com/Ella Olsson

Tempe merupakan salah satu makanan kesukaan masyarakat Indonesia, tempe juga merupakan salah satu sumber protein bagi para vegetarian. Tempe terbuat dari kacang kedelai rebus yang difermentasi dengan jamur Rhizopus oligosporus pada suhu ruang selama 35-37 jam.

3. Kombucha

Yogurt hingga Oncom, 7 Makanan Fermentasi ini Bagus Untuk Kesehatanmuunsplash.com/Klara Avsenik

Kombucha merupakan minuman teh fermentasi asal Tiongkok atau Jepang. Kombucha dibuat dari teh hitam atau teh hijau dan gula yang difermentasi oleh kombinasi bakteri dan yeast yang bernama symbiotic culture of bacteria and yeast, fermentasi dilakukan selama seminggu atau lebih. Kombucha berasa asam-manis dan bersoda.

4. Kimchi

Yogurt hingga Oncom, 7 Makanan Fermentasi ini Bagus Untuk Kesehatanmuunspalsh.com/Portuguese Gravity

Seiring berkembangnya Hallyu Wave di seluruh belahan dunia, semakin ngetren lah makanan tradisional Korea bernama kimchi ini. Biasanya kimchi disajikan sebagai side dish. Kimchi sendiri sebenarnya adalah nama untuk sayuran yang digaramkan dan difermentasi, sayuran yang biasa digunakan adalah kubis atau korean radish, dan berbagai sayuran lain. Fermentasi terjadi secara spontan dari mikroorganisme yang ada di kubis atau sayuran lain.

5. Sauerkraut

Yogurt hingga Oncom, 7 Makanan Fermentasi ini Bagus Untuk Kesehatanmupexels.com/ ELEVATE

Sauerkraut adalah makanan fermentasi yang terbuat dari kubis parut yang diberi 2,3%-3,0% garam. Fermentasi dari sauerkraut  umumnya melibatkan bakteri asam laktat. Sauerkraut rendah kalori namun tinggi serat, vitamin C, dan vitamin K.

6. Yogurt

Yogurt hingga Oncom, 7 Makanan Fermentasi ini Bagus Untuk Kesehatanmupexels.com/Vlad Chețan

Yogurt merupakan salah satu minuman dairy product yang terkenal di dunia, yogurt adalah susu yang difermentasi menggunakan yogurt culture. Pembuatan yogurt dimulai dengan susu segar kemudian difermentasi dengan berbagai kultur bakteri hidup dan diinkubasi dengan suhu yang spesifik agar bakteri dapat tumbuh. Kultur bakteri tersebut memfermentasi laktosa membentuk asam laktat yang memberikan rasa asam yang khas untuk yogurt.

7. Oncom

Yogurt hingga Oncom, 7 Makanan Fermentasi ini Bagus Untuk Kesehatanmuflickr.com/Andy Tanamas

Salah satu makanan tradisional Indonesia yang populer di Jawa Barat, tak lain dan tak bukan adalah oncom. Oncom terbuat dari bungkil tahu, bungkil kacang tanah atau tapioka. Terdapat dua oncom yang berbeda warna dan berbeda kapang, yaitu oncom merah yang terbuat dari bungkil tahu dan difermentasi dengan kapang Neurospora sitophila, dan oncom hitam yang terbuat dari bungkil kacang tanah yang dicampur tepung tapioka dan difermentasi dengan Rhizopus oligosporus.

Nah, itulah 7 makanan dan minuman fermentasi yang kaya akan manfaat. Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat tentu perlu untuk kebaikan tubuh serta pencernaan kita, termasuk mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi seperti di atas. Dari tujuh makanan dan minuman fermentasi di atas, mana yang menjadi andalan dan favorit?

Baca Juga: 5 Makanan Fermentasi Nusantara yang Melegenda, Mana Favoritmu?

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya