Comscore Tracker

5 Makanan Khas Jepara yang Kaya Rempah, Kamu Wajib Coba!

Cita rasa yang unik bikin kamu penasaran #LokalIDN

Berlibur ke Kota Jepara kurang lengkap rasanya kalau gak mencicipi kuliner khasnya. Kota yang juga terkenal akan ukirannya ini juga memiliki sederet makanan khas dengan berbagai rasa, mulai dari manis, asin, gurih, semua ada. Penasaran apa saja makanannya?

Yuk, simak ulasan makanan khas Jepara di bawah ini.

1. Moto belong

5 Makanan Khas Jepara yang Kaya Rempah, Kamu Wajib Coba!Moto belong (instagram.com/granmahakamhotel)

Moto belong merupakan merupakan salah satu jajanan tradisional khas Jepara. Dinamakan moto belong karena jajanan ini memiliki bentuk seperti mata yang bagian tengahnya sedang melotot.

Moto belong sendiri terbuat dari singkong yang diparut kemudian dibentuk bulat, lalu diberikan tambahan pisang pada bagian tengahnya. 

2. Soto jepara

5 Makanan Khas Jepara yang Kaya Rempah, Kamu Wajib Coba!Soto jepara (instagram.com/sotondeso.mbahdjitoe)

Setiap daerah di Indonesia pastinya memiliki soto khasnya yang menjadi ikon di daerah tersebut. Salah satunya Kota Jepara yang memiliki salah satu kuliner yang perlu kamu coba.

Ya, soto Jepara salah satu soto yang memiliki kuah kaldu bening kekuningan yang dipadukan dengan santan sebagai campurannya. Yang membedakan soto jepara dengan soto lain yaitu penggunaan daun kucai sebagai pelengkapnya.

Baca Juga: 5 Kuliner Unik Jepara Ini Punya Nama dan Cita Rasa yang Menggelitik 

3. Pindang serani

5 Makanan Khas Jepara yang Kaya Rempah, Kamu Wajib Coba!Pindang serani (instagram.com/yscooking)

Pindang serani merupakan salah satu makanan sejenis sup ikan yang memiliki rasa pedas, asam, dan manis. Bahan yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah ikan laut dan beberapa bumbu seperti belimbing wuluh, tomat, daun bawang dan daun kemangi. Sehingga membuat kuliner ini sangat cocok dinikmati di siang hari.

Wajib dicoba, nih!

4. Adon-adon coro

5 Makanan Khas Jepara yang Kaya Rempah, Kamu Wajib Coba!Adon-adon coro (instagram.com/masha_endeber)

Adon-adon coro merupakan salah satu minuman khas tradisional dari Jepara.

Adon-adon coro sendiri terbuat dari beragam rempah-rempah yang berkhasiat menghangatkan tubuh, sehingga minuman yang satu ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin. Rasanya sangat pas di lidah yaitu tidak terlalu pedas dan tidak terlalu manis.

5. Singit

5 Makanan Khas Jepara yang Kaya Rempah, Kamu Wajib Coba!Singit (dictio.id)

Singit merupakan salah satu makanan  khas Jepara yang memiliki tampilan hampir sama dengan rendang. Makanan khas Jepara ini berbahan dasar daging sapi.

Rasa dari singit sendiri hampir mirip dengan rendang. Namun bedanya singit memiliki bumbu yang lebih encer dan daging yang digunakan pun bagian jeroan sapi.

Nah, sudah tahu kan makanan khas Jepara? Kamu juga bisa menjadikannya oleh-oleh khas Jepara untuk orang tercinta di rumah. Dari semua olahan khas di atas, kamu sudah pernah coba yang mana, nih?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Jepara, Surga Tersembunyi di Jawa Tengah

Wisnu Ariansyah Photo Verified Writer Wisnu Ariansyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya