Comscore Tracker

Resep Perkedel Bondon yang Rasanya Bikin Sesi Makan Makin Berselera

Rasanya gak kalah lezat dari perkedel lain, lho!

Perkedel bondon merupakan salah satu camilan yang pembuatannya menggunakan bahan campuran dari tepung terigu dan tepung kanji. Perkedel bondon sendiri memiliki cita rasa yang gurih dan garing.

Nah, kamu gak perlu jauh-jauh ke kota kembang untuk mencicipi perkedel ini, sebab kamu bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Supaya gak makin penasaran, simak resepnya di bawah ini, yuk!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Perkedel Bondon yang Rasanya Bikin Sesi Makan Makin BerseleraKentang (unsplash.com/wssb495)

Bahan-bahan:

  • 150 gram kentang
  • 25 gram tepung terigu 
  • 25 gram tepung kanji
  • 1 butir telur 
  • 1 batang daun bawang, diiris halus 
  • merica halus secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya

2. Cuci dan kukus kentang

Resep Perkedel Bondon yang Rasanya Bikin Sesi Makan Makin BerseleraIlustrasi membersihkan kentang (potandon.com)

Langkah pertama, siapkan kentang. Kemudian, kupas dan cuci kentang hingga benar-benar bersih. Sisihkan terlebih dahulu.

Siapkan panci di atas kompor, lalu masukkan kentang ke dalam wajan. Rebus hingga kentang benar-benar matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan airnya.

Baca Juga: 5 Olahan Poutine, Kentang Goreng Berlumur Saus dan Keju

3. Campurkan bahan dan bulatkan

Resep Perkedel Bondon yang Rasanya Bikin Sesi Makan Makin BerseleraIlustrasi mencampurkan bahan-bahan (tasteofsouthern.com)

Kemudian, siapkan wadah yang cukup besar untuk mengolah kentang. Campurkan tepung terigu dan tepung kanji di dalam wadah. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

Jika sudah rata, campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk-aduk menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian, ambil sesendok makan adonan dan bulatkan, lakukan hingga adonan habis.

5. Goreng hingga matang dan siap dinikmati

Resep Perkedel Bondon yang Rasanya Bikin Sesi Makan Makin BerseleraPerkedel bondon (instagram.com/kulinerlimitededition)

Siapkan wajan di atas kompor. Panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu, goreng perkedel bondon sampai berwarna kuning kecokelatan. Jika sudah, angkat lalu tiriskan perkedel.

Sajikan perkedel sebagai camilan atau lauk nasi! Supaya lebih nikmat, sajikan perkedel bondon dengan saus sambal. Menu ini juga bisa dijadikan lauk atau camilan pengganjal lapar. Selamat memasak!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Wisnu Ariansyah Photo Verified Writer Wisnu Ariansyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya