Comscore Tracker

5 Makanan dan Minuman Unik Khas Batam yang Wajib Dicoba

Apakah kamu tertarik mencobanya?

Bagi kalian yang punya hobi kuliner, Batam adalah salah satu kota yang wajib dikunjungi. Sebab, Batam memiliki banyak sekali makanan dan minuman unik. 

Kota Batam berada di Provinsi Kepulauan Riau. Letaknya sangat strategis serta pulaunya berada dekat dengan Singapura dan Malaysia

Tanpa banyak basa-basi lagi, mari simak 5 makanan dan minuman unik khas Batam yang tidak boleh kalian lewatkan saat berkunjung.

1. Indomie goreng jay chou blok IV

5 Makanan dan Minuman Unik Khas Batam yang Wajib DicobaIndomie goreng jay chou (instagram.com/batamliciouz)

Bagi kalian sobat kuliner yang baru pertama kali menginjak Batam, kalian wajib mencicipi makanan unik yang sudah terkenal di kalangan masyarakat Batam ini. Dari namanya saja pasti kalian bingung, apa mungkin Si Jay Chou sendiri yang masak? Jawabannya, tentu bukan, dong.

Makanan indomie goreng ini bisa dikenal dengan nama Jay Chou karena sifat cool dari si abang yang memasak. Sebab, dia hanya menjawab "hmmm" apabila ada yang memesan makanan tersebut.

Bukan hanya itu, rasa dari indomie goreng ini juga unik dan enak. Campuran telur dan potongan sayur membuat makanan ini menjadi khas plus cabe rawitnya yang membuatnya kian lezat. Harganya bervariasi, mulai dari Rp10 ribu sampai Rp18 ribu.

 

2. Teh obeng

5 Makanan dan Minuman Unik Khas Batam yang Wajib DicobaTeh obeng (pinangpaleo.com)

Baca Juga: 5 Makanan dari Susu Madu yang Bikin Pas Buat Ngemil Manis

Teh Obeng adalah minuman teh manis yang dicampur dengan es batu. Rasanya memang tidak berbeda jauh dengan teh manis dingin pada umumnya.

Akan tetapi, kata 'Teh Obeng' ini hanya bisa kalian temui di Batam dan Tanjungpinang saja. Awalnya, minuman ini bernama Teh Apeng yang berarti 'Peng' adalah es batu. Seiring dengan pertukaran bahasa masyarakat Tionghoa dan Melayu, akhirnya menjadi Teh Obeng sampai saat ini.

Bagi sobat kuliner yang baru pertama kali ke Batam, kalian bisa mencoba memesannya di semua warung maupun restoran. Kalian cukup bilang "Mas, Teh Obeng satu!", pelayan akan langsung mengerti.

3. Mie rebus

5 Makanan dan Minuman Unik Khas Batam yang Wajib DicobaMie rebus (batamliciouz.com)

Next, ada yang namanya Mie Rebus. Dari namanya mungkin kalian berpikir itu adalah Mie Sop atau Mie Kuah yah. Tentu saja bukan, Mie Rebus adalah mie kuning yang direbus dan disirami kentalnya kuah kacang. Tidak lupa ditambahkan sebutir telur rebus yang dipotong dengan cara unik. Bisa kalian lihat, telurnya seolah-olah diiris dengan rapi.

Makanan yang satu ini bisa kalian temui saat sarapan di kedai kopi dekat pasar yang ada di Batam. Harganya pun sangat terjangkau, hanya Rp12 ribu per porsi.

 

4. Gorengan ikan hiu/sua he pia

5 Makanan dan Minuman Unik Khas Batam yang Wajib DicobaGorengan ikan hiu/sua he pia (cookpad.com/dapur tika lim)

Makanan satu ini tidak boleh terlewat. Keunikan gorengan khas Batam ini adalah gorengan menggunakan daging hewan laut yang terkenal dengan buasnya, yaitu ikan hiu.

Makanan ini hanya bisa kalian temui di kepulauan ini saja. Bagi sobat kuliner yang belum pernah mencicipi daging ikan hiu, kalian wajib coba gorengan ikan hiu ini yang memiliki panggilan lokal Sua He Pia. Sua He artinya Ikan Hiu dan Pia artinya bakwan atau gorengan.

Rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi, pastinya enak dan lezatos meskipun sebagian besar bahannya hanyalah tepung dan daging saja. Gorengan ini bisa kalian temui di tempat makan seperti foodcourt atau pesan langsung ke penjual. Untuk harga cukup murah, mulai dari Rp5 ribu per potong.

5. Otak-Otak

5 Makanan dan Minuman Unik Khas Batam yang Wajib DicobaOtak-Otak (batamraya.com)

Kalian juga harus mencicipi makanan unik dan khas satu ini, yaitu Otak-Otak. Otak-Otak yang dimaksud bukanlah otak yang sebenarnya, melainkan makanan yang terbuat dari daging ikan atau sotong. Makanan tersebut kemudian dicincang, dihaluskan, lalu dibungkus ke dalam daun kelapa yang siap untuk dibakar.

Aroma bakar dan rasa manis pedas dari adonan cincang ini akan membuat kita ketagihan untuk memakannya lagi.

Ya, makanan satu ini bisa kalian temukan di tempat makan seperti foodcourt ataupun memesannya langsung dari penjual. Harganya pun murah meriah hanya seribu rupiah per bungkusnya.

Itulah 5 makanan dan minuman unik khas Batam. Sobat traveling yang hobi kuliner tentunya harus mencicipi makanan dan minuman unik khas Batam ini!

Baca Juga: Resep Otak-otak Ikan ala Jajanan Anak SD, Gampang Bikinnya!

Yanto Sudiman Photo Writer Yanto Sudiman

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya