Comscore Tracker

5 Makanan Termahal di Jepang, Harganya Menguras Kantong!

Mencapai jutaan rupiah satu porsinya

Berbicara mengenai negara Jepang, yang sudah pasti dipikiran adalah mengenai budaya, anime, wisata, dan kulinernya yang khas. Makanan khas Jepang yang cukup populer di dunia ada sushi, yakiniku, ramen, dan sashimi.

Jenis makanan-makanan ini sangat mudah untuk ditemui di restoran khas Jepang di negara manapun dan harganya cukup terjangkau.

Tetapi tahukah kamu bahwa terdapat makanan khas Jepang yang memiliki harga sangat fantastis? Makanan-makanan ini sangat unik, susah ditemukan, dan pembuatannya cukup rumit. Berikut 5 makanan termahal di Jepang yang harus kamu tahu.

1. Wagyu

5 Makanan Termahal di Jepang, Harganya Menguras Kantong!koberestaurant.com

Wagyu merupakan sebutan untuk sapi Jepang. Daging wagyu bisa mencapai harga 9 juta rupiah satu kilogramnya. Harga daging wagyu yang sangat mahal ini dikarenakan metode dari pemeliharan sapi wagyu itu sendiri.

Di Jepang, untuk mendapatkan identitas wagyu, seekor sapi harus dipelihara dengan sangat intens dan pemberian makanan yang sangat teratur. Anak sapi biasanya digembalakan di padang rumput, diberi makan jerami padi, gandum, tanaman utuh, dan minyak sayur. Ini dilakukan untuk memastikan daging sapi yang dihasilkan banyak memiliki marble.

Marble merupakan istilah untuk guratan lemak pada sapi yang berbentuk seperti marmer. Semakin banyak marble berarti kualitas daging semakin bagus.

Sapi wagyu ini dipelihara hingga tumbuh mencapi bobot tubuh seberat 700kg. Pemeliharaan ini memakan waktu selama tiga tahun, di mana untuk sapi biasa hanya membutuhkan waktu 15 bulan. Melalui semua proses ini, hasil daging yang dihasilkan akan sangat lembut dan juicy. Inilah yang membuat harga dari daging wagyu sangat mahal, tetapi rasa yang dihasilkan sangat memuaskan lidah.

2. Semangka Densuke

5 Makanan Termahal di Jepang, Harganya Menguras Kantong!latimes.com

Semangka densuke termasuk dalam salah satu buah termahal di Japang. Semangka ini memiliki kulit luar yang berwarna hijau gelap cenderung ke hitam dan sangat mulus. Semangka ini sangat langka dan hanya tersedia kurang dari 100 buah setiap tahunnya. Semangka Densuke hanya tumbuh di bagian utara pulau Hokkaido, Jepang.

Semangka ini memiliki rasa dengan tingkat kemanisan yang berbeda dan jauh lebih tinggi dari semangka biasa. Isi semangkanya sangat merah dan renyah, serta hanya memiliki sedikit biji. Semangka densuke masih jarang dijual di luar Jepang, namun saat ini bijinya sudah mulai diperjualbelikan di Eropa dan Amerika.

Semangka Densuke dikemas secara khusus sebelum dijual. Semangka ini dikemas dalam sebuah kotak kubik karton yang elegan, untuk menghindari kerusakan pada semangka. Selain itu, semangka ini dijual juga menggunakan sertifikat khusus. Harga dari semangka ini bisa mencapai 86 juta rupiah per satuannya.

Baca Juga: Suka Makanan Jepang? Berikut 5 Ikan yang Populer Dijadikan Sushi

3. Melon Yubari

5 Makanan Termahal di Jepang, Harganya Menguras Kantong!jpninfo.com

Pernah membayangkan beli buah melon dengan harga setara membeli mobil? Melon Yubari merupakan melon termahal di Jepang yang pernah terjual hingga harga 366 juta rupiah. Harga ini diperoleh pada sebuah acara lelang di Jepang.

Melon Yubari hanya tumbuh di sebuah kota kecil bernama Yubari, di dekat kota Sapporo, Hokkaido. Melon ini berbentuk bulat sempurna dan memiliki kulit yang sangat halus. Melon ini memiliki rasa yang lebih manis dan juicy dari melon biasanya. Kualitas dari buah ini dilihat dari bentuknya.

Jika berbentuk bulat sempurna, maka akan semakin baik kualitasnya dan harganya semakin mahal.

4. Matsutake

5 Makanan Termahal di Jepang, Harganya Menguras Kantong!english.kyodonews.net

Jamur khas Jepang yang cukup banyak dikonsumsi dan dikenal orang saat ini adalah jamur shitake dan enoki. Tapi pernahkah kamu mendengar tentang jamur matsutake? Jamur ini kaya akan vitamin B, protein, kalium, dan selenium. Jamur ini juga kaya akan serat makanan dan rendah lemak, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Jamur ini termasuk bahan makanan dengan harga yang cukup mahal. Ini dikarenakan tidak ada yang mengetahui bagaimana menanam jamur ini dengan benar. Jamur matsutake ditemukan di bawah daun - daun pohon pinus yang berguguran. Alasan lain yang membuat jamur ini mahal adalah berkurangnya lahan yang baik di Jepang untuk tempat pertumbuhannya.

Di Jepang sendiri jamur matsutake sudah sangat langka dan biasanya jika dijual akan mencapai harga 29 juta rupiah per satu kilogramnya. 

5. Fugu

5 Makanan Termahal di Jepang, Harganya Menguras Kantong!oyakata.com.pl

Fugu atau ikan buntal adalah hidangan mewah di Jepang, yang hanya bisa dibuat oleh koki yang sudah memiliki lisensi khusus. Hal ini dikarenakan ikan fugu merupakan hewan yang beracun, yang jika sembarangan proses pembuatannya dapat menyebabkan kematian bagi yang mengonsumsinya.

Meskipun dapat menyebabkan kematian jika tidak diolah dengan benar, hidangan yang satu ini cukup banyak diminati oleh warga Jepang. Memiliki tekstur yang khas membuat fugu akan tetap lezat jika dimasak dalam metode apapun, mulai dari digoreng, dipanggang, maupun direbus.

Fugu juga memiliki protein yang tinggi dan rendah kalori. Harga dari satu porsi fugu bisa mencapai 2 juta rupiah, tergantung proses pengolahannya.

Nah itu dia 5 makanan termahal di Jepang, yang memiliki harga cukup fantastis. Jadi di antara kelimanya, adakah yang ingin kamu coba?

Baca Juga: Resep Chicken Nanban, Ayam Goreng Saus Tartar Nikmat ala Jepang

yesica verawaty sitinjak Photo Verified Writer yesica verawaty sitinjak

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya