Comscore Tracker

Untukmu Pencinta Kuliner, 5 Makanan Khas Jawa Tengah Ini Wajib Dicoba 

Salah satu kuliner Nusantara yang wajib dicoba #LokalIDN

Indonesia dikenal dengan beragam suku, adat, dan budaya. Hal itu membuat daerah di seluruh penjuru Indonesia memiliki keunikannya masing-masing. Seperti halnya pakaian adat, rumah adat, dan makanan khas daerah, setiap provinsi pasti memiliki kuliner lezatnya masing-masing.

Seperti di provinsi Jawa Tengah yang kulinernya sangat beragam dari tiap daerahnya. Berikut ini makanan khas Jawa Tengah yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana.

1. Sego Gono Gurih dari Temanggung

Untukmu Pencinta Kuliner, 5 Makanan Khas Jawa Tengah Ini Wajib Dicoba Instagram.com/@dhia_spalomasr12

Temanggung sendiri adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan tembakau srinthil-nya. Makanan khas dari daerah ini salah satunya adalah sego gono.

Sego gono terbuat dari bahan dasar nasi yang dicampur dengan sayur lembayung, tempe, sayur buncis, parutan kelapa, teri, dan bumbu. Rasa sego gono ini sangat unik dan gurih. Kamu bisa makan sego gono dengan tempe kemul atau bakwan khas Temanggung.

2. Tahu Petis Lezat Khas Semarang

Untukmu Pencinta Kuliner, 5 Makanan Khas Jawa Tengah Ini Wajib Dicoba Instagram.com/@the.lucky.belly

Salah satu makanan khas terbaik dari Semarang adalah tahu petis. Bahan dasar dari makanan ini tentu saja sesuai dengan namanya, tahu dan petis.

Petis adalah sejenis olahan dari sisa cairang perebusan udang atau ikan yang kemudian diolah menjadi saus kental kehitam-hitaman.

Pengolahan tahu petis pun cukup mudah. Tahu dibelah menjadi dua lalu diisi dengan petis. Setelah itu goreng dalam minyak panas hingga garing. Jika sudah matang bisa disajikan dengan cabe rawit. Menggugah selera bukan?

Baca Juga: 7 Makanan Khas Jawa Tengah Bercita Rasa Pedas Menggigit, Enak Semuanya

3. Timlo, Sup Daging Khas Solo

Untukmu Pencinta Kuliner, 5 Makanan Khas Jawa Tengah Ini Wajib Dicoba Instagram.com/@sbykulinerinfo

Selain serabi, Solo juga punya Timlo, salah satu makanan khas yang sebenarnya adalah sup daging.

Namun berbeda dari sup daging biasanya, isian timlo lebih lengkap dengan suwiran ayam, telur, sosis, irisan hati ayam, irisan telur dadar dan disiram dengan kaldu panas. Cocok sekali dimakan ketika hari hujan. Kamu yang berkunjung ke Solo jangan lupa mencoba Timlo ya! 

4. Es Lontrong Legendaris dari Tegal

Untukmu Pencinta Kuliner, 5 Makanan Khas Jawa Tengah Ini Wajib Dicoba Instagram.com/@sebataskabar

Kuliner selanjutnya ada es lontrong dari kota Tegal. Minuman ini berisi kacang hijau, cincau, es batu lalu dipadukan dengan gula merah dan santan yang membuat minuman ini terlihat sangat menyegarkan.

5. Si Gurih Jalabia Singkong dari Banyumas

Untukmu Pencinta Kuliner, 5 Makanan Khas Jawa Tengah Ini Wajib Dicoba Twitter.com/@OK_OmahKopi

Banyumas terkenal dengan mendoannya. Namun Banyumas juga punya kuliner lain yang tak kalah menarik dari mendoan, yaitu jalabia.

Jalabia adalah makanan khas Banyumas yang berbahan dasar singkong. Pembuatannya pun terbilang mudah, dengan cara memarut singkong lalu dibentuk bulat seperti donat. Lalu diberi lubang di tengahnya dan digoreng. Jalabia sangat cocok untuk menemanimu minum kopi atau teh.

Nah, itu dia 5 kuliner khas Jawa Tengah yang wajib kamu coba jika berkunjung ke daerah-daerah tersebut. Mana yang bikin kamu paling tertarik untuk mencicipinya?

Baca Juga: 6 Tempat Kuliner Berkuah di Solo yang Hangatnya Siap Memanjakan Lidah

Yuli Ernawati Photo Writer Yuli Ernawati

Seorang introvert yang menyukai dunia seni. Suka hot chocolate di hari hujan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya