Comscore Tracker

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!

Ada pula kue ketawa dan kerupuk upil #LokalIDN

Indonesia tidak hanya kaya dengan budaya dan tradisi atau alamnya saja. Lebih dari itu, masih terlalu banyak hal-hal unik di seluruh Indonesia yang menarik untuk ditelisik. Tidak terkecuali untuk jenis hidangan. 

Berasal dari berbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing, inilah ragam makanan khas Indonesia yang punya nama unik. Kalau kamu hobi jalan-jalan, jangan lupa eksplorasi makanan-makanan ini ya! 

1. Kue Lidah Kucing

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Kue Lidah Kucing (Instagram.com/moucup)

Kue lidah kucing adalah kue khas Indonesia yang namanya sudah tidak asing lagi. Kue satu ini merupakan salah satu kue khas lebaran. Bentuknya panjang, tipis, dan kasar menyerupai lidah kucing sehingga penamaannya dikenal dengan kue lidah kucing.  

2. Kue Cubit

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Kue Cubit (Instagram.com/masyege)

Kue cubit adalah jajanan khas Indonesia yang berbahan dasar tepung terigu. Rasanya manis dan gurih. Di atasnya ditaburi meses cokelat atau toping manis lainnya. Dinamakan kue cubit karena ketika matang, pedagang kue cubit akan mengangkat kuenya dengan menggunakan capitan. Jadi seperti dicubit. 

3. Kuku Macan

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Kuku Macan (Instagram.com/rikaekawati)

Kuku macan adalah sejenis hidangan kerupuk yang berbahan dasar adonan tepung dicampur dengan ikan tenggiri. Rasanya gurih dan garing. Disebut kuku macan karena bentuknya yang menyerupai kuku macan. 

4. Kerupuk Upil

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Kerupuk Upil (Instagram.com/edy.s.wignyo)

Kerupuk upil adalah jenis kerupuk khas dari Cirebon, Jawa Barat. Rasanya gurih dan biasanya dihidangkan bersama sambal cocolan. Uniknya, kerupuk upil ini digoreng menggunakan campuran minyak dan pasir lho! Dinamakan kerupuk upil karena bentuknya yang kecil-kecil. 

5. Kerupuk Melarat

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Kerupuk Melarat (instagram.com/neocirebon)

Masih sejenis kerupuk dari Cirebon. Kerupuk warna-warni ini tidak dimasak dengan minyak melainkan dengan pasir. Karena alasan itulah kerupuk ini disebut kerupuk melarat. Unik banget ya? 

6. Kue Ketawa

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Kue Ketawa (Instagram.com/rainarecipe)

Kue khas asal Medan ini punya cita rasa manis dan gurih. Kue ini sebetulnya mirip dengan kue onde-onde yang atasnya ditaburi wijen. Hanya saja bentuknya berbeda. Kue ketawa punya bentuk khas seperti sedang tertawa. 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jawa Serba Enak yang Wajib Masuk List Kulineranmu

7. Kue Dollar

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Kue Dollar (Instagram.com/kuwehdollar)

Kue dollar ini merupakan kue khas oleh-oleh dari Surabaya. Rasanya manis dan gurih karena terbuat dari campuran adonan tepung, keju, cokelat, atau wijen. Kue dollar berbentuk kepingan bulat yang menyerupai kepingan dollar. 

8. Sate Kere

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Sate Kere (Instagram.com/sbykulinerinfo)

Siapa yang sudah pernah coba hidangan khas Solo ini? Dinamakan sate kere karena terbuat dari bahan dasar yabg terbilang murah, yaitu tempe gembus dan jeroan sapi yang dibakar lalu dilumuri bumbu kacang. 

9. Tahu Gimbal 

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Tahu Gimbal (Instagram.com/seputarsemarang/saesario_indrawan)

Tahu gimbal merupakan makanan khas dari Semarang nih. Cara penyajiannya mirip dengan ketoprak. Ada kupat tahu dengan bakwan udang dan taoge yang dibumbui dengan bumbu kacang. Kalau kamu mampir ke Semarang, jangan lupa cobain ya!

10. Rawon Setan 

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Rawon Setan (Instagram.com/surabayafoodies)

Salah satu hidangan yang sudah tidak asing lagi adalah rawon setan. Memang agak seram sih ya dari namanya. Tapi, bukan seperti yang kamu bayangkan kok maksudnya.

Dinamakan rawon setan karena konon ini didasarkan dari jam buka penjual rawon setan itu sendiri di mana kuliner satu ini sudah ada sejak tahun 1953 yang buka mulai dari jam 23.00 sampai dengan dini hari.

Dalam bayangannya, pada tahun itu jam-jam malam sangat sepi. Makanya dijuluki dengan Rawon Setan karena katanya hanya akan ada setan yang berkeliaran. 

11. Nasi Kucing

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Nasi Kucing (Instagram.com/ericekos)

Bisa dibilang hidangan nasi kucing ini sangatlah populer. Kamu bisa menemukannya dimana-mana, tidak hanya di daerah asalnya.

Nasi Kucing sendiri disebut-sebut berasal dari Yogyakarta dan Surakarta. Biasanya kamu bisa menikmatinya di angkringan malam hari.

Dinamakan nasi kucing karena porsinya yang sedikit yang diibaratkan hanya untuk porsi makan kucing. 

12. Nasi Kentut

12 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Ada Nasi Kentut!Nasi Kentut (Instagram.com/faktualnews.co)

Kalau kamu orang Medan pasti sudah gak asing lagi nih dengan kuliner satu ini. Nasi kentut adalah hidangan khas Medan yang nasinya memakai campuran dari daun sembukau yang lebih dikenal dengan daun kentut di daerah Sumatera. Tapi tenang, rasanya tetap enak kok!

Itulah 12 makanan khas Indonesia yang punya nama-nama unik. Hidangan mana nih yang pernah kamu coba?

Baca Juga: 10 Harga Makanan Khas Indonesia di Australia, Gak Ada yang Murah

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya