Comscore Tracker

5 Olahan Ikan Ala Jepang, Cocok Jadi Topping Makanan Kesukaanmu!

Lezat dan cocok untuk jadi teman makanmu! 

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, ikan banyak digemari karena dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan lain. Seperti halnya di Jepang, negara yang terkenal akan sushi tersebut juga mempunyai berbagai menu olahan dari ikan.

Diolah dengan cara yang tak biasa, berbagai produk ikan tersebut kerap kali digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai menu khas Jepang, lho! Kira-kira apa saja, ya? Simak informasi berikut ya untuk mengetahuinya!

1. Tarako 

5 Olahan Ikan Ala Jepang, Cocok Jadi Topping Makanan Kesukaanmu!thespruceeats.com

Tarako adalah hidangan yang terbuat dari telur ikan cod dengan rasa yang cenderung plain  atau netral. Hidangan ini berwarna merah muda cerah dan memiliki tekstur yang lembut. Tarako dapat langsung dimakan atau bisa juga disantap dengan berbagai hidangan lain.

Tarako mentah biasanya digunakan sebagai salah satu bahan pelengkap untuk membuat sushi atau sashimi, sedangkan tarako yang telah matang seringkali digunakan untuk membuat saus spaghetti.

Tarako juga merupakan bahan utama untuk membuat mentaiko. Mentaiko sendiri terbuat dari tarako yang telah dicampur dengan garam dan cabai.

2. Kamaboko 

5 Olahan Ikan Ala Jepang, Cocok Jadi Topping Makanan Kesukaanmu!justonecookbook.com

Kamaboko merupakan fish cake dengan warna cerah yang terbuat dari surimi atau ikan yang telah dihancurkan. Ikan tersebut kemudian dibentuk menyerupai bentuk roti dan kemudian dikukus hingga matang. Setelah matang, kamaboko dipotong dan kemudian disajikan.

Kamaboko biasanya disantap dengan berbagai jenis saus. Namun, kamaboko juga dapat disantap dengan mencampurkannya ke dalam sup atau mie.

Baca Juga: 8 Makanan Indonesia yang Mirip Kuliner Jepang, yang Mana Favoritmu?

3. Katsuobushi 

5 Olahan Ikan Ala Jepang, Cocok Jadi Topping Makanan Kesukaanmu!favy-jp.com

Katsuobushi adalah salah satu bahan utama yang digunakan dalam berbagai hidangan khas Jepang. Katsuobushi sendiri terbuat dari ikan tuna yang dikeringkan, difermentasi dan diasap. Olahan dari ikan tuna ini biasanya digunakan untuk memberi rasa gurih atau umami pada berbagai makanan.

Tak hanya umami, katsuobushi juga dianggap dapat menambah rasa kokumi, yaitu sensasi rasa yang seringkali dideskripsikan sebagai heartiness dan mouthfulness.

Meskipun lezat, harga dari katuobushi cenderung mahal karena proses pembuatannya yang cukup sulit dan memakan waktu yang lama.

4. Surimi 

5 Olahan Ikan Ala Jepang, Cocok Jadi Topping Makanan Kesukaanmu!perfectfivefood.com

Dalam bahasa Jepang, surimi mempunyai arti daging giling atau daging yang dihancurkan. Surimi sendiri adalah produk olahan ikan dari Jepang yang dibuat dengan menggiling daging ikan. Sebelum digiling, daging ikan dibersihkan dan dipisahkan dengan duri terlebih dahulu. Setelah halus, baru gilingan daging ikan tersebut dibekukan.

Awalnya, proses penghalusan daging tersebut dilakukan dengan menggunakan tangan saja, namun kini surimi telah dibuat dalam jumlah banyak dan didistibusikan ke berbagai tempat di dunia.

5. Tobiko 

5 Olahan Ikan Ala Jepang, Cocok Jadi Topping Makanan Kesukaanmu!freepik.com

Tobiko adalah nama lain dari telur ikan dalam bahasa Jepang. Hidangan berwarna oranye cerah ini dapat langsung disantap namun bisa juga ditambah dengan tinta cumi-cumi atau yuzu. Bahan-bahan tersebut digunakan untuk menambah lezat rasa dan mengubah warna dari tobiko.

Tobiko mempunyai ukuran yang lebih kecil dari ikura atau telur ikan salmon namun keduanya memiliki tekstur yang kurang lebih sama. Tobiko dapat langsung dimakan atau dapat juga digunakan untuk membuat sushi dan sebagai garnish dalam penyajian sushi.  

Itu dia beberapa olahan dari ikan ala Jepang yang unik dan tentunya lezat. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Fakta Dashi, Kaldu Khas Jepang yang Dongkrak Rasa Umami pada Makanan

Zakia Balqis Photo Verified Writer Zakia Balqis

Human Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya