Comscore Tracker

5 Olahan Seafood Khas Jepang, Lezat dan Mudah Dibuat!

Rasanya lezat, cara membuatnya pun gampang!

Seafood menjadi salah satu menu makanan favorit bagi banyak orang. Selain lezat, berbagai jenis seafood juga bermanfaat sebagai sumber protein utama selain daging.

Tak hanya di Indonesia, hidangan dari berbagai macam seafood juga sangat populer di negara lain seperti Jepang, lho! Dengan hasil laut yang begitu besar, Jepang pun memiliki berbagai sajian dan hidangan lezat yang terbuat dari seafood.

Berbagai hidangan tersebut bisa kamu coba sebagai variasi memasak seafood di rumah supaya tidak bosan. Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Temaki 

5 Olahan Seafood Khas Jepang, Lezat dan Mudah Dibuat!scoop.it

Temaki adalah salah satu jenis sushi yang berbentuk kerucut. Hidangan ini terbuat dari nasi, ikan, dan sayur-sayuran yang dibungkus oleh lembaran nori. Karena proses pembuatannya cukup mudah, temaki banyak dibuat di rumah dan justu sulit ditemukan di restoran.

Temaki biasanya disajikaan saat pesta atau perayaan yang melibatkan keluarga besar. Sushi ini juga akan terasa lebih lezat jika disantap dengan acar jahe, wasabi, kecap, dan saus ponzu.

2. Ebi furai 

5 Olahan Seafood Khas Jepang, Lezat dan Mudah Dibuat!hotfrommyoven.com

Ebi furai adalah sajian yang cukup populer di Indonesia dan terbuat dari bahan utama udang. Untuk membuatnya, udang dicelupkan ke dalam telur, dilapisi dengan tepung roti, dan kemudian digoreng dengan minyak panas.

Uniknya, ebi furai khas Jepang ini ternyata merupakan hidangan yang terinspirasi dari kuliner barat dan mulai populer pada tahun 1900-an. Ebi furai biasa disajikan dengan irisan kubis dan berbagai saus seperti tartar, hoisin, atau kecap inggris.

Baca Juga: 7 Kuliner Okinawa Jepang yang Tak Boleh Dilewatkan, Sedap dan Sehat!

3. Kaisendon 

5 Olahan Seafood Khas Jepang, Lezat dan Mudah Dibuat!food-in-japan.com

Kaisendon adalah salah satu jenis donburi, yaitu hidangan yang disajikan dalam mangkuk yang berisi nasi dan berbagai lauk di atasnya. Namun, lauk yang digunakan dalam kaisendon adalah sashimi, yaitu ikan mentah yang diiris menjadi sangat tipis. Selain sashimi, kaisendon juga dilengkapi dengan nori, jahe myoga, mentimun, dan bawang.

Sebelum diletakkan di atas nasi, bahan-bahan tersebut dioles dengan wasabi dan kecap terlebih dahulu dan setelah itu ditambah dengan wijen, lobak, dan wasabi sebagai garnish.

4. Tendon 

5 Olahan Seafood Khas Jepang, Lezat dan Mudah Dibuat!zojirushi.com

Tendon adalah hidangan khas Jepang yang merupakan kombinasi dari tempura dan donburi. Satu mangkuk tendon berisi seafood yang digoreng, nasi, dan sayuran. Seafood yang biasa digunakan dalam tendon adalah udang yang mirip dengan tempura.

Selain itu, tendon biasanya juga ditambah dengan sedikit tentsuyu, yaitu saus khas dengan rasa gurih atau umami. Tendon biasanya disajikan baik untuk makan siang maupun sebagai camilan ringan di sore hari.

5. Nigirizushi 

5 Olahan Seafood Khas Jepang, Lezat dan Mudah Dibuat!sushischool.jp

Nigirizushi merupakan salah satu jenis sushi yang telah populer di Tokyo dari tahun 1800-an. Jika pada umumnya isian sushi berada di dalam nasi, isian seafood dalam nigirizushi justru berada di bagian atas nasi. Seafood yang biasa digunakan untuk membuat sushi ini adalah udang, tuna, atau belut.

Selain itu, nigirizushi biasanya juga disajikan dengan wasabi, kecap, serta jahe. Karena berukuran relatif kecil, sushi ini biasa disantap langsung dengan tangan dalam sekali gigitan.

Itu dia beberapa sajian seafood khas Jepang yang bisa kamu coba. Jika kamu bosan dengan olahan seafood yang sering kamu temui, beberapa menu di atas bisa kamu buat sebagai variasi!

Baca Juga: 5 Tips Membeli Seafood Segar agar Tetap Aman dan Bercita Rasa Lezat

Zakia Balqis Photo Verified Writer Zakia Balqis

Human Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya