Comscore Tracker

Terkenal Lezat, Inilah 5 Jenis Gudeg yang Wajib Kamu Ketahui

Ternyata ada banyak jenisnya loh!

Kalau kamu pernah berkunjung ke Yogyakarta, pastinya tahu dengan Gudeg bukan? Gudeg merupakan kuliner yang wajib kamu coba ketika liburan ke Yogyakarta dan makanan satu ini sudah ada sejak abad ke-16.

Asal mula makanan bisa tercipta adalah ketika seorang prajurit Mataram sedang mendapat tugas untuk membesihkan lahan sebagai wilayah baru dan tempat tersebut memiliki banyak sekali pohon nangka serta kelapa.

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh para prajurit untuk dijadikan sebuah makanan. Nangka dan kelapa yang dimasak akan melalui proses hangudek atau yang berarti diaduk dalam bahasa Indonesia. Lambat-laun resep gudeg ini mulai menyebar dan bisa eksis hingga saat ini.

Gudeg sendiri bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan hingga makan malam. Lebih mantap lagi kalau kamu menyantap gudeg sambil ditambahkan lauk seperti telur, tempe, atau daging ayam.

Tapi mungkin kamu belum tahu kalau ternyata gudeg memiliki beberapa jenis bukan? Langsung saja deh kepoin jenis-jenisnya berikut ini biar kamu nantinya bisa cobain semua guys.

1. Gudeg basah

Terkenal Lezat, Inilah 5 Jenis Gudeg yang Wajib Kamu Ketahuicookpad.com

Gudeg dibedakan dari cara penyajiannya dan bahan yang digunakan guys. Selain gudeg kering, ada pula gudeg basah.

Gudeg basah adalah gudeg yang disajikan dengan kuah santan dan gudeg ini dimasak sampai tahap perebusan saja agar tekstur nangka muda yang dimasak masih lembek dan basah.

Gudeg basah ini juga bisa disebut dengan gudeg khas Solo karena di kota tersebut gudeg seringkali dihidangkan secara basah. Tapi meskipun begitu kamu tetap bisa menemukannya dengan mudah di Yogyakarta kok.

2. Gudeg kering

Terkenal Lezat, Inilah 5 Jenis Gudeg yang Wajib Kamu Ketahuiblog.reservasi.com

Setelah gudeg basah, ada gudeg kering yang dimasak dengan cara ditumis lebih lama sampai tekstus nangka muda menjadi kering.

Gudeg kering ini memiliki tekstus yang sangat kering dan berwarna lebih coklat daripada gudeg basah. Selain itu, gudeg kering juga memiliki rasa yang lebih manis daripada gudeg basah. Tapi kalau soal rasa tak kalah nikmatnya dengan gudeg basah kok. Dijamin deh bikin mau lagi dan lagi.

Baca Juga: 7 Gudeg Tengah Malam di Yogyakarta, Enaknya Bikin Antrean Mengular

3. Gudeg nangka

Terkenal Lezat, Inilah 5 Jenis Gudeg yang Wajib Kamu Ketahuiindonesia.go.id

Kalau gudeg yang satu ini pastinya yang paling populer daripada bahan dasar lainnya. Gudeg nangka muda atau juga biasa disebut gudeg gori ini paling mudah kamu temukan di warung-warung pinggir jalan guys.

Cara memasak gudeg ini dengan merebus nangka muda terlebih dahulu untuk menghilangkan getahnya, lalu kemudian dimasak dengan santan dan berbagai bumbu seperti daun salam, garam, gula jawa dan lain sebagainya.

4. Gudeg rebung

Terkenal Lezat, Inilah 5 Jenis Gudeg yang Wajib Kamu Ketahuigoapindulweb.blogspot.com

Gudeg satu ini akan cukup sulit kamu temukan di Yogyakarta, karena sangat jarang penjual yang menjual gudeg dari bahan dasar bambu muda ini.

Gudeg rebung biasanya hanya menjadi konsumsi masyarakat di Yogyakarta saja, dan jika memang ingin merasakannya bisa dengan mencoba memasaknya sendiri guys.

5. Gudeg manggar

Terkenal Lezat, Inilah 5 Jenis Gudeg yang Wajib Kamu Ketahuinagantour.com

Gudeg yang terakhir ini menjadi hidangan yang paling spesial daripada gudeg-gudeg sebelumnya guys, dan biasanya hanya bisa kamu temukan dalam beberapa acara khusus.

Gudeg manggar ini menggunakan bunga kelapa yang masih muda atau biasa disebut manggar, dan bahan dasar ini cukup sulit diperoleh karena berada di pucuk pohon kelapa.

Gudeg manggar ini hanya bisa kamu temukan dalam acara-acara penting seperti pernikahan anak sultan atau kamu bisa mencarinya di wilayah Bantul guys.

Dari beberapa jenis gudeg di atas, mana nih yang paling membuatmu penasaran untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Opsi Hotel Syariah di Yogyakarta, Ibadah Tetap Lancar Saat Liburan

Rozi Photo Verified Writer Rozi

I write, cause I can't draw

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya