Comscore Tracker

7 Makanan Khas Manado yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh, Bikin Ngiler!

Semuanya mampu menggugah seleramu!

Pergi melancong ke suatu daerah gak lengkap rasanya bila melewatkan makanan khas yang ada di sana untuk dibawa pulang. Salah satu destinasi yang tidak pernah sepi pengunjung di Pulau Sulawesi adalah Manado.

Manado terletak di Sulawesi Utara dan dekat dengan pesisir pantai, maka dari itu banyak olahan makanan sehari hari atau oleh oleh yang berbahan dasar ikan.

Jika kalian mampir ke Manado, cobain 7 makanan khas daerah ini ya biar liburan kalian makin lengkap!

1. Klappertart

7 Makanan Khas Manado yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh, Bikin Ngiler!instagram.com/kukisopa/

Klappertart merupakan makanan adaptasi dari orang Belanda yang di kala itu menjajah wilayah Manado.

Klappertart sendiri memiliki arti cake kelapa atau tart kelapa. Bahan-bahannya terdiri dari kelapa muda, tepung, gula, susu, air kelapa, dan margarin. Kue manis bertekstur lembut dan manis ini sangat nikmat bila disajikan dingin. 

2. Halua kenari

7 Makanan Khas Manado yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh, Bikin Ngiler!instagram.com/udeveline/

Halua kenari terbuat dari kacang kenari yang dimasak bersama gula merah dan dijadikan potongan kecil layaknya permen. Camilan manis yang satu ini menjadi salah satu makanan khas Manado yang pas buat dijadikan oleh-oleh karena tahan lama dan awet.

3. Dodol amurang

7 Makanan Khas Manado yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh, Bikin Ngiler!instagram.com/febyrosallyn/

Manado juga memiliki dodol khas yang bernama dodol amurang. Dodol ini terbuat dari beras ketan, gula aren, minyak kelapa, santan, dan kayu manis. Dodol amurang biasa disajikan saat perayaan khusus atau acara adat Manado.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Rumah Makan Khas Manado yang Bikin Ketagihan

4. Panada

7 Makanan Khas Manado yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh, Bikin Ngiler!instagram.com/panadaomalondo/

Panada mirip pastel yang biasa dijual oleh penjual gorengan, namun hal yang membedakannya adalah isian dari panada terdiri atas pepaya muda yang dimasak dengan bumbu pedas bersama ikan cakalang.

Panada merupakan makanan orang Portugis pada zaman penjajahan dulu. Namun sekarang panada biasa dijadikan makanan camilan orang Manado bersama teh di sore hari.

5. Cakalang fufu

7 Makanan Khas Manado yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh, Bikin Ngiler!instagram.com/manadostories/

Cakalang fufu menjadi favorit banyak pelancong yang datang ke Manado. Makanan ini berasal dari daerah Minahasa dan diolah dengan cara diasap setelah dibumbui. Seperti namanya, cakalang fufu berasal dari ikan cakalang segar hasil tangkapan para nelayan sekitar.

Cakalang fufu sangat direkomendasikan untuk menjadi oleh-oleh karena awet dan tahan lama berkat proses pengasapan yang membuat banyak air dalam ikan berkurang. 

6. Manisan pala

7 Makanan Khas Manado yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh, Bikin Ngiler!instagram.com/tokokhas_manado/

Manisan pala atau yang biasa disebut pala manis di Manado ini telah menjadi makanan primadona yang bukan hanya terkenal di Indonesia namun juga luar negeri.

Pala manis khas Manado ini memiliki tampilan yang berbeda dari manisan dari daerah lain karena sangat bersih dan mengilap sehingga banyak orang yang ingin mencoba dan tertarik membelinya.

7. Sambal Roa

7 Makanan Khas Manado yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh, Bikin Ngiler!pesonanusantara.co.id

Sesuai dengan namanya, makanan yang termasuk sebagai oleh-oleh khas Manado ini terbuat dari bahan dasar ikan roa yang sudah mengalami pengasapan yang kemudian dijadikan sambal. Sambal ini bisa tahan selama enam bulan bila disimpan di dalam suhu ruangan dan dapat mencapai satu tahun bila disimpan pada lemari pendingin.

Nah, itu dia guys beberapa pilihan oleh-oleh yang wajib dibeli saat ke Manado. Kamu ingin mencoba yang mana nih?

Baca Juga: 8 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Ambon yang Praktis untuk Dibawa Pulang

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya