Comscore Tracker

Penting! 5 Kesalahan Masak Kerang Tiram yang Bikin Rasanya Gagal Mewah

Yuk, dicatat biar gak mengurangi kenikmatannya!

Olahan kerang tiram sudah tidak asing lagi untuk restoran mewah yang menyajikan makanan mahal. Pasalnya kerang yang biasa disajikan secara segar dan masih mentah inI melewati proses perkembangbiakan yang cukup sulit. Tapi, berkat kenikmatan rasa dan banyaknya kandungan gizi di dalamnya, banyak orang rela merogoh kocek dalam untuk menyantapnya.  

Sebenarnya menyantap kerang tiram gak harus selalu di restoran mewah lho, kamu bisa juga menyiapkan dan menyajikannya dengan cara rumahan yang lebih bersahabat di kantong. 

Namun pastikan kamu tidak melakukan lima kesalahan yang bisa membuat rasa kerang tiram jadi gagal mewah ini ya!

1. Memasaknya terlalu lama

Penting! 5 Kesalahan Masak Kerang Tiram yang Bikin Rasanya Gagal Mewahal.com

Sama seperti jenis seafood lain, kerang tiram juga akan berubah tekstur menjadi alot dan terlalu kenyal jika dimasak terlalu lama. Kerang tiram yang tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah dan mau diolah, sebaiknya dimasak dengan api kecil agar teksturnya tetap terjaga.

2. Menyajikannya dengan aneka macam saus

Penting! 5 Kesalahan Masak Kerang Tiram yang Bikin Rasanya Gagal Mewahepicurious.com

Mahalnya makanan laut yang satu ini tidak lain dan tidak bukan ialah karena rasanya yang sudah nikmat meskipun dimakan mentah tanpa tambahan aneka saus. Hanya dengan perasan jeruk lemon, cuka atau bawang merah, rasa kerang tiram sudah cukup sempurna. Jadi, memasaknya atau menyantapnya dengan aneka macam saus akan menutupi rasa alaminya.

Baca Juga: 6 Manfaat Mengonsumsi Kerang, Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria

3. Tidak langsung dimasak setelah dikeluarkan dari cangkang 

Penting! 5 Kesalahan Masak Kerang Tiram yang Bikin Rasanya Gagal Mewahthekitchn.com

Cangkang dan kerang tiram adalah pasangan yang tidak boleh terpisahkan. Jika kerang sudah dikeluarkan dari cangkang sebaiknya langsung dilanjut ke proses memasak. Sebab lepasnya kerang dari cangkang akan mengurangi tingkat kesegaran tiram.

Kalau belum ingin memasaknya, baiknya simpan kerang tiram tetap dalam cangkangnya. Sebab itu akan membantu menjaga kesegaran kerang supaya tidak amis.

4. Tidak menggunakan pisau pengupas saat membukanya

Penting! 5 Kesalahan Masak Kerang Tiram yang Bikin Rasanya Gagal Mewahosullivan-law-firm.com

Kerasnya cangkang kerang tiram tak berarti harus dibuka dengan pisau tajam. Yang benar adalah dengan menggunakan pisau pengupas khusus. Jika dengan pisau tajam, cangkang kerang akan sulit dibuka dan membuat pisau menjadi tumpul. Daging kerang tiramnya juga bisa rusak dan hancur jika terkena pisau tajam.

5. Membuang sari kerang tiramnya 

Penting! 5 Kesalahan Masak Kerang Tiram yang Bikin Rasanya Gagal Mewahfox23.com

Sisa air atau sari kerang yang ada di dalam cangkang merupakan inti dari kenikmatan kerang tiram segar. Sensasi makan mewah terletak di natural juice alias sari kerang tiram tersebut. Apalagi jika kerang tiram disajikan dalam keadaan segar, gak sah kalau menyantapnya tanpa natural juice-nya.

Kerang tiram kaya akan nutrisi dan baik dikonsumsi anak-anak karena dapat membantu perkembangan otak. Baik dikonsumsi mentah atau dimasak, kenikmatan kerang tiram gak ada duanya!

Download aplikasi cari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Manfaat Kerang Tiram bagi Kesehatan, Sudah Pernah Makan?

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya