Comscore Tracker

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!

Penikmat kuliner burjo pasti sangat hapal

Jika kamu mengunjungi kota Yogyakarta maka kamu akan menemui banyak warung makan kecil yang mempunyai warna kuning mudah bercampur warna merah dan hijau yang khas. Tempat-tempat inilah yang disebut burjo. Warung ini merupakan singkatan dari bubur kacang ijo.

Warung kecil ini merupakan salah satu warung makan favorit mahasiswa di kota Yogyakarta karena harganya yang murah dan praktis. Selain itu burjo juga mudah ditemukan di setiap sudut kota. Bahkan banyak yang menyebut tempat ini sebagai penyelamat mahasiswa di akhir bulan.

Meskipun namanya bubur kacang ijo, warung ini tentu tidak hanya menyediakan makanan ini saja. Burjo memiliki variasi menu yang cukup banyak dan tentunya sangat nikmat.

1. Bubur kacang ijo

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!pengusahasukses.com

Nama makanan ini menjadi dasar nama burjo. Bubur kacang ijo ini tidak terlalu berat dan cocok dijadikan sarapan. Untuk harganya bervariasi antara Rp5.000 sampai Rp10.000 tergantung bahan penyajiannya. Meskipun menjadi salah satu makanan khas burjo yang sangat enak, sayangnya makanan ini tidak bisa ditemukan di setiap warung burjo.

2. Orak arik

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!instagram.com/wdoyanmakan

Nasi orak-arik cukup mengenyangkan dan enak tentunya sehingga menjadi salah satu menu yang banyak disukai. Makanan ini terbuat dari berbagai bahan seperti telur, sayuran maupun kecap. Harganya berkisar antara Rp8.000 sampai Rp12.000. Orak-arik wajib kamu coba jika mengunjungi tempat makan ini.

3. Indomie rebus telor dan Indomie goreng telor

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!flickr.com/noreylee

Mie legendaris khas Indonesia ini menjadi salah satu menu favorit di burjo. Praktis, murah dan mengenyangkan membuat indomie rebus telor dan indomie goreng telor banyak peminatnya. Untuk satu mangkok indomie biasanya dipatok dengan harga Rp7.000 sampai Rp10.000. Untuk mahasiswa makanan ini menjadi penyelamat terutama di akhir bulan.

4. Magelangan

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!cookpad.com/Tiar

Sekilas makanan ini terlihat seperti mie goreng, namun ini sebenarnya makanan sejenis nasi goreng. Magelangan dibuat dari campuran nasi, mie, daging ayam atau telur ayam kemudian dicampur dengan berbagai bumbu nasi goreng. Harga satu porsinya sekitar Rp.10.000.

5. Nasi telur

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!flickr.com/Aulia Akmal

Nasi telur adalah salah satu menu yang paling banyak peminatnya selain indomie. Meskipun sederhana makanan ini menjadi pilihan untuk mengisi perut yang tepat untuk anak kos. Selain itu pembuatannya cepat dan praktis hanya sekitar 5 sampai 7 menit. Untuk harganya cukup murah yang berkisar antara Rp7.000 sampai Rp9.000.

Baca Juga: Resep Mie Dog-Dog Ala Burjo Yogyakarta, Favorit Anak Kos!

6. Nasi ikan sarden

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!twitter.com/arieparikesit

Makanan ini merupakan salah satu makanan yang paling enak di burjo. Ya, meskipun lidah setiap orang berbeda-beda untuk mendefinisikan enaknya sebuah makanan. Makanan ini sangat sederhana yang merupakan campuran dari nasi, ikan sarden, mie, tempe dan sayuran. Harga per porsinya berkisar antara Rp9.000 sampai Rp10.000.

7. Mie dok-dok

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!cookpad.com/theresia heni

Mie ini mirip seperti mie rebus namun yang berbeda adalah bumbu yang digunakan dan cara penyajiannya. Mie dok dok terbuat dari campuran mie, telur orak-arik, sayuran, kecap dan bumbu lainnya. Untuk harganya sendiri cukup murah berkisar antara Rp7.000 sampai Rp9.000.

8. Nasi goreng

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!dimanaja.com

Nasi goreng di burjo tidak semewah yang berada di restoran atau warung makan besar lainnya. Namun soal rasanya tidak kalah dari nasi goreng restoran. Untuk satu porsinya nasi goreng di burjo biasanya dihargai Rp9.000 sampai Rp12.000.

9. Ayam Goreng

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!auraclassic.com

Nasi ayam yang ada di burjo dimasak dengan cara yang sederhana dan terkadang mempunyai rasa yang tawar. Namun tentu saja tetap banyak peminatnya. Rasa ayam goreng di burjo biasanya mempunyai rasa yang sangat khas dibandingkan tempat makan lain. Untuk harganya berkisar antara Rp9.000 sampai Rp12.000.

10. Gorengan dan kerupuk

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!doktersehat.com

Namanya burjo pasti tidak bisa terlepas dari dua makanan ini. Kerupuk dan gorengan adalah dua makanan wajib yang harus ada di setiap burjo. Meskipun tidak semahal makanan lainnya namun kedua makanan ini menjadi teman makan yang sangat pas untuk makanan lainnya. Harga sebuah gorengan biasanya sangat murah sekitar Rp500 atau Rp1.000. Dan untuk kerupuk terkadang digratiskan.

11. Minuman yang variatif

Tempat Makan Favorit di Jogja, Ini 10 Makanan Khas yang Ada di Burjo!diaryhijaber.com

Selain makananan, burjo juga punya minuman yang sangat bervariasi. Minuman-minuman khas di burjo adalah es teh manis atau es teh hangat, es jeruk, nutrisari, josua, kopi dan lainnya. Minuman-minuman ini biasanya dihargai dengan harga yang cukup murah berkisar antara Rp3.000 sampai Rp7.000.

Nah, Itulah beberapa makanan maupun minuman khas burjo. Kira-kira dari beberapa menu tersebut mana yang menjadi favorit kamu?

Baca Juga: Daftar Warung Burjo Paling Nge-Hits di Seputaran UGM, Kamu Udah Pernah Mampir?

Afendi Nahak Photo Community Writer Afendi Nahak

I am I

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You