Comscore Tracker

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busuk

Tidak perlu khawatir menyimpannya berlama-lama

Buah dan sayuran merupakan bahan makanan yang biasanya cepat membusuk. Oleh karena itu, kamu harus jeli dalam memilih buah atau sayuran saat membelinya. Namun, buah dan sayuran yang segar sekalipun akan  cepat membusuk jika kamu tidak tahu cara menyimpannya dengan baik dan benar. Tentu saja cara menyimpan yang benar akan menjamin kamu tetap mendapatkan bahan yang segar. Selain itu, kamu juga bisa menghemat biaya.

Nah, untuk membuat kamu tidak kesal lagi karena menghabiskan biaya lebih untuk mengganti buah dan sayuran yang membusuk, maka kperlu mengikuti tips dan trik berikut ini. Bagaimana triknya? Berikut cara agar buah dan sayuran tetap segar dalam waktu yang lama.

1. Bungkus ujung tangkai atau batang buah pisang

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukyoutube.com/5-Minute Crafts

Membungkus ujung tangkai pada buah pisang bisa mencegah keluarnya gas etilen yang bertanggung jawab terhadap proses pematangan buah pisang. Kamu bisa membungkusnya dengan kertas aluminium foil atau plastik. Ini akan membuat buah pisang tetap segar kurang lebih 4 sampai 5 hari.

2. Simpan bawang merah pada tempat terbuka atau menggantungnya

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukunsplash.com/Deepu Vasant

Bawang merah biasanya akan bertahan cukup lama jika disimpan. Namun kamu bisa membuatnya awet lebih lama dari biasanya bahkan sampai 6 atau 7 bulan. Kamu cukup menempatkan di dalam Kantong Jala lalu menggantungnya atau kamu juga bisa menyimpannya di dalam wadah terbuka. Setelah itu, usahakan tempatkan pada tempat yang bersuhu agak dingin, kelembapannya rendah serta minim cahaya.

3. Simpan bawang putih secara utuh pada tempat yang gelap dan kering

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukyoutube.com/5-Minute Crafts

Kamu bisa menyimpan bawang putih pada paper bag atau wadah lainnya. Lalu tempatkan pada tempat yang gelap dan kering. Usahakan jangan memisahkan persiungnya, ini akan membuatnya bertahan sampai 2 bulan. Namun, jika kamu memisahkan per siungnya maka hanya akan bertahan sampai kira-kira 10 hari.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Berbahaya Bila Dipanaskan, Berisiko Menyebabkan Kanker!

4. Rendam batang daun seledri, peterseli, kemangi atau asparagus di dalam air

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukyoutube.com/5-Minute Crafts

Sayuran hijau ini biasanya hanya bertahan maksimal 1 atau 2 hari jika disimpan. Nah, kamu bisa membuatnya lebih awet hingga 4 atau 5 hari dengan merendam batangnya didalam wadah yang berisi air. Mirip seperti ketika kamu mengawetkan bunga didalam pot berisi air.

5. Simpan kentang di tempat yang minim cahaya dan bersuhu dingin

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukpixabay.com/ulleo

Untuk mencegah kentang cepat busuk, tempatkan di wadah terbuka dengan suhu yang dingin berkisar antara 6°C sampai 10 °C dan simpan di tempat yang minim cahaya. Ini akan membuat kentang bertahan hingga 1 sampai 2 minggu. Hindari menyimpan kentang di dalam kantong plastik karena akan lebih cepat membusuk.

6. Bungkus buah alpukat dengan kertas dan tempatkan di paper bag agar cepat matang

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukwikihow.com

Ada beberapa cara untuk membuat buah alpukat lebih cepat matang. Kamu bisa membungkusnya dengan kertas kemudian simpan dalam paper bag. Kamu juga bisa menyimpannya bersama dengan buah pisang. Untuk mencegahnya cepat busuk, kamu bisa menempatkannya di dalam wadah yang kedap udara lalu menyimpannya di kulkas.  

7. Simpan tomat di tempat yang bersuhu lebih dari 10°C untuk menjaga rasanya

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukpixabay.com/dfespi

Menyimpan buah tomat yang sudah matang di dalam kulkas dengan suhu yang sangat rendah bisa menghilangkan rasa aslinya. Makanya kamu perlu menyimpan buah tomat pada suhu tidak kurang dari 10°C. Lamanya penyimpanan berkisar antara 3 sampai 2 bulan tergantung pada tingkat kematangan tomat. 

8. Simpan jamur bersama dengan daun peterseli

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukpixabay.com/Couleur

Daun peterseli bisa menjadi antioksidan untuk jamur dan mencegah timbulnya bintik-bintik hitam pada permukaan jamur. Kamu bisa menyimpan keduanya bersama di dalam lemari es. Usahkan jangan mencuci jamur sebelum menyimpannya untuk menjaga kelembabannya. Ini bisa membuat jamur bertahan 3 sampai 5 hari. 

9. Desinfeksi buah stroberi dengan air dan cuka putih

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukyoutube.com/5-Minute Crafts

Ini bisa membuat buah stroberi bertahan lama. Kamu cukup merendam buah stroberi ke dalam air yang sudah dicampur cuka dan diamkan beberapa lama. Jangan dulu melepaskan tangkai buahnya sebelum merendamnya. Setelah selesai, kamu bisa melepas tangkainya. Tempatkan buah stoberi pada wadah kedap udara lalu simpan di dalam kulkas. Dengan cara ini buah stroberi bisa bertahan sampai 5 atau 6 hari. Jika dalam freezer bisa lebih dari dua bulan.

10. Bungkus selada, bayam, atau collard pada tempat kedap udara sebelum dimasukan dalam kulkas

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukpixabay.com/Robert-Owen-Wahl

Setelah mencuci selada, bayam atau collard pastikan sayuran-sayuran ini benar-benar kering sebelum disimpan. Bungkus di dalam kantong plastik atau wadah yang kedap udara. Setelah itu, masukkan di dalam kulkas. Jika dilakukan dengan benar maka sayuran tersebut akan bertahan sampai 1 atau 2 minggu.

11. Mencegah buah alpukat dari oksidasi setelah membelahnya

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukyoutube.com/5-Minute Crafts

Buah alpukat yang sudah dipotong lama-kelamaan akan berubah menjadi hitam jika disimpan. Untuk mencegahnya kamu bisa mengoksidasi daging buahnya dengan air lemon. Caranya adalah teteskan air lemon pada daging alpukat setelah dibelah. Ini akan mempertahankan warna daging buahnya bahkan sampai 2 hari.

12. Untuk mengawetkan kentang yang sudah dikupas, masukkan ke dalam wadah berisi air dan cuka putih

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukcraftlog.com

Kentang yang sudah dikupas biasanya akan berubah warnanya jika kamu tidak disimpan dengan baik. Untuk membuat kentang awet, kamu cukup merendamnya didalam wadah yang berisi air plus beberapa tetes cuka putih. Ini bisa membuatnya bertahan selama 3 atau 4 hari jika disimpan di dalam kulkas.

13. Potong buah pisang yang sudah matang menjadi beberapa bagian, masukkan dalam kantong kedap udara dan simpan dalam freezer

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukwikihow.com

Pisang yang sudah matang biasanya akan cepat membusuk jika disimpan. Hal yang perlu dilakukan adalah keluarkan daging buahnya kemudian potong menjadi dua. Setelah itu, masukan ke dalam wadah yang kedap udara dan simpan dalam kulkas atau freezer.

14. Mencegah buah apel dari busuk, jangan simpan bersama dengan buah-buahan lain

14 Trik Sederhana Bikin Buah & Sayur Tahan Lebih Lama, Gak Mudah Busukpixabay.com/pasja1000

Jika buah apel masih dalam keadaan utuh maka kamu perlu menyimpannya dalam sebuah wadah yang terpisah dari buah-buahan lain. Zat etilen pada buah apel bisa mempengaruhi buah-buahan lain sehingga cepat matang bahkan membusuk. Hal ini akan berdampak juga terhadap buah apel. Namun, jika kamu sudah memotong maka kamu hanya perlu meneteskan air lemon diatasnya untuk mencegah oksidasi.

Baca Juga: 6 Kandungan Dalam Buah Nanas yang Baik Untuk Tubuh, Kaya Manfaat!

Afendi Nahak Photo Verified Writer Afendi Nahak

-_-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya