Comscore Tracker

6 Khasiat Teh Chai Latte Khas India Berdasarkan Rincian Bahannya

Sudah pernah nyobain, belum?

Nama aslinya masala chai latte, berasal dari India, dan dikenal dengan sebagai Teh Chai di Indonesia. Berasal dari Hindi, nama asli jenis teh ini artinya adalah teh yang rasanya pedas tapi menyehatkan.

Mengapa menyehatkan? Karena bahan-bahannya adalah ramuan daun dan rempah-rempah yang masing-masingnya memiliki khasiat kandungan tersendiri. Berikut paparannya, dilansir dari lifeisbetterwithtea.com.

1. Teh Hitam

6 Khasiat Teh Chai Latte Khas India Berdasarkan Rincian Bahannyamedicalnewstoday

Teh hitam diketahui memiliki kandungan L-theanine yang sangat unik dibanding teh-teh lainnya. Kandungan zat ini mampu meningkatkan gelombang alpha pada otak sehingga mampu membantu relaksasi agar bisa kembali fokus.

2. Cengkeh

6 Khasiat Teh Chai Latte Khas India Berdasarkan Rincian Bahannyachasorganics.com

Rempah-rempah ini dominan mengandung vitamin E jenis Alpha Tocopherol, kalsium dan zat besi yang baik untuk mengobati masalah pada perut. Cengkeh juga memiliki khasiat serat diet, vitamin c, vitamin k, magnesium dan mangan.

3. Kayu Manis

6 Khasiat Teh Chai Latte Khas India Berdasarkan Rincian Bahannyaalif.id

Bahan ini mengandung banyak sekali antioksidan berpotensi tinggi, polyphenol. Antioksidan ini sangat berkhasiat untuk mencegah datangnya radang.

4. Lada Hitam

6 Khasiat Teh Chai Latte Khas India Berdasarkan Rincian Bahannyaasaspice.com

Rempah-rempah yang juga dikenal dengan nama beken 'Black Pepper' ini memiliki kandungan vitamin K, zat besi dan mangan. Tak perlu takaran banyak, cukup satu sendok makan saja sudah mengandung banyak zat-zat tersebut. Selain itu, bahan ini juga mengantung nutrisi penting lainnya seperti protein dan serat diet.

Baca Juga: Gak Cuma Makanan, 5 Jenis Minuman Ini Juga Bisa Picu Munculnya Jerawat

5. Pala

6 Khasiat Teh Chai Latte Khas India Berdasarkan Rincian Bahannyatheplantguru.com

Pala mengandung serat diet, mangan, vitamin B6, tiamin, asam folat, magnesium dan tembaga. Pala memang memiliki banyak khasiat di samping memang juga bisa menjadi racun bila dosisnya terlalu banyak.

Sejak dulu, orang India dan China banyak memanfaatkan pala untuk pengobatan penyakit yang berhubungan dengan saraf dan sistem pencernaan. Pala juga dipercaya dapat menstimulasi kerja otak dengan baik.

6. Jahe

6 Khasiat Teh Chai Latte Khas India Berdasarkan Rincian Bahannyaplanetorganic.com

Jahe mengandung vitamin C, Magnesium, Potassium, Tembaga dan Mangan. Untuk kesehatan, jahe banyak digunakan untuk gejala gangguan pencernaan, konstipasi dan mual-mual.

Baca Juga: 5 Minuman Ini Bisa Bikin Tidurmu Lebih Nyenyak, Mau Coba?

Afif Permana Photo Community Writer Afif Permana

Hobi menulis, Menggambar, dan Desain Grafis.Twitter: @afif_permana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You