Comscore Tracker

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Meal Planning 

Jadikan gaya hidup sehat menjadi kebiasaanmu

Meal planning dilakukan untuk merencanakan dan menyiapkan makanan apa yang harus dikonsumsi selama 3 hari atau 7 hari ke depan. Biasanya meal planning dilakukan di akhir pekan, mulai dari menjadwalkan hingga memasak.

Makanan sehat dan enak akan bisa kita dapatkan dengan cara mengaturnya dengan baik melalui meal planning. Kita akan lebih konsisten mengonsumsi makanan sehat setiap hari tanpa harus pusing memikirkan apa yang akan dimakan. Lalu mengapa sebaiknya kita melakukan meal planning?

1. Menghemat waktu

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Meal Planning pexels.com/ellaolsson

Apa kamu sering melewatkan sarapan karena takut terlambat bekerja, dan makan siang dengan makanan seadanya yang tidak sehat? Segera hindari hal itu. Kebanyakan orang makan makanan tidak sehat adalah karena merasa terpepet dengan waktu dan tidak mau ambil pusing. 

Meal planning bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Cukup lakukan meal planning di akhir pekan, masak untuk beberapa hari, kemudian makan makanan itu hanya dengan menghangatkannya di microwave, kamu akan lebih menghemat waktu. 

2. Menghemat pengeluaran

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Meal Planning pexels.com/energepiccom

Dengan tidak membeli makanan di luar rumah dan memesan makanan melalui aplikasi pengantara, kamu akan menghemat pengeluaranmu.  Cukup belanja di akhir minggu, untuk mengolah bahan-bahan yang bisa kamu konsumsi selama beberapa hari ke depan. Kamu bisa membeli bahan untuk membuat sup, dan memasaknya untuk beberapa kali makan.

Meal planning akan menghindarkanmu dari berbelanja dengan rasa lapar. Jika belanja dengan rasa lapar, kemungkinan kamu akan membeli apa pun yang memperbesar pengeluaranmu. Kamu bisa menambahkan buah-buahan dalam meal planning untuk snack jika sewaktu-waktu kamu kelaparan di kantor. Selain mengandung vitamin dan antioksidan, buah cenderung lebih murah dan segar bukan?

Baca Juga: Metode Meal Prep Bisa Hemat Ratusan Juta, Wah Seperti Apa Ya?

3. Membantu menurunkan berat badan

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Meal Planning pexels.com/fotiosphotos

Konsisten melakukan meal planning dapat menurunkan konsumsi makanan yang tidak sehat dan berat badanmu. Hal itu karena kamu tidak sering membeli makanan dari luar dan membantumu mengontrol diri untuk mengonsumsi makanan lebih banyak. 

Dengan meal planning kamu akan makan makanan yang seimbang dan sehat. Kamu akan terhindari dari konsumsi makanan olahan yang mengandung zat aditif, pengawet, hingga lemak. 

4. Mencoba hal-hal baru

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Meal Planning pexels.com/punchbrandstock

Meal planning yang kamu lakukan akan memberimu kesempatan untuk mencoba hal-hal baru seperti dengan membuat resep baru, mencoba membuat rasa dan selera barumu. Kamu akan mengenal lebih banyak bahan-bahan makanan baru yang sebelumnya belum kamu kenali. 

Ada ribuan resep di internet dari berbagai masakan yang berbeda, untuk memenuhi seleramu. Meskipun kamu tidak handal dalam memasak, kamu pasti akan menemukan resep baru dan mencoba hal-hal baru yang lebih menantang.

5. Mengurangi membuang-buang makanan

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Meal Planning tonywideman.com

Meal planning akan mendorongmu untuk membeli bahan makanan dengan memperhatikan limbah bahan makanan. Membeli buah dan sayuran beku di supermarket tidak hanya lebih murah dan dapat disimpan lebih lama, tapi juga  memiliki dampak lingkungan yang lebih baik daripada membeli buah di luar musimnya dan impor.

Selain itu, dalam mencuci dan menyiapkan buah dan sayuran berarti kemungkinan kamu untuk membuang bahan-bahan itu akan lebih kecil. Meal planning juga akan membantumu merasa bertanggung jawab dengan apa yang kamu konsumsi.

Meal planning cocok untukmu yang mulai untuk melakukan diet, makan makanan sehat, dan mengatur pola makan. Jadi, apa kamu siap memulainya?

Baca Juga: Hemat Uang Makan, Cobain 5 Resep Meal Prep Super Praktis & Sehat

Afina Photo Writer Afina

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya