Comscore Tracker

5 Kafe dan Kuliner Tersembunyi di Kota Tasikmalaya

Dari kafe kekinian sampai kuliner legendaris di tengah sawah

Banyak sekali tempat seru yang bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama teman atau keluarga di Tasikmalaya. Selain kafe-kafe yang kini mulai banyak bermunculan, Kota Tasikmalaya juga punya tempat-tempat kuliner yang menarik untuk kamu coba. Namun dari sekian banyak kafe dan kuliner di kota ini, ada tempat-tempat yang cukup tersembunyi atau biasa dikenal dengan istilah hidden gem yang bisa kamu temukan. 

Walaupun lokasinya yang cukup tersembunyi, di mana pengunjung harus memasuki gang sampai berjalan ke tengah tengah sawah namun sensasi inilah yang membuat tempat-tempat ini menarik dan sulit didapatkan di kafe dan tempat kuliner lain. Berikut ini lima kafe dan tempat kuliner hidden gem di Kota Tasikmalaya

1. Joglo Cafe 

5 Kafe dan Kuliner Tersembunyi di Kota TasikmalayaJoglo Cafe (instagram.com/joglo.cafe)

Tidak jauh dari Alun-Alun Tasikmalaya, kamu bisa menemukan sebuah kafe yang tersembunyi di dalam gang. Seperti namanya, bangunan di tempat yang satu ini berbentuk Joglo yang merupakan arsitektur tradisional Jawa. Meski berada di dalam gang, tempat yang satu ini punya halaman yang cukup luas dan terlihat tenang serta asri dengan banyak pepohonan dan tumbuh-tumbuhan di setiap sudutnya. 

Menu yang ditawarkan tempat ini cukup beragam mulai dari kopi dan non kopi, camilan, bahkan sampai makanan berat yang bisa menemanimu kamu nongkrong bersama teman-teman. Lokasi kafe ini tepatnya berada di Gang Kabinangkitan Nomor 18 B di Jalan Sutisna Senjaya. 

2. Jasi Kopi  

5 Kafe dan Kuliner Tersembunyi di Kota TasikmalayaJasi Kopi (instagram.com/nolimit_project.id)

Meski berada Jalan Siliwangi yang ramai dilewati oleh kendaraan, tempat yang satu ini mungkin akan sedikit sulit terlihat dari jalan utama karena lokasinya tidak berada di pinggir jalan melainkan agak menjorok ke dalam dan terhalang sebuah Warung Nasi Padang. Tempat yang satu ini punya area outdoor yang cukup luas sehingga cocok kamu kunjungi saat sore hari atau malam hari.

Kamu bisa menemukan berbagai menu kopi dan non kopi serta camilan  yang bisa menemanimu nongkrong bersama dengan teman-teman. Buat kamu yang tertarik ke sini, kamu bisa datang ke Jalan Siliwangi dan sebagai patokan jalan masuk ke kafe yang satu ini berada di seberang SPBU dan tidak jauh dari Kampus Universitas Siliwangi.

Baca Juga: 5 Kuliner Tasikmalaya yang Cocok Dijadikan Menu Sarapan, Enak Pisan! 

3. Sate Condong 

5 Kafe dan Kuliner Tersembunyi di Kota TasikmalayaSate Condong (instagram.com/satecondong_)

Sate Condong adalah satu satu penjual sate legendaris yang ada di Kota Tasikmalaya. Jika biasanya penjual sate berjualan di pinggir jalan, penjual sate yang satu ini justru berjualan tengah sawah dan untuk sampai tempat berjualan sate ini kamu perlu berjalan kaki dan menyeberangi rel kereta api terlebih dahulu. Namun usahamu untuk sampai ke tempat yang satu ini tidak akan sia-sia, kamu bisa makan dengan suasana yang menarik. 

Tempat yang satu ini menjual sate ayam, sapi, dan kambing dengan bumbu kacang yang legendaris di kota ini. Selain menu sate, kamu juga bisa menemukan gado-gado dan Ikan bakar dengan pilihan bumbu cobek atau kecap. Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini, lokasinya di Jalan Kolonel Basyir Surya atau kamu juga juga bisa menggunakan Lanud Wiriadinata sebagai patokan. Kamu bisa memarkirkan kendaraan di pinggir jalan dan dilanjutkan berjalan kaki sekitar 70 meter.

4. Surabi Ceu Mamah

5 Kafe dan Kuliner Tersembunyi di Kota TasikmalayaSurabi Ceu Mamah (instagram.com/boys_view)

Berjualan di dalam sebuah gang di pinggiran Kota Tasikmalaya, tempat yang satu ini sudah cukup dikenal oleh warga Tasikmalaya. Meski tempatnya cukup sederhana dan lokasinya berada cukup jauh dari pusat kota, tempat yang satu ini selalu jadi incaran para pelanggannya dan terkadang kamu harus mengantre untuk dapat surabi yang satu ini. 

Terdapat tiga pilihan surabi yang bisa kamu nikmati di tempat ini yakni surabi orisinal, surabi oncom, dan surabi telur. Kamu juga harus coba menggunakan sambal oncom yang unik, pedas, dan punya rasa segar dengan adanya daun bawang. Lokasi penjual surabi yang satu ini di Jalan Subanagara, Kelurahan Purbaratu atau sebagai patokan lokasi mulut gang menuju penjual surabi ini ada di sebelah SDN 1 Purbaratu. 

5. Bubur H. Zaenal 

5 Kafe dan Kuliner Tersembunyi di Kota TasikmalayaBubur Ayam H. Zaenal (instagram.com/riska_rahmawati)

Berada tidak jauh dari Masjid Agung Kota Tasikmalaya, kamu bisa menemukan penjual bubur legendaris yang berjualan bubur di dalam gang sejak tahun 1969. Meski berada di dalam dan harga bubur di tempat ini cukup mahal dibandingkan bubur lainnya di Tasikmalaya, tempat yang satu ini selalu ramai dikunjungi pelanggan setianya. 

Dalam semangkuk bubur ini kamu bisa menemukan bubur yang tidak terlalu kental dan topping yang melimpah mulai dari suwiran ayam, ati ayam, cakwe, dan daun bawang, dan jika kamu suka bisa juga menambah telur. Buat kamu yang tertarik ingin mencicipi bubur ini, kamu bisa datang ke Jalan R. Ikik Wiradikarta atau biasa dikenal juga dengan Jalan Kalektoran dan menemukan papan tanda 'Bubur H. Zaenal' di mulut gang. 

Jika kalian berkunjung ke Tasikmalaya, boleh untuk mampir ke rekomendasi tempat di atas. Apa kamu tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu patuhi protokol kesehatan ke mana pun kalian pergi, ya.

Baca Juga: Resep Cilok Goang, Cilok Pedas dengan Kuah Segar Asal Tasikmalaya

Agithyra Nidiapraja Photo Verified Writer Agithyra Nidiapraja

https://www.instagram.com/veerapracha/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya