Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Kuningan, Jawa Barat yang Harus Kamu Coba

Kamu wajib mencobanya saat main ke sana!

Setiap daerah punya kuliner khasnya masing-masing dan sering kali kuliner itulah yang menjadi simbol suatu daerah, termasuk di kabupaten Kuningan. Nah, jika kamu kebetulan main ke Kuningan, berikut 5 kuliner khas yang harus kamu coba.

1. Nasi Kasreng

5 Kuliner Khas Kuningan, Jawa Barat yang Harus Kamu CobaInstagram.com/seputarberitacirebon

Nasi kasreng bisa kamu jumpai di wilayah timur Kuningan, tepatnya di daerah Luragung. Nasi kasreng merupakan nasi yang dibungkus kecil dan lauknya ialah udang rebon, tauge, dan sambal.

Meski nasi kasreng nampak sederhana, tetapi tetap menjadi primadona para wisatawan. Hal ini tentu karena harganya yang terjangkau, rasanya juga lezat.

2. Opak bakar

5 Kuliner Khas Kuningan, Jawa Barat yang Harus Kamu CobaInstagram.com/lotus.hijau

Makanan yang satu ini bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk kerabat dan orang-orang terdekat ketika kamu sedang berkunjung ke Kuningan. Makanan yang terbuat dari ketan, kelapa, dan garam ini memiliki cita rasa yang enak.

Opak bakar Kuningan itu berbeda dengan opak bakar Bandung, baik dari bentuk maupun rasanya. Sehingga nampaknya kamu harus memasukkan nama opak bakar ke dalam list belanjaanmu saat ke Kuningan.

Baca Juga: 5 Surga Alami di Kuningan Ini Wajib Dikunjungi Si Pecinta Kedamaian

3. Tapai ketan

5 Kuliner Khas Kuningan, Jawa Barat yang Harus Kamu CobaInstagram.com/gunung_ciremai

Tapai ketan merupakan makanan khas Kuningan dari ketan yang difermentasi. Dibungkus oleh daun jambu, makanan ini memiliki aroma khas yang enak.

Selain itu, tapai ketan juga dijual dalam kemasan yang unik yakni dikemas dalam sebuah ember hitam. Jadi jika berkunjung ke Kuningan, sempatkan untuk membeli tapai ketan yang melegenda ya!

4. Nasi lengko

5 Kuliner Khas Kuningan, Jawa Barat yang Harus Kamu CobaInstagram.com/helenysm_

Nasi lengko merupakan makanan khas Kuningan yang berupa nasi dengan tauge, timun, tahu, tempe, dan telur yang disiram bumbu kacang ini memiliki rasa yang sangat enak.

Harganya yang terjangkau, membuat nasi lengko layak untuk masuk ke dalam list makanan yang harus kamu coba saat berkunjung ke Kuningan. Kamu bisa menemukan nasi lengko di dekat stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan.

5. Jeniper

5 Kuliner Khas Kuningan, Jawa Barat yang Harus Kamu CobaInstagram.com/silvia_wardhani

Jeniper merupakan singkatan dari jeruk nipis peras asli yang menyegarkan. Jika kamu berlibur ke Kuningan, sempatkan untuk mencicipi jeniper dan membelinya sebagai oleh-oleh buat orang-orang terkasih yang menunggumu di rumah.

Itulah 5 kuliner khas yang perlu kamu coba jika berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Jangan sampai untuk tidak mencobanya kala main ke Kuningan ya!

Baca Juga: Cobain, Ini 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cirebon

Ahmad Rifai Yusuf Photo Community Writer Ahmad Rifai Yusuf

Waktu dan kehidupan akan berjalan beriringan. Ig: ahmadrifaiy9

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You