Comscore Tracker

5 Hidangan Berbahan Ikan dari Jepang yang Beragam, Gak Cuma Sashimi!

Sudah pernah coba yang mana saja, nih?

Jika berkunjung ke negeri Sakura, Jepang, pastinya kamu tak sulit untuk menemukan kuliner lezat di sana. Salah satu bahan makanan yang populer dan dikonsumsi sehari-hari adalah ikan.

Mulai dari ikan mentah hingga ikan yang dimasak dengan varian bumbu dan rempah lain, semuanya menjadi incaran turis saat melancong ke Jepang. Selain sashimi, masih ada banyak, lho olahan ikan lezat dari Jepang. Penasaran, ada apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Himono

5 Hidangan Berbahan Ikan dari Jepang yang Beragam, Gak Cuma Sashimi!japantimes.co.jp

Dalam bahasa Jepang, himono memiliki makna berbagai varian ikan kering. Teknik yang digunakan yakni dengan membersihkan ikan lalu diberi olesan mentega dan dijemur hingga benar-benar kering.

Jenis ikan yang biasa digunakan adalah makarel atau sarden. Setelah ikan tersebut kering, himono bisa dinikmati secara langsung atau bisa juga dengan tambahan kecap. Proses pengeringan ini juga membuat ikan lebih tahan lama.

2. Saba zushi

5 Hidangan Berbahan Ikan dari Jepang yang Beragam, Gak Cuma Sashimi!justonecookbook.com

Saba zushi merupakan salah satu varian sushi yang begitu terkenal di Kyoto, Jepang. Hidangan ini dibuat dengan nasi yang dipadatkan dan di atasnya diberi fillet ikan makarel yang sudah diasinkan dan juga dilapisi dengan rumput laut yang tipis dan lembut.

Saba zushi juga memiliki perbedaan dari sushi lain, yakni bentuknya yang unik karena dibentuk menggunakan daun bambu.

Baca Juga: Resep Membuat Sushi Goreng, Gak Kalah Enak Dibanding yang Mentah

3. Unadon

5 Hidangan Berbahan Ikan dari Jepang yang Beragam, Gak Cuma Sashimi!depositphotos.com

Sangat pas jika disantap bersama nasi hangat, unadon merupakan hidangan dari belut yang dibelah menjadi dua dan diambil tulangnya lalu dibakar menggunakan saus tare. Saus tare sendiri dibuat dari kecap, sake, mirin, dan gula. Cara menyajikan menu unadon ini adalah dengan meletakkan belut yang sudah matang di atas nasi.

4. Ankimo

5 Hidangan Berbahan Ikan dari Jepang yang Beragam, Gak Cuma Sashimi!jpninfo.com

Hidangan Jepang ini disiapkan dengan hati ikan monkfish yang dibersihkan dan direndam dalam susu, kemudian dibilas dan direndam lagi dalam bumbu sake dan mirin. Di Jepang, ankimo diolah dengan cara digulung dalam cetakan silinder, dikukus, lalu diiris, dan disajikan dengan ditemani lobak parut, irisan daun bawang, serta saus ponzu.

5. Nanbanzuke

5 Hidangan Berbahan Ikan dari Jepang yang Beragam, Gak Cuma Sashimi!justonecookbook.com

Nanbanzuke adalah masakan Jepang yang terdiri dari ikan goreng yang direndam dalam cuka dan disajikan dengan sayuran. Ikan yang digunakan untuk nanbazuke biasanya berupa ikan ekor kuning kecil atau makarel biru. Ikan disajikan bersama dengan sayuran dan ditambah bumbu marinasi segar dari acar timun, bawang bombai, cabai merah, wortel dan bumbu penyedap lain.

Nah, buat kamu yang kurang menyukai olahan ikan yang masih mentah, kelima menu di atas bisa dicoba, lho. Kira-kira, mana dulu yang tertarik untuk kalian cicipi?

Baca Juga: Resep Salmon Sashimi Dengan Saus Jahe, Cita Rasa Autentik Khas Jepang

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

Hope you enjoy the article and find some helpful things alongside the reading <3

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya