Comscore Tracker

5 Makanan Khas Nepal yang Populer, Cita Rasa Rempahnya Khas Banget!

Sedap semua dan rasanya gak bikin bosan!

Nepal adalah salah satu negara di kawasan Asia yang memiliki begitu banyak pesona yang menarik wisatawan dari mancanegara. Nepal dijuluki sebagai negara seribu kuil karena memang banyak sekali kuil di sana.

Selain terkenal dengan wisatanya, para wisatawan yang datang juga tertarik untuk mencicipi kuliner di negara dengan ibu kota Kathmandu tersebut. Beragam dan enak, berikut lima hidangan khas Nepal yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Momo

5 Makanan Khas Nepal yang Populer, Cita Rasa Rempahnya Khas Banget!Momo (Instagram.com/angeluvfood)

Hidangan pangsit memang sudah begitu familier di benua Asia, salah satunya di Nepal. Momo adalah pangsit khas Nepal yang berbentuk seperti bulan sabit dengan isian daging cincang, atau bisa juga sayuran, dan bahkan kombinasi keduanya.

Variasi momo yang paling terkenal yakni buff momo yang dibuat dengan daging kerbau, sha momo yang dibuat dengan daging sapi atau daging yak, dan momo khas dengan isian domba atau kambing. 

2. Dal bhat

5 Makanan Khas Nepal yang Populer, Cita Rasa Rempahnya Khas Banget!Dal bhat (Instagram.com/keyhunter)

Dal bhat, makanan pokok orang Nepal yang terdiri dari adalah nasi (bhat) dan sup miju-miju (dal) yang disajikan dengan berbagai lauk pauk. 

Lauk pauk yang paling umum berupa kari sayuran yang disebut tarkari, chutney pedas, roti pipih renyah yang disebut papadamu, acar, tumis sayuran hijau, irisan tomat, mentimun, dan bawang. 

Dal bhat dianggap sebagai hidangan vegetarian yang khas. Meskipun juga dapat dihidangkan dengan daging dan ikan.

Baca Juga: Autentik, Inilah 6 Ragam Hidangan Laut Khas Nusantara yang Kaya Rempah

3. Sukuti

5 Makanan Khas Nepal yang Populer, Cita Rasa Rempahnya Khas Banget!Sukuti (Instagram.com/foodnommics)

Sukuti adalah hidangan khas Nepal yang terdiri dari daging kering seperti daging domba diiris tipis dan direndam dalam jinten, kunyit, lada hitam, ketumbar, cabai, jahe, dan bawang putih. 

Sukuti biasanya disajikan sebagai makanan pembuka atau camilan. Banyak orang suka memadukannya dengan acar, kari, atau mie.

4. Kwati

5 Makanan Khas Nepal yang Populer, Cita Rasa Rempahnya Khas Banget!Kwati (Instagram.com/1stlove_food)

Kwati adalah sup tradisional Nepal yang terdiri dari berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang polong putih, buncis, kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan kacang polong hitam. 

Sup ini juga dibumbui dengan kunyit, jahe, garam, dan biji ajwain lovage. Hidangan ini sering disajikan pada hari Janai Purnima, dan disarankan untuk menyajikannya dengan segala jenis roti agar makin lezat.

5. Sel roti

5 Makanan Khas Nepal yang Populer, Cita Rasa Rempahnya Khas Banget!Sel roti (Instagram.com/ghumdai.khadai)

Sel roti adalah roti mirip donat khas Nepal yang dibuat dari tepung beras, gula, dan mentega. Adonan juga dibumbui dengan bumbu seperti kapulaga dan cengkeh. Setelah adonan jadi lalu digoreng hingga kecoklatan. Sel roti biasanya disajikan dengan teh.

Nah! Itu tadi kelima hidangan khas Nepal, samgat beragam, bukan? Selain beragam jenis, tentu juga beragam rasa yang begitu nikmat. Kamu mau mencoba?

Baca Juga: 9 Fakta Paella Khas Spanyol, Menu Tradisional Nasi Kaya Rempah

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

Hope you enjoy the article and find some helpful things alongside the reading <3

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya