Comscore Tracker

Simpel dan Mengenyangkan, Ini 7 Olahan Singkong Khas Amerika Tengah 

Ternyata singkong populer banget di Amerika Tengah, lho

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti familier dengan beberapa olahan singkong. Mulai dari getuk, tape, hingga bubble tea.

Rupanya, singkong tidak hanya ada di Indonesia atau Asia saja, lho. Umbi-umbian yang satu ini juga banyak dikonsumsi di negara-negara Amerika Tengah.

Nah, tahukah kamu bagaimana singkong diolah di sana? Yuk, cari tahu lewat sederet olahan khasnya di bawah ini.

1. Casabe

Simpel dan Mengenyangkan, Ini 7 Olahan Singkong Khas Amerika Tengah cuban.recipes

Jika roti biasanya dibuat dengan menggunakan tepung gandum, maka berbeda dengan casabe. Roti khas Amerika Tengah ini terbuat dari singkong yang dihaluskan. Saat matang, teksturnya sangat renyah. Biasanya, casabe dimakan sebagai pendamping sup atau dicocol ke aneka saus.

2. Yuca frita

Simpel dan Mengenyangkan, Ini 7 Olahan Singkong Khas Amerika Tengah gourmet.com

Sama seperti di Indonesia, orang-orang di Amerika Tengah juga mengonsumsi singkong goreng atau yuca frita. Bedanya, mereka selalu mengiris singkong dengan bentuk memanjang seperti french fries.

Yuca frita hanya dibumbui dengan garam. Mereka memang sengaja tidak memberi banyak bumbu karena nantinya kudapan ini akan dicocol ke saus huancaina yang pedas dan kaya rasa.

3. Arepitas de yuca

Simpel dan Mengenyangkan, Ini 7 Olahan Singkong Khas Amerika Tengah belquistwist.com

Satu lagi kudapan nikmat yang terbuat dari singkong, yaitu arepitas de yuca. Hidangan yang mirip dengan bakwan ini terbuat dari singkong yang diparut halus, gula, garam, dan adas manis.

Selain teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam, arepitas de yuca ini juga memiliki aroma yang wangi dan lezat. Cocok untuk disantap saat bersantai sambil minum kopi.

Baca Juga: 5 Hidangan Salad Khas Amerika yang Paling Digemari, Apa Saja?

4. Mofongo de yuca

Simpel dan Mengenyangkan, Ini 7 Olahan Singkong Khas Amerika Tengah quericavida.com

Mofongo awalnya dibuat dengan menggunakan pisang yang belum matang. Namun seiring berjalannya waktu, muncul variasi lain yang terbuat dari singkong. Variasi ini dinamakan mofongo de yuca.

Hidangan ini hanya memiliki satu bahan, yaitu singkong rebus yang ditumbuk dan dibentuk menjadi bola. Mofongo de yuca biasanya dimakan dengan aneka sup dan lauk.

5. Tortilla de yuca

Simpel dan Mengenyangkan, Ini 7 Olahan Singkong Khas Amerika Tengah bonella.com.ec

Tortilla adalah istilah umum untuk menyebut roti yang tipis. Jadi jangan kaget kalau tortilla de yuca ini bentuknya sedikit berbeda dengan tortilla yang biasa kamu makan.

Hidangan ini dibuat dengan menggunakan singkong rebus yang ditumbuk. Setelah dibuat menjadi bulat pipih, adonan dipanggang dengan menggunakan wajan datar. Sama seperti tortilla jenis lainnya, tortilla de yuca ini juga dimakan sebagai pendamping sup atau dicocol ke saus.

6. Bammy

Simpel dan Mengenyangkan, Ini 7 Olahan Singkong Khas Amerika Tengah gracefoods.com

Bammy juga merupakan salah satu roti yang terbuat dari singkong. Parutan singkong dibentuk menjadi bulat pipih dan dipanggang. Sebelum dikonsumsi, bammy direndam di dalam santan atau susu terlebih dahulu dan digoreng.

Meski rasanya sudah gurih, bammy akan lebih enak lagi jika dimakan bersama dengan sup atau lauk-pauk.

7. Yuca con chicharrón

Simpel dan Mengenyangkan, Ini 7 Olahan Singkong Khas Amerika Tengah freepik.com

Yuca con chicharron merupakan hidangan yang terbuat dari singkong rebus atau goreng yang disajikan bersama kubis dan chicharron. Chicharron sendiri merupakan daging atau kulit babi yang digoreng.

Sajian ini bisanya tidak dimakan begitu saja. Rasanya akan lebih nikmat jika disantap bersama dengan sup, tamales, atau carneada (daging panggang).

Itu tadi sembilan olahan singkong khas Amerika Tengah. Beda banget dengan olahan singkong yang ada di Indonesia, ya. Rasanya yang tak kalah lezat dan bahan-bahannya pun sederhana. Tertarik untuk mencoba buat?

Baca Juga: 10 Makanan yang Disukai Warga Amerika ternyata Populer di Indonesia 

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya