Comscore Tracker

9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizi

Pengin nyobain semua, deh!

Siapa sih yang tidak suka udang? Bahan ini memiliki rasa yang gurih namun tidak terlalu kuat sehingga enak diolah menjadi apa saja. Indonesia sendiri memiliki olahan-olahan udang yang beragam, mulai dari kerupuk udang, bakwan udang, hingga udang saus padang.

Negara-negara lain rupaya juga doyan mengonsumsi udang dan olahan mereka cukup unik. Beda banget dengan olahan orang Indonesia. Yuk, cari tahu olahan udang seperti apa yang ada di negara lain!

1. Mian bao xia (Tiongkok)

9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizidrstarve.com

Siapa yang bisa menolak perpaduan antara udang cincang yang harum dan roti goreng yang renyah? Karena kesuksesannya menggugah selera banyak orang, mian bao xia bisa dibilang adalah olahan udang khas Tiongkok yang paling populer.

2. Caldo de camaron (Meksiko)

9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizirecetasnestle.com.mx

Sajian khas Meksiko ini biasanya dihidangkan sebagai makanan pembuka atau makanan utama. Caldo de camaron dibuat dengan menggunakan udang segar, ebi kering, aneka sayur, cabai guajillo, serta cabai cascabel. Rasanya gurih dan pedas!

3. Ebi furai (Jepang)

9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizichopstickchronicles.com

Kamu mungkin sudah familier dengan hidangan yang satu ini. Hampir di setiap restoran Jepang, ebi furai disajikan sebagai salah satu menu utama. Bahan untuk membuatnya sangat sederhana, yaitu udang, telur, dan tepung roti.

4. Po'boy (Amerika Serikat)

9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizitastingtable.com

Udang bisa diolah menjadi apa saja, termasuk sandwich. Hidangan khas New Orleans, Amerika Serikat ini merupakan sandwich dengan isian sayur dan udang goreng tepung yang disiram dengan mayones, mustard, dan butter yang dilelehkan.

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengolah Udang, Kamu Juga?

5. Gambas al ajillo (Spanyol)

9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizifoodandwine.com

Jika ingin makanan yang agak fancy, kamu bisa mencoba mengolah udang menjadi gambas al ajillo. Hidangan pembuka khas Spanyol ini terbuat dari udang yang ditumis dengan menggunakan minyak zaitun, bawang putih, dan sari lemon.

6. Risois de camarao (Portugal)

9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizi196flavors.com

Inilah hidangan yang menjadi asal-usul risoles yang kita kenal. Rissois de camarao bisa dibilang adalah risoles khas Portugal dengan isian udang dan saus yang terbuat dari krim dan kuning telur.

7. Ukoy (Filipina)

9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizinutriasia.com

Jajanan khas Filipina ini mirip dengan bakwan. Bahan utamanya berupa sayuran dan udang yang tidak dikupas. Alasan tidak mengupas kulit dan membuang kepala udang adalah untuk menjaga agar ukoy tetap renyah.

8. Shrimp cocktail (Amerika Serikat)

9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizithestayathomechef.com

Menyantap udang tidak harus selalu dari piring. Shrimp cocktail ini secara tradisional disajikan dengan menggunakan gelas. Udang yang telah direbus diletakkan mengelilingi pinggir gelas yang berisi saus cocktail yang terbuat dari saus tomat dan lobak horseradish.

9. Bobo de camarao (Brazil)

9 Olahan Udang dari Berbagai Negara, Lezat dan Bergizipingodoce.pt

Perpaduan unik antara udang, singkong, dan santan ini paling nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Bobo de camarao ini dulunya hanya disantap oleh suku Ewe yang bermigrasi ke Brazil. Kini hidangan ini banyak ditemukan di restoran-restoran.

Itulah sembilan olahan udang dari berbagai negara. Semuanya unik dan pastinya lezat. Jika kamu suka udang, ini bisa menjadi inspirasi untuk memasak makanan yang beda dari biasanya. Yuk, dicoba!

Baca Juga: Selain Ditumis, Ini 7 Olahan Kecipir yang Mudah dan Menggugah Selera

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya