Comscore Tracker

5 Hidangan yang Wajib Disantap Saat Berlibur ke Melaka

Rasanya unik tapi masih familier di lidah

Selain Kuala Lumpur, ada banyak kota di Malaysia yang layak untuk dikunjungi saat berlibur. Salah satunya adalah Melaka, kota yang kaya akan sejarah. Ratusan tahun yang lalu, pusat perdagangan di Malaysia berlangsung di kota ini. 

Selain memiliki sejarah dan atraksi yang menawan, Melaka juga menawarkan berbagai kuliner khas yang memanjakan lidah. Berbagai makanan ini bisa dengan mudah kamu temui di Jonker Street, kawasan pertokoan yang menjadi pusat wisata di kota ini.

1. Asam pedas

5 Hidangan yang Wajib Disantap Saat Berlibur ke Melakamigrationology.com

Sesuai dengan namanya, hidangan ini memiliki rasa asam dan pedas. Rasa asamnya berasal dari sari asam Jawa dan rasa pedasnya berasal dari cabai segar yang dihaluskan dan dimasak bersama santan serta bumbu lainnya.

Umumnya, ikan tongkol digunakan sebagai bahan utama asam pedas. Namun, ikan-ikan lain juga terkadang digunakan sebagai variasi seperti ikan pari dan kakap putih.

Bahan-bahan dari asam pedas ini sangat familier di Indonesia, sehingga rasanya pun pasti tidak terlalu aneh bagi kita. 

2. Satay celup

5 Hidangan yang Wajib Disantap Saat Berlibur ke Melakatheculturetrip.com

Beberapa di antara kamu mungkin sudah familier dengan makanan bernama lok-lok, sate asal Malaysia dengan bahan-bahan yang beragam. Satay celup bisa dibilang adalah lok-lok yang dicelupkan ke dalam saus kacang yang mendidih.

Kamu bisa memilih jenis sate yang kamu inginkan. Mulai dari sayuran, tahu, daging, hingga bakso. Sebelum dimakan, rebus sate yang kamu pilih selama 2-3 menit dalam panci berisi saus kacang. Biarkan mereka menyerap saus sebanyak mungkin.

Satay celup ini paling enak jika dimakan ramai-ramai bersama teman-teman. Kamu bisa bergantian merebus dan mencicipi lebih banyak jenis sate.

Baca Juga: 21 Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi Kala Berkunjung ke Melaka

3. Nyonya laksa

5 Hidangan yang Wajib Disantap Saat Berlibur ke Melakafoodie.my

Laksa adalah hidangan yang mudah ditemui di Malaysia. Namun, tahukah kamu jika laksa pun memiliki banyak varian? Salah satunya adalah nyonya laksa yang merupakan laksa asli dari Melaka.

Berbeda dengan laksa lainnya, nyonya laksa memiliki kuah santan yang lebih kaya rasa. Nama lainnya adalah laksa lemak. Dinamakan seperti itu mungkin karena tingginya kandungan santan dan lemak dalam hidangan ini.

Jika kamu ingin menambah energi selepas berjalan-jalan dengan sajian yang gurih, pedas, dan sedikit sentuhan rasa manis, maka nyonya laksa adalah pilihan yang tepat.

4. Chicken rice ball

5 Hidangan yang Wajib Disantap Saat Berlibur ke Melakatheculturetrip.com

Makan nasi ayam tidak harus dengan cara konvensional. Kamu juga bisa memakannya dengan cara yang seru, yaitu dengan memakan chicken rice balls atau bola-bola nasi ayam.

Hidangan ini memiliki tiga komponen utama, yaitu nasi yang dibentuk menjadi bola-bola, ayam panggang atau kukus dengan dibumbui minyak wijen, serta saus yang menyerupai sambal.

Tidak ada aturan baku untuk menyantap hidangan ini. Kamu bisa mencocol bola-bola nasi di saus dan memakannya bersamaan dengan ayam, atau menyiramkan saus di atasnya.

5. Coconut shake

5 Hidangan yang Wajib Disantap Saat Berlibur ke Melakablog.tourism.gov.my

Cuaca di Melaka bisa jadi sangat panas seperti di Indonesia. Untuk melawan rasa panas itu kamu membutuhkan minuman manis yang menyegarkan. Coconut shake yang kelezatannya telah melegenda bisa jadi pilihan yang tepat untuk diminum di siang hari.

Coconut shake terbuat dari daging kelapa segar yang diblender bersama air kelapa dan potongan es batu. Supaya lebih manis dan creamy kamu bisa meminta tambahan es krim vanilla di atasnya.

Selain bisa menghilangkan rasa haus, daging kelapanya akan membuat kamu kenyang sekaligus.

Karena budaya Melayu masih memiliki rumpun yang sama dengan Indonesia, ragam makanannya pun gak jauh beda dengan selera nusantara. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: 10 Tempat Liburan Terbaik Sarat Sejarah di Melaka, Instagramable Abis

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya