Comscore Tracker

Mengenal Kebiasaan Makan Unik Orang Spanyol, Sehari Sampai 5 Kali!

Mereka sangat disiplin dalam hal ini

Pola makan yang biasa kita kenal adalah tiga kali sehari, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Namun di negara lain, waktu makan mereka bisa berbeda.

Dilasir dari Go Go Espana dan What Valencia, Spanyol mereka mengenal lima waktu makan, lho! Dimulai dari pukul 7 pagi dan berakhir pukul 11 malam, kapan saja orang Spanyol makan dan apa saja menu yang dihidangkan? 

1. El desayuno (07.00-09.00) 

Mengenal Kebiasaan Makan Unik Orang Spanyol, Sehari Sampai 5 Kali!unsplash.com/@irisyue

El desayuno merupakan santap kilat di pagi hari, sebelum memulai aktivitas. Hidangan yang disajikan biasanya tidak terlalu mengenyangkan karena fungsinya hanya untuk menunda lapar.

Roti bakar atau biskuit dilengkapi dengan secangkir café con leche (kopi susu) atau jus jeruk segar adalah hidangan paling lazim untuk el desayuno.

2. Almuerzo (10.30-12.00) 

Mengenal Kebiasaan Makan Unik Orang Spanyol, Sehari Sampai 5 Kali!unsplash.com/@oddityandgrace

Setelah memulai aktivitas pagi, orang Spanyol menikmati waktu istirahat sejenak menjelang siang hari. Momen ini seperti coffee break, mereka memanfaatkan waktu ini untuk makan muffin atau croissant dan minum kopi.

Baca Juga: Pelajari Yuk, Ini 13 Kosakata Peralatan Dapur dalam Bahasa Spanyol

3. La comida (14.00-16.00) 

Mengenal Kebiasaan Makan Unik Orang Spanyol, Sehari Sampai 5 Kali!unsplash.com/@angelabaileyy

Orang Spanyol baru memulai istirahat makan siang pada pukul 14.00, inilah saatnya mereka makan besar. Untuk la comida, mereka membutuhkan waktu satu hingga dua jam, karena santapan yang dihidangankan cukup banyak.

Dimulai dengan hidangan pembuka seperti sup, dilanjutkan dengan hidangan utama seperti ayam panggang atau paella, dan ditutup dengan dessert atau buah-buahan.

4. La merienda (17.30-19.30) 

Mengenal Kebiasaan Makan Unik Orang Spanyol, Sehari Sampai 5 Kali!unsplash.com/@rosy_

Menjelang malam, orang Spanyol menyantap hidangan cemilan sore ditemani dengan teh atau kopi panas. Biasanya hidangannya cukup sederhana, seperti potongan coklat, roti, churros, dan es krim.

Tujuan utama dari la merienda adalah untuk menjalin keakraban dengan keluarga, tetangga, atau teman.

5. La cena (20.00-23.00) 

Mengenal Kebiasaan Makan Unik Orang Spanyol, Sehari Sampai 5 Kali!unsplash.com/@maddibazzocco

Baca Juga: 8 Jenis Tapas, Camilan Khas Spanyol yang Beragam nan Lezat!

Waktu makan la cena bergantung pada dengan siapa kamu menikmatinya. Jika dengan keluarga, biasanya la cena dimulai pada pukul 20.00, namun jika kamu makan malam di luar bersama teman-teman, la cena dilaksanakan pukul 21.00. 

Hidangan untuk la cena memiliki porsi kecil yang disebut dengan tapas. Menu yang disajikan bisa berupa gambas al ajillotortilla de patata, atau patata brava.

Meski terlihat terlalu sering, budaya makan orang Spanyol ini sebenernya sangat sehat. Selain porsinya tidak berlebihan, pola makan ini membuat masyarakat Spanyol bisa menyantap hidangan mereka dengan santai. Berminat untuk mengubah pola makanmu seperti ini?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya