Comscore Tracker

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngiler

Pecinta seafood yuk merapat!

Salah satu sisi positif tinggal di sebuah negara yang berbatasan langsung dengan laut adalah ragam kuliner seafood-nya yang memanjakan lidah. Tak terkecuali dengan Portugal. Negara yang terkenal akan penjelajahannya di abad ke-15 ini sangat kaya akan boga bahari.

Seafood dan ikan sudah menjadi santapan sehari-hari di sana. Banyak masyarakat Portugal yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka terbiasa mengolah apapun hasil tangkapan mereka.

Kira-kira apa saja hidangan seafood yang biasa disantap oIeh orang Portugal? Ini dia 10 olahan seafood khas Portugal yang paling banyak dijadikan buah bibir saking enaknya.

1. Polvo a lagareiro

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngiler196flavors.com

Polvo a lagareiro terlihat mewah karena penampilan guritanya yang cantik. Namun hidangan ini sebenarnya sangat sederhana karena hanya memiliki dua bahan utama, yaitu gurita yang dibumbui minyak zaitun dan kentang pangggang.

Sajian ini dulunya disantap untuk menyambut nelayan dan penjelajah yang pulang dari berlayar. Kini kamu bisa menemukannya di restoran-restoran.

2. Cataplana

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngilerwildgreensandsardines.com

Cataplana sebenarnya adalah nama peralatan masak mirip panci khas Portugal. Namun istilah ini juga digunakan untuk menyebut makanan dimasak di alat tersebut.

Cataplana biasanya memiliki dua macam isian, yaitu aneka seafood dan ikan atau aneka seafood dan daging babi. Seafood yang digunakan di cataplana bisa bermacam-macam. Mulai dari lobster, kerang, udang, hingga kepiting.

3. Dourada grelhada

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngilerwikimedia.org

Jika diterjemahkan, dourada grelhada memiliki arti ikan sea bream yang dibakar. Berbeda dengan ikan bakar di Indonesia yang memiliki rasa manis, makanan ini hampir tidak memiliki bumbu kecuali sedikit garam.

Ikan bakar ini biasanya dihidangkan bersama kentang, nasi, atau salad.

4. Arroz de marisco

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngilerdiariamenteali.com

Banyak negara memiliki olahan nasi yang kaya rempah. Di Indonesia ada nasi goreng, di Spanyol ada paella, di Portugal ada arroz de marisco. Arroz de marisco terbuat dari nasi yang dimasak bersama bawang bombay, seledri, tomat, paprika, bawang putih, dan aneka seafood.

5. Bacalhau a bras

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngilermore.ctv.ca

Bacalhau atau ikan kod adalah salah satu bahan yang paling populer dalam kuliner Portugal. Kamu bisa menemukan banyak olahan ikan kod saat berkunjung ke sana. Salah satunya adalah bacalhau a bras.

Bacalhau a bras merupakan perpaduan antara ikan kod, kentang, dan telur yang dimasak seperti orak-arik. Hidangan ini disajikan bersama taburan peterseli dan buah zaitun hitam.

Baca Juga: 10 Masakan Seafood yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Indonesia, Terbaik!

6. Caldeirada

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngilerphotosandfood.ca

Perpaduan ikan dan kentang selalu bisa memuaskan lidah. Caldeirada menggunakan dua bahan utama tersebut dan terkadang ditambah dengan udang, cumi-cumi, kerang, atau gurita.

Sajian berupa sup kental ini lebih enak dimakan bersama roti panggang.

7. Bacalhau com natas

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngilerterradobacalhau.com

Sajian yang terbuat dari ikan dan keju mungkin terdengar asing bagi orang Indonesia. Namun tidak di Portugal. Bacalhau com natas yang terbuat dari ikan kod, kentang, keju, dan krim ini justru sangat populer, khususnya saat perayaan natal.

8. Bolinhos de Bacalhau

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngilertimeout.com

Secara harfiah, bolinhos de bacalhau berarti bola-bola kecil ikan kod. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari daging ikan kod, kentang, bawang bombay, dan peterseli yang dibentuk menjadi bola kecil atau lonjong seperti kroket.

Adonan tersebut kemudian digoreng dan disajikan bersama potongan jeruk nipis.

9. Rossois de camarao

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngiler196flavors.com

Jika kamu menyukai risoles, maka kamu akan menyukai rossois. Ya, risoles merupakan hidangan turunan dari rossois. Tentunya, cita rasa risoles sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Rossois de camarao mirip dengan risoles namun isiannya berupa udang dan krim.

10. Sapateira recheada

10 Ragam Olahan Seafood ala Portugal yang Sukses Bikin Ngilerteleculinaria.pt

Sapateira recheda adalah sajian berupa cangkang kepiting yang diisi dengan campuran daging kepiting, mayones, bawang Bombay, telur rebus, dan paprika. Biskuit atau roti panggang turut dihidangkan sebagai pendamping.

Bagi pecinta seafood, Portugal mungkin tampak seperti surga dunia. Negara tersebut sangat kaya akan hasil tangkapan dari laut. Selain 10 hidangan tadi, mereka masih menyimpan banyak olahan seafood yang tak kalah lezat. Rasanya tak sabar untuk mencoba semuanya!

Baca Juga: 5 Hidangan Seafood ala Thailand dengan Rasa Menggugah Selera, Nikmat!

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya