Comscore Tracker

Selain Jadi Taburan, Daun Bawang juga Bisa Diolah Jadi 5 Hidangan Ini

#MasakItuGampang Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat

Di Indonesia, daun bawang hanya dianggap sebagai bumbu atau pelengkap makanan. Namun di Korea dan beberapa negara lainnya, daun bawang digunakan sebagai bahan utama masakan. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas menjadikan daun bawang mudah diolah karena tidak memerlukan banyak tambahan bumbu.

Selain itu, daun bawang kaya serat dan rendah kalori. Baik untuk kamu yang sedang diet. Harganya juga murah, jadi anak kos-kosan tidak perlu ragu untuk membelinya dalam jumlah banyak.

Jika kamu ingin mencoba mengolah daun bawang, lima masakan di bawah ini bisa kamu jadikan inspirasi. Kamu bisa memakannya sebagai camilan ataupun lauk.

1. Sup Daun Bawang

Selain Jadi Taburan, Daun Bawang juga Bisa Diolah Jadi 5 Hidangan Inihttps://idahopotato.com/

Jika kamu menginginkan sup krim ayam versi vegetarian, kamu bisa mencoba mengolah daun bawang menjadi sup krim. Kamu hanya perlu menyediakan daun bawang, minyak sayur, air, dan garam. Tumis daun bawang hingga layu, tambahkan air dan garam. Setelah matang, dinginkan sup, kemudian blender hingga lembut. Jika menurutmu rasanya terlalu tajam, kamu bisa menambahkan kentang rebus ke dalam adonan.

Agar kenyang, kamu bisa memakan sup ini bersama dengan roti.

2. Pajeon (Pancake Daun Bawang)

Selain Jadi Taburan, Daun Bawang juga Bisa Diolah Jadi 5 Hidangan Inihttp://www.seasaltwithfood.com/

Pancake ala Korea ini mungkin sudah sering kamu dengar. Beberapa orang menambahkan sayuran dan udang ke dalam pajeon sehingga terlihat ribet. Padahal, kamu bisa membuat pajeon hanya dengan menggunakan daun bawang saja. Sayuran dan udang hanyalah pelengkap agar pancake lebih kaya rasa.

Untuk membuat pajeon, kamu hanya perlu memotong-motong daun bawang, menatanya di atas wajan datar, dan menuangkan adonan pancake yang terbuat dari tepung, air, gula, dan garam di atasnya. Setelah matang, kamu bisa menikmatinya dengan kecap asin dan cabai.

3. Kimchi Daun Bawang

Selain Jadi Taburan, Daun Bawang juga Bisa Diolah Jadi 5 Hidangan Inihttps://www.instagram.com/jieunebob/

Ada puluhan jenis kimchi, salah satunya adalah kimchi daun bawang. Cara membuatnya jauh lebih mudah dibandingkan kimchi sawi putih yang biasanya kita makan. Karena daun bawang sendiri sudah memiliki rasa yang enak, kita tidak perlu menambahkan bawang bombay, bawang putih, dan tiram.

Bahan penting untuk membuat kimchi ini adalah pasta pedas yang terbuat dari tepung beras, kecap ikan, cabai bubuk, dan gula. Kamu cukup menuangkan pasta tersebut ke atas daun bawang yang sudah direndam kecap asin. Kimchi bisa bertahan selama berminggu-minggu. Cocok banget untuk disimpan sebagai lauk cadangan.

4. Daun Bawang Goreng

Selain Jadi Taburan, Daun Bawang juga Bisa Diolah Jadi 5 Hidangan Initastingtable.com

Tidak ada teknik khusus untuk membuat cemilan ini. Kamu bisa menggunakan tepung biasa dan bukannya tepung bumbu. Panjang daun bawang yang akan digoreng bisa disesuaikan dengan seleramu. Kalau kamu terlalu malas untuk memotongnya, menggoreng daun bawang dalam keadaan utuh pun tidak jadi masalah.

Persiapkan adonan tepung basah dan tepung kering. Celupkan daun bawang ke dalam adonan basah, kemudian guling-gulingkan di adonan kering. Goreng hingga matang. Kamu bisa menikmatinya bersama saus tomat, saus cabai, atau mayones.

5. Hare Pyaz Ki Sabzi (Kare Daun Bawang)

Selain Jadi Taburan, Daun Bawang juga Bisa Diolah Jadi 5 Hidangan Iniinstagram.com/hindirecipes

Masakan ini berasal dari India dan biasa dimakan bersama roti naan atau nasi. Tanpa roti atau nasi, rasa hare pyaz ki sabzi terlalu tajam karena menggunakan berbagai macam bumbu. Bawang bombay, bawang putih, tomat, cabai, kunyit, ketumbar,  jahe, dan garam masala adalah bumbu yang biasa dipakai untuk membuat hare pyaz ki sabzi.

Cara membuatnya sangat mudah. Tumis bawang bombay, bawang putih, daun bawang, dan tomat. Masukkan bumbu-bumbu lainnya. Masak hingga semuanya layu dan matang. Hidangkan bersama roti naan atau tortilla. Kamu juga boleh banget menikmatinya dengan nasi hangat.

Mulai sekarang, jika kamu punya sisa daun bawang di kulkas, jangan biarkan mereka membusuk! Yuk, olah daun bawang menjadi lauk dan cemilan sehat!

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You