Comscore Tracker

Terkenal Enaknya, Ini Rekomendasi 9 Restoran Naengmyeon di Seoul

Bisa menyegarkan tubuh yang lelah setelah jalan-jalan

Penggemar KPop dan KDrama pasti gak asing dengan naengmyeon. Sajian mie dingin ini banyak ditemui di Korea Selatan. Namun tahukah kamu jika naengmyeon sebenarnya berasal dari Korea Utara?

Hidangan ini dikenalkan oleh warga Korea Utara, yang berada di Korea Selatan saat terjadi Perang Korea. Kini, naengmyeon banyak dinikmati oleh masyarakat di berbagai penjuru Korea Selatan.

Di Seoul saja, ada banyak sekali restoran naengmyeon yang bisa kamu temui. Tapi kan tidak mungkin kamu mengunjungi satu per satu untuk mencicipi menu mereka. Jika harus memilih, restoran mana yang harus kamu coba? Yuk, simak rekomendasi restoran naengmyeon yang menjadi favorit warga Seoul dilansir Time Out dan By Way of Korea!

1. Jungin Myeonok

Terkenal Enaknya, Ini Rekomendasi 9 Restoran Naengmyeon di Seoulfmkorea.com

Restoran tua legendaris di Korea, selalu memiliki kata ok atau oak di belakang nama mereka. Jadi, jika kamu menemukan restoran dengan nama ok, kamu bisa langsung tahu kalau restoran ini selalu konsisten dalam menyajikan hidangan lezat sehingga bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Jungin Myeonok merupakan salah satu restoran naengmyeon legendaris. Mereka menyajikan mie dingin khas Pyongyang yang otentik. Jungin Myeonok didirikan oleh orang Korea Utara asli dan saat ini dikelola oleh putra mereka.

2. Jinmi Pyongyang Naengmyeon

Terkenal Enaknya, Ini Rekomendasi 9 Restoran Naengmyeon di Seoulbywayofkorea.com

Satu lagi restoran yang menyajikan naengmyeon khas Pyongyang, yaitu Jinmi Pyongyang Naengmyeon. Restoran ini dikenal memiliki naengmyeon dengan kuah yang sangat bening hingga tampak dasar mangkoknya.

Mie yang disajikan sangat tipis dan lembut. Irisan daging sapi, daging babi, daun bawang, mentimun, serta setengah butir telur rebus ditambahkan untuk memperkaya nutrisi dan rasa.

Jinmi Pyongyang Naengmyeon baru dibuka pada Maret 2019 lalu. Dalam waktu singkat, mereka berhasil menarik perhatian banyak orang dan menjadi salah satu restoran naengmyeon terfavorit di Seoul.

3. Pildong Myeonok

Terkenal Enaknya, Ini Rekomendasi 9 Restoran Naengmyeon di Seoulwhatsstewin.blogspot.com

Meski sama-sama menyajikan naengmyeon khas Pyongyang, Pildong Myeonok sedikit berbeda dengan restoran lainnya. Naengmyeon di restoran ini selalu diberi taburan cabe agar rasanya lebih berani.

Restoran ini juga menghidangkan mandu dan daging babi rebus sebagai makanan pendamping. Di sana kamu juga bisa memesan bibim naengmyeon, yaitu mie dingin khas Hamheung.

Tekstur dan rasanya berbeda dengan naengmyeon khas Pyongyang. Mie yang digunakan untuk bibim naengmyeon lebih kenyal. Mie disiram dengan saus pedas yang terbuat dari gochujang, tanpa kuah.

 

Baca Juga: 10 Potret Wisata Korea Fantasy Kediri, Cantik Banget bak Korea Selatan

4. Nampo Myeonok

Terkenal Enaknya, Ini Rekomendasi 9 Restoran Naengmyeon di Seouldanielfooddiary.com

Memasuki Nampo Myeonok serasa seperti berjalan ke dalam sebuah museum. Nilai plus dari restoran ini adalah interiornya didesain dan didekorasi seperti hanok, rumah tradisional Korea. Dengan suasana yang Korea banget, makanan yang kamu santap pasti terasa lebih nikmat.

Meski interiornya terkesan mewah, restoran ini menawarkan harga makanan yang terjangkau. Jadi, jangan heran jika Nampo Myeonok selalu dipenuhi para pekerja kantoran di jam makan siang.

5. Bongpiyang

Terkenal Enaknya, Ini Rekomendasi 9 Restoran Naengmyeon di Seoulnibbleroad.com

Penampilan naengmyeon di Bongpiyang, terlihat tidak biasa dibandingkan naengmyeon di restoran lain. Jika lazimnya naengmyeon diberi topping telur rebus, maka di Bongpiyang kamu akan menemukan topping telur dadar dan asinan sayur.

Perpaduan warna kuning dan hijau dari telur dan sayur membuat naengmyeon di sana terlihat cantik dan menggoda. Jangan lupa pesan iga babi bakar sebagai makanan pendamping. Menu tersebut juga terkenal lezat dan tak ada duanya.

6. Ojangdong Hamheung Naengmyeon

Terkenal Enaknya, Ini Rekomendasi 9 Restoran Naengmyeon di Seoulhanachrisantyjioe.blogspot.com

Kebanyakan restoran naengmyeon dikenal karena menu mie dingin khas Pyongyang mereka. Di restoran ini, naengmyeon khas Hamheung atau bibim naengmyeon adalah menu utama.

Restoran yang telah berdiri sejak tahun 1953 ini memiliki mie berwarna abu-abu yang khas. Di sini kamu bisa memilih topping yang kamu inginkan, yaitu daging sapi atau potongan ikan skate.

Jika kamu baru mencoba naengmyeon untuk pertama kalinya, lebih baik pilih topping daging sapi karena ikan skate memiliki bau yang agak tajam. Orang yang tidak terbiasa akan kehilangan nafsu makan saat mencium baunya.

7. Woo Lae Oak

Terkenal Enaknya, Ini Rekomendasi 9 Restoran Naengmyeon di Seoultimeoutkorea.kr

Berdiri di tahun 1946, Woo Rae Oak adalah restoran tertua ke-11 di Korea. Menu yang menjadi spesialisasi restoran ini adalah naengmyeon Pyongyang. Ada alasan mengapa restoran ini sangat populer, sampai-sampai memiliki cabang di Washington DC, Amerika Serikat.

Selain rasanya yang tidak pernah mengecewakan, restoran ini juga memiliki desain yang modern dan mewah. Harganya sedikit lebih mahal dibanding restoran biasa, tapi sesuai dengan porsi, pelayanan, dan pengalaman yang kamu dapatkan.

Itu tadi rekomendasi restoran naengmyeon yang cukup populer di Seoul. Saat merencanakan perjalanan ke Korea, jangan lupa masukkan restoran-restoran ini ke dalam itinerary, ya!

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Paling Horor di Korea Selatan, Berani Datang?

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya