Comscore Tracker

7 Variasi Olahan Buah Tin yang Bisa Dicoba di Rumah, Rasanya Unik!

Jadi makin sering makan buah tin, nih!

Buah tin cukup banyak ditemui di Indonesia. Sayangnya kebanyakan dijual dalam bentuk buah segar. Memang, buah yang juga dikenal dengan nama buah ara ini enak dimakan segar. Namun tidak ada salahnya mengolahnya menjadi berbagai hidangan agar tidak bosan.

Mulai dari selai untuk olesan roti hingga salad yang menyehatkan, ini dia tujuh olahan buah tin yang bisa kamu tiru di rumah.

1. Selai buah tin

7 Variasi Olahan Buah Tin yang Bisa Dicoba di Rumah, Rasanya Unik!foodnouveau.com

Ini adalah cara paling mudah untuk mengolah buah tin. Bahannya cukup buah tin matang, gula, dan sari jeruk lemon saja. Semua bahan dimasak dalam satu panci hingga buah tin hancur dan memiliki tekstur seperti gel. Sajikan bersama roti panggang.

2. Tart buah tin

7 Variasi Olahan Buah Tin yang Bisa Dicoba di Rumah, Rasanya Unik!eatingwell.com

Tart dengan topping buah apa saja pasti rasanya enak. Tak terkecuali dengan topping buah tin. Perpaduan antara gurihnya crumb, manisnya custard, serta segarnya buah tin bisa bikin kamu nggak berhenti makan!

3. Cake buah tin

7 Variasi Olahan Buah Tin yang Bisa Dicoba di Rumah, Rasanya Unik!growingupcali.com

Jika bosan dengan cake yang gitu-gitu saja, kamu bisa menambahkan buah tin agar rasa cake-mu lebih unik. Cake ini akan terasa lebih nikmat jika ditambah dengan ekstrak almond serta potongan kacang almond.

Baca Juga: 10 Dessert Berbahan Buah Naga yang Segarnya Kebangetan, Sudah Coba?

4. Fig Roll

7 Variasi Olahan Buah Tin yang Bisa Dicoba di Rumah, Rasanya Unik!healthbenefitstimes.com

Hidangan ini sedikit mirip dengan nastar. Bagian luarnya adalah adonan biskuit yang gurih dan crumbly. Sementara bagian tengahnya adalah selai buah tin yang manis dan lembut. Fig roll cocok disajikan dengan segelas teh hangat.

5. Fig Bruschetta

7 Variasi Olahan Buah Tin yang Bisa Dicoba di Rumah, Rasanya Unik!sweethumblehome.com

Ingin menjamu tamu dengan cara yang berbeda? Kamu bisa mencoba membuat fig bruschetta ini. Bahan utamanya cukup sederhana, yaitu roti panggang, keju ricotta, dan buah tin.

Kamu juga bisa menambahkan berbagai bahan lainnya seperti daging asap, cuka balsamik, atau rosemary agar hidanganmu lebih kaya rasa.

6. Jus buah tin

7 Variasi Olahan Buah Tin yang Bisa Dicoba di Rumah, Rasanya Unik!theconscientiouseater.com

Jika kamu tipe orang yang suka meminum jus setiap pagi, tidak ada salahnya mencoba resep baru. Bahannya hanya pisang, buah tin, susu, dan madu. Blender jadi satu. Jadi deh jus yang lezat dan mengenyangkan.

7. Salah tomat dan buah tin

7 Variasi Olahan Buah Tin yang Bisa Dicoba di Rumah, Rasanya Unik!sneakymommies.com

Punya banyak sisa tomat di rumah? Padukan saja bersama buah tin menjadi salad yang sehat. Tambahkan keju feta dan bawang bombay, kemudian siram dengan cuka balsamik dan minyak zaitun.

Jika ingin saladmu agak fancy, kamu bisa menambahkan kale atau arugula.

Ternyata ada banyak cara untuk mengolah buah tin. Mulai sekarang kamu tidak perlu takut bosan untuk menyantap buah tin. Olah saja menjadi hidangan di atas dan beri sentuhan kreatifmu agar rasanya makin nikmat.

Baca Juga: 5 Olahan Savory Lezat Berbahan Buah Mangga Segar, Penasaran Mencicipi?

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya