Comscore Tracker

Kaya Nutrisi, Ini 5 Alasan Cewek Wajib Konsumsi Labu Siam Saat Hamil

Bentuknya kecil, manfaatnya besar

Saat menjalani kehamilan, kebutuhan nutrisi harus terpenuhi agar ibu dan janin selalu sehat dan tetap aktif. Tak semua makanan layak dikonsumsi saat hamil. Labu siam merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan nutrisi yang perlu wanita hamil konsumsi.

Di balik bentuknya yang sederhana dan mudah didapatkan, mengapa labu siam sangat berarti saat kehamilan?

1. Sumber asam folat

Kaya Nutrisi, Ini 5 Alasan Cewek Wajib Konsumsi Labu Siam Saat Hamilelbotiquin.mx

Saat hamil, wanita membutuhkan asupan asam folat yang berfungsi untuk meminimalisir bayi lahir dalam keadaaan cacat bawaan. Satu buah labu siam mengandung 189 mikrogram asam folat. Satu porsi sajian labu siam sudah bisa memberi kandungan nutrisi yang sangat baik untuk janin.

2. Kaya akan serat

Kaya Nutrisi, Ini 5 Alasan Cewek Wajib Konsumsi Labu Siam Saat Hamilgingerhillfarm.com

Sembelit merupakan salah satu hal yang harus dihindari oleh wanita hamil. Labu siam termasuk salah satu sayuran yang mengandung serat lumayan tinggi. Selain itu, kandungan air yang lumayan tinggi pada labu siam terbukti bisa melancarkan fungsi usus dan terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: Hamil Anak Pertama, Meghan Markle Dilarang Konsumsi Makanan Ini

3. Sumber mineral

Kaya Nutrisi, Ini 5 Alasan Cewek Wajib Konsumsi Labu Siam Saat Hamilfyffes.us

Labu siam mengandung cukup banyak mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, dan kalium.Terutama kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh perempuan hamil agar tak anemia. Kalsium dan magnesium berfungsi untuk menjaga tulang kuat dan kalium menyehatkan saraf dan fungsi otot.

4. Berkalori rendah

Kaya Nutrisi, Ini 5 Alasan Cewek Wajib Konsumsi Labu Siam Saat HamilPinterest.com/Kitchen Frau

Berat badan selama hamil akan bertambah seiring dnegan usia kehamilan. Labu siam sangat cocok untuk menjaga berat badan tidak terlalu gemuk saat hamil. Satu buah labu siam mengandung 38.6 kalori dan 0.1 gram lemak. Meski rendah kalori, sayuran ini tetap bisa membuat kamu terasa kenyang lebih lama.

5. Menstabilkan tekanan darah

Kaya Nutrisi, Ini 5 Alasan Cewek Wajib Konsumsi Labu Siam Saat Hamilfreshveggieltd.com

Ketika usia kehamilan memasuki masa trimester akhir, kondisi tekanan darah diupayakan tetap stabil. Jika tekanan darah tinggi, proses melahirkan membutuhkan waktu yang lebih panjang. Labu siam memiliki kandungan kalium yang berguna menstabilkan tekanan darah dan menghindarkan wanita hamil dari gejala anemia.

Kaya manfaat bukan sayuran yang satu ini? Jangan ragu untuk mengonsumsinya, terutama jika saat ini sedang menjalani kehamilan. 

Baca Juga: Sembelit Tapi Gak Suka Makan Sayur? Atasi Pakai 6 Minyak Esensial Ini

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You