Comscore Tracker

5 Aneka Sambal Khas Bali, Bikin Makan Gak Berhenti!

#BaliBanget Pedasnya mantab

Kuliner Bali bikin siapapun jatuh cinta dengan cita rasanya yang khas. Tentu dari sajian kuliner Bali tak lepas dari sambalnya. Ternyata, Bali memiliki sambal khas yang membuat penikmatnya ketagihan.

Sambal-sambal ini terbuat dari rempah-rempah dan punya rasa khas tersendiri. Yuk cek, siapa tahu ada sambal favorit kamu berikut ini!

1. Sambal Embe

5 Aneka Sambal Khas Bali, Bikin Makan Gak Berhenti!sajiansedap.id

Berkunjung ke Bali tak lengkap tanpa merasakan Sambal Embe. Terbuat dari cabai serta potongan bawang merah dan bawang putih yang digoreng setengah matang. Biasanya orang Bali mengonsumsi sambal Embe dengan cah kangkung dan nasi hangat. 

Hmm...siapa nih yang tiba-tiba lapar?

2. Sambal Matah

5 Aneka Sambal Khas Bali, Bikin Makan Gak Berhenti!resepkoki.co

Sambal ini mungkin sudah tak asing lagi. Sambal matah memang identik dengan Bali. 

Perpaduan antara bawang merah, cabai, daun sereh serta daun jeruk membuat aromanya nikmat disantap dengan nasi hangat. Bagi yang tak suka pedas, porsi cabainya bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: Transit Lama di Bali? Jalan-jalan Saja ke 7 Tempat Ikonik ini

3. Sambal Rajang

5 Aneka Sambal Khas Bali, Bikin Makan Gak Berhenti!stalktr.com/sambal_makkot

Sambal ini berasal dari kata rajang, yang artinya potongan. Potongan bawang merah , bawang putih, cabai rawit, lombok besar, kencur, jahe dan laos merupakan komposisi utama yang membuat sambal rajang sedap. Bahan-bahan tersebut digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit.

4. Sambal Nyuh

5 Aneka Sambal Khas Bali, Bikin Makan Gak Berhenti!Instagram.com/dewaputunova

Kalau sambal yang satu ini populer di Bali bagian barat. Bahan utamanya kelapa yang dibakar dan campuran sereh. Kebiasaan orang bali menyantap sambal nyuh dengan aneka sayuran, seperti kangkung, semanggi, labu siam, maupun mentimun.

5. Sambal Sere Tabia

5 Aneka Sambal Khas Bali, Bikin Makan Gak Berhenti!Instagram.com/nanere_mrb

Mesi namanya tergolong rumit, tapi pembuatannya justru sangat simple. Sambal Sere Tabia hanya terdiri dari tiga bahan, yakni cabai merah, terasi, dan garam. Meski tergolong sambal kering, namun cita rasanya tidak kering karena dicampur dengan bawang goreng.

Sangat menggoda sekali dan pastinya bikin perutmu mendadak lapar bukan?

Baca Juga: 4 Resep Olahan Kakul Khas Kuliner Bali Ini Dijamin Bikin Ketagihan

AKbar Photo Verified Writer AKbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya