Comscore Tracker

5 Bahan Kue Murah Sebagai Pengganti Telur

Hasilnya gak kalah lembut

Dalam pembuatan kue, peranan telur memang tidak bisa dipisahkan. Beberapa orang alergi terhadap telur, penyebabnya bisa karena aromanya hingga menimbulkan gatal pada kulit. Solusi terbaik, kamu harus memilih roti tanpa tambahan telur atau membuatnya sendiri di rumah.

Takut adonan kue tidak lembut karena tidak diberi telur? kamu bisa menggunakan alternatif bahan pengganti telur. Bahan-bahan ini memang tak bisa menggantikan peran telur, namun bisa jadi pilihan agar adonan tetap lembut.

1. Baking soda dan cuka

5 Bahan Kue Murah Sebagai Pengganti Telurthoughtco.com

Baking soda mungkin sudah lumrah digunakan dalam pembuatan kue. Namun kamu bisa mencampurnya dengan cuka yang bisa menghasilkan adonan mengembang serta lembut. Takaran yang disarankan ialah satu sendok teh baking soda dengan satu sendok makan cuka. Takaran tersebut bisa digunakan untuk adonan seberat 500 gram. yang perlu diperhatikan, takaran baking soda jangan sampai melebihi takaran cuka agar hasilnya tidak mengeras.

2. Sari jagung

5 Bahan Kue Murah Sebagai Pengganti Telurhowdaily.com

Sari pati jagung bisa kamu gunakan agar adonan lebih lembut. Gunakan jenis jagung manis agar rasanya lebih manis, sehingga kamu tidak perlu lagi menambhkan gula lebih banyak. Ketika menghaluskan jagung, pastika teksturnya benar-benar halus. Saring dan ambil sarinya. Adonan kue seperti roti kukus sangat cocok diberi tambahan sari jagung. Aromanya juga pasti sangat khas. 

3. Labu

5 Bahan Kue Murah Sebagai Pengganti TelurPixabay.com/stevepb

Salah satu jenis sayur yang bisa digunakan untuk pengganti telur ialah labu. Perhatikan tekstur labu agar hasilnya memuaskan. Tekstur labu yang minim serat dan matangnya sempurna akan membuat rasa gurih pada adonan kue. Labu juga bisa mempengaruhi warna kue berwarna kuning keemasan alami. Kamu bisa menambahkan labu yang sudah dilumat hancur ini pada adonan bolu dan pancake.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Churro, Kue Lezat Khas Spanyol

4. Apel

5 Bahan Kue Murah Sebagai Pengganti Telurwendyls.co.nz

Apel yang dihaluskan seberat 70 gram ternyata sepadan dengan satu butir telur. Tekstur apel mampu membuat adonan kue lebih padat dan beraroma. Meski begitu, kamu perlu berhati-hati saat mencampurkan apel dalam adonan kue. Jika berlebihan, bisa mengakibatkan kue mengeras saat dipanggang. Karena teksturnya ini, apel sangat cocok diolah dalam adonan brownies maupun kue tradisional.

5. Pisang

5 Bahan Kue Murah Sebagai Pengganti Telurnews18.com

Aroma pisang sudah menjadi hal umum dalam pembuatan beberapa kue. Tak hnaya sebagai bahan yang memberikan aroma khusus, pisang bisa jadi pengganti telur. Untuk memastikan takarannya, haluskan pisang dan letakkan dalam cangkir hingga seperempat bagian. Takaran tersebut sudah bisa jadi pengganti sebutir telur. 

Itu dia lima bahan yang tak kalah murah dan bisa kamu gunakan saat alergi telur. Selain menyehatkan, bahan tersebut juga bisa memenuhi kandungan protein yang sepadan dengan telur.

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Fakta Dibalik Cheesecake, Si Kue Terfavorit di Dunia 

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya