Comscore Tracker

5 Biota Laut Ini Mampu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Lho

Sponge pun bisa dimakan!

Penyakit kanker menjadi salah satu penyebab kematian yang tinggi di dunia. Setiap orang memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Namun pola dan gaya hidup sehatlah yang menentukan apakah sel kanker tersebut tumbuh atau tidak.

Beberapa sumber makanan seperti brokoli dan sayuran berwarna jingga dipercaya bisa mencegah kanker. Tapi buat kamu yang tak terlalu hobi makan sayuran, alternatif makanan laut berikut bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, lho!

1. Rumput laut

5 Biota Laut Ini Mampu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Lhofeast.media

Di balik teksturnya yang kenyal, rumput laut mengandung fikosantin. Kandungan ini terbukti ampuh untuk melawan berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Untuk mendapatkan khasiatnya, lebih baik konsumsi rumput laut dalam bentuk utuhnya. Bukan dalam bentuk olahan yang sudah dijadikan bahan makanan seperti agar-agar maupun jelly.

2. Teripang

5 Biota Laut Ini Mampu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Lhofreegreatpicture.com

Tak banyak orang mau mengonsumsi hewan laut yang satu karena bentuknya yang mengerikan. Meski menggelikan, namun harga teripang lumayan mahal, lho! Kandungan dalam teripang yang mampu menghambat pertumbahan kanker antara lain, hondroitin sulfate, glukosamin, dan kaya akan kolagen. Sebanding dengan harga mahal yang ditawarkan. 

Baca Juga: Mengejutkan, 7 Fakta Garam Dapurmu Bisa Aja Tercemar Plastik dari Laut

3. Sponge

5 Biota Laut Ini Mampu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Lhoimagenesmi.com

Bagi perempuan, kamu perlu mengonsumsi biota laut yang satu ini. Sponge mengandung miophin A dan miophin B yang terbukti mampu mencegah kanker serviks dan kanker payudara yang banyak perempuan masa kini.

Untuk mengonsumsinya, perlu diolah terlebih dahulu dan diambil ekstraknya serta umumnya sudah dipasarkan dalam bentuk bubuk maupun kapsul.

4. Ikan

5 Biota Laut Ini Mampu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Lhophotosgratuite.eu

Bukan hanya kaya akan protein, ikan juga kaya akan Omega 3 membantu mencegah terbentuknya sel kanker. Tapi tak semua ikan memiliki manfaat tersebut. Ikan salmon menjadi ikan yang dipercaya mampu mencegah kanker. Meski harganya tergolong mahal, sesekali kamu perlu membudayakan mengonsumsi ikan salmon agar tubuhmu bebas dari kanker.

5. Cumi-cumi

5 Biota Laut Ini Mampu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Lhofoodfornet.com

Dibalik pekatnya tinta cumi, di dalamnya mengandung glusida, yakni gabungan dari gula, protein dan lipid. Zat ini mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Maka dari itu, jika memasak cumi usahakan tinta di dalamnya jangan dibuang ya!

Itu dia lima biota laut yang bisa menjauhkanmu dari penyakit kanker. Konsumsi dalam batas wajar ya agar khasiatnya tak justru jadi bumerang yang berujung penyakit.

Baca Juga: 7 Seafood Mentah di Wakatobi yang Unik Banget, Dijamin Ketagihan Deh!

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya