Comscore Tracker

Istimewa dan Mahal, 5 Sajian Imlek Ini Hanya Dikonsumsi Orang Kaya

Pernah coba salah satunya?

Hidangan Imlek menjadi hal yang tak boleh terlewatkan agar momen kebersamaan antar kerabat semakin akrab. Jika selama ini hidangan khas Imlek identik dengan kue keranjang, jeruk, dan berbagai hidangan khas umumnya, ternyata ada beberapa menu yang sering disajikan ketika Imlek tiba dan tak banyak orang menikmatinya. 

Harga mahal menjadi pemicu hidangan Imlek yang satu ini hanya dikonsumsi kalangan tertentu. Seperti lima hidangan berikut yang harganya bikin kamu 'panik'!

1. Abalon

Istimewa dan Mahal, 5 Sajian Imlek Ini Hanya Dikonsumsi Orang KayaInstagram.com/michele_kung

Abalon merupakan jenis kerang yang istimewa dan berkualitas karena berasal dari famili Haliotidae dan genus Haliotis. Seporsi abalon mengandung 80 persen protein hewani. Tak heran jika harganya mahal.

Disajikan saat Imlek tiba, hidangan ini harganya bisa mencapai Rp 20 juta. Harganya yang fantastis sesuai dengan keterbatasan spesies satu ini yang membutuhkan waktu 50 tahun untuk berkembang biak.

2. Sarang burung walet

Istimewa dan Mahal, 5 Sajian Imlek Ini Hanya Dikonsumsi Orang KayaInstagram.com/birdnestdeli

Makanan yang terbentuk dari proses alamiah burung walet ini juga kerap disajikan saat Imlek. Baik sebagai hidangan maupun sebagai hadiah.

Perbedaannya terletak pada bentuknya. Jika serat sarang burung walet patah-patah, maka sebaiknya dikonsumsi. Namun jika seratnya utuh, maka layak untuk dijadikan hadiah. Harga satu sarang burung walet bisa mencapai Rp 6 juta.

Baca Juga: Ketahui Dulu 5 Hal Ini Sebelum Traveling ke Tiongkok Saat Imlek

3. Sirip ikan Hiu

Istimewa dan Mahal, 5 Sajian Imlek Ini Hanya Dikonsumsi Orang Kayacare2.com

Hidangan yang satu ini masih menjadi kontroversi. Mengonsumsi sirip ikan hiu dianggap sebagai tindakan yang bisa menyebabkan spesius ikan hiu punah. Saat ini, hidangan ini tak lagi dibudayakan saat Imlek.

Satu porsi sirip ikan hiu bisa mencapai harga Rp 30 juta. Hal ini disebabkan karena spesies ikan hiu yang dari tahun ke tahun mulai langka. 

4. Kue lapis premium

Istimewa dan Mahal, 5 Sajian Imlek Ini Hanya Dikonsumsi Orang KayaInstagram.com/fen.z

Mungkin kamu akan bertanya "Kue lapis seperti apa yang mahal?" Ternyata kue lapis yang disajikan ketika Imlek merupakan kualitas premium.

Jika kue lapis biasa dibeli dengan harga puluhan ribu rupiah, maka satu loyang kue lapis premium ini bisa mencapai Rp 1 juta. Harga yang mahal menentukan tekstur kue lapis yang disajikan karena terbuat dari bahan-bahan pilihan.

5. Teripang Laut

Istimewa dan Mahal, 5 Sajian Imlek Ini Hanya Dikonsumsi Orang Kayafreegreatpicture.com

Bukan sembarang teripang laut, melainkan teripang berkualitas yang tinggi akan protein. Meski terkesan menggelikan, namun makanan laut yang satu ini tak pernah terlewatkan saat Imlek tiba.

Harga teripang ketika Imlek bisa mencapai hingga Rp 3 juta per kilogramnya. 

Meski tak mengonsumsi makanan di atas, pastikan momen Imlek kamu tetap bermakna dan semakin akrab dengan kerabat, ya!

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tentang Imlek yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya