Comscore Tracker

5 Kerupuk yang Berasal dari Kulit Hewan, Nikmatnya Nagih!

Sudah coba yang mana?

Salah satu kebiasaan makan orang Indonesia tak bisa lepas dari kerupuk. Baik disajikan dengan menu utama maupun sebagai camilan saat santai. Kerupuk kulit salah satunya. Kerupuk ini punya cita rasa gurih dan khas kulit yang tak bisa dinikmati di kerupuk tepung tapioka. 

Meski bahan utamanya kulit, namun bukan berasal dari limbah kulit hewan, melainkan hasil olahan kulit hewan yang berkualitas. Seperti lima kerupuk berikut justru lebih enak dan tidak beraroma menyengat, lho! 

1. Kerupuk kulit sapi

5 Kerupuk yang Berasal dari Kulit Hewan, Nikmatnya Nagih!Instagram.com/debm.dayet

Kerupuk kulit sapi sudah terkenal di berbagai daerah. Kerupuk kulit sapi dikenal juga dengan nama kerupuk rambak. Bahan utamanya kulit sapi yang berkualitas dicampur dengan bumbu yang gurih. Seiring terkenalnya kerupuk rambak, kamu perlu berhati-hati agar tak membeli yang palsu. Kerupuk kulit sapi yang aslu teksturnya berpori besar dan aroma tidak berbau menyengat.

2. Kerupuk kulit ikan

5 Kerupuk yang Berasal dari Kulit Hewan, Nikmatnya Nagih!Instagram.com/jenny_ok10

Tidak semua kulit ikan bisa dijadikan kerupuk. Ikan paling baik yang kulitnya terbaik dijadikan kerupuk ialah ikan tuna dan ikan kakap. Pengolahan kerupuk kulit ikan cukup rumit. Mulai dari di rendam di rendaman air kapur, kemudian dijemur hingga benar-benar kering hingga proses penggorengannya yang membutuhkan minyak yang banyak. Hal tersebut membuat kerupuk kulit ikan mahal dibanding dengan kerupuk kulit lainnya. 

Baca Juga: 8 Jenis Ikan Ini Kerap Dijadikan Bahan Kerupuk, Enak Semua!

3. Kerupuk kulit kerbau

5 Kerupuk yang Berasal dari Kulit Hewan, Nikmatnya Nagih!Instagram.com/rambak.king

Sekilas kerupuk kulit kerbau sangat mirip dengan kerupuk kulit sapi. Namun yang membedakan ialah warnanya yang cenderung lebih coklat. Pembuatan kerupuk kulit kerbau lebih sulit karena tekstur kulitnya yang lebih tebal dan berserat. Sehingga membersihkan sisa bulunya pun butuh ketelitian. Kerupuk kulit kerbau ini biasanya jadi primadona oleh-oleh khas Kendal, Jawa Tengah. 

4. Kerupuk kulit ayam

5 Kerupuk yang Berasal dari Kulit Hewan, Nikmatnya Nagih!Instagram.com/bless2shop

Tentang nikmatnya kulit ayam, gak perlu diragukan lagi. Rasa gurih jadi alasan kenapa kulit ayam bergitu digemari. Bahan yang satu ini juga bisa dijadikan kerupuk yang reyah. Pengolahannya pun praktis dan tak terllau rumit seperti kerupuk kulit lainnya. Kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan kulit ayam yang sudah benar-benar bersih dan menggorengnya dengan minyak panas. 

5. Kerupuk kulit kambing

5 Kerupuk yang Berasal dari Kulit Hewan, Nikmatnya Nagih!Instagram.com/sita.jasmin

Meski tak terkenal seperti kerupuk kulit lainnya, kerupuk kulit kambing punya tempat tersendiri bagi para penikmatnya. Kerupuk ini tergolong lebih tebal teksturnya sehingga lebih sulit dicerna. Proses pembuatannya membutuhkan baking soda agar kerupuk tetap renyah dan mengembang. Mengonsumsi kerupuk kulit kerbau harus diimbangi dengan minum yang cukup. 

Itu dia lima kerupuk yang berasal dari kulit hewan. Cita rasanya gurih dan nikmat selama dikonsumsi tidak berlebihan. Konsumsi secukupnya agar tak mengganggu kesehatanmu, ya!

Baca Juga: 14 Jenis Kerupuk Paling Favorit di Indonesia, Makan Jadi Makin Nikmat!

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You