Comscore Tracker

5 Sajian Khas Sorong dengan Nama Unik, Wajib Cobain Kalau ke Sana!

Mulai dari gurih hingga pedas

Selain menyimpan kekayaan alam, Papua punya kuliner tersembunyi yang tak kalah dnegan kota lainnya. Salah satu kota di Papaua yang jadi pusat perdagangan ialah kota Sorong. Di kota ini terdapat beragam menu kuliner dengan nama unik. 

Sajian dengan nama unik ini menarik perhatian orang yang mudik dan menjadikannya sebagai destinasi kuliner ataupun dijadikan oleh-oleh. Berikut lima jenis kulier khas Sorong yang bisa kamu nikmati!

1. Papeda

5 Sajian Khas Sorong dengan Nama Unik, Wajib Cobain Kalau ke Sana!Instagram.com/irwan_mhmud

Kuliner bertekstur kenyal yang terbuat dari tepung sagu ini jadi menu harian masyarakat Sorong. Ketika lebaran, biasanya papeda disajikan dengan kuah kuning bercita rasa masam dan dilengkapi dengan ikan. Bagi kamu yang baru mencoba papeda mungkin terasa aneh karena bentuknya yang kenyal. Namun jika sudah terbiasa, papeda justru jadi kuliner yang nikmat dan bikin ketagihan karena rasanya yang gurih. 

2. Kue Lontar

5 Sajian Khas Sorong dengan Nama Unik, Wajib Cobain Kalau ke Sana!Instagram.com/pupnmice

Sorong memiliki kue khas yang disajikan saat lebaran, yakni kue lontar. Namun bukan berarti kue ini terbuat dari buah lontar, ya! Bentuknya sangat mirip dengan pie susu bali dan terbuat dari bahan tepung. Perbedaan yang mencolok terlihat dari bentuknya yang lebar dan tebal serta rasanya lebih manis. Kue lontar bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin menikmati versi lain dari kue pie bali dengan porsi jumbo.

Baca Juga: Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!

3. Keripik Keladi

5 Sajian Khas Sorong dengan Nama Unik, Wajib Cobain Kalau ke Sana!Instagram.com/batamdine

Keripik selalu jadi menu favorit banyak orang. Keripik keladi salah satunya. Bahan utama keripik ini terbuat dari keladi, yakni sejenis umbi-umbian seperti talas. Keripik yang bisa kamu temukan di Sorong ini punya cita rasa yang pedas. Bagi kamu yang tak suka pedas, juga tersedia varian rasa asin, pedas dan original yang gurih. 

4. Udang selingkuh

5 Sajian Khas Sorong dengan Nama Unik, Wajib Cobain Kalau ke Sana!Instagram.com/rizkimariskha

Namanya yang cukup unik membuat semua orang penasaran. Menu udang selingkuh punya sajian berbeda karena dalam satu menu terdiri dari beragam jenis udang. Mulai udang kecil, kepiting hingga lobster. Menu ini biasanya disajikan dengan kuah yang pedas. Meski pedas, namun sajian ini tak bisa lepas, sambal juga lho yang disajikan secara terpisah.

5. Abon Gulung

5 Sajian Khas Sorong dengan Nama Unik, Wajib Cobain Kalau ke Sana!Instagram.com/lingling_liling

Jika kamu terbiasa menikmati abon yang mudah dikunyah, maka di Sorong masyarakanya membuat abon gulung. Abon sapi ini dibalut dengan roti dan membentuk gulungan. Rasa gurih dari abon melengkapi rasa manis rotinya sehingga jadi perpaduan roti yang pas. Tak heran jika kuliner ini sering dijadikan oleh-oleh. 

Itu dia lima sajian khas Sorong dan punya nama unik yang bisa kamu nikmati. Bagi kamu yang mudik, jangan melewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner di atas. Tertarik mau mencoba yang mana nih?

Baca Juga: 7 Manfaat Menakjubkan Matoa, Buah Khas Papua yang Mulai Langka

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You