Comscore Tracker

6 Kedai Bubur Ayam di Malang Ini Underrated dan Wajib Dicoba

Tidak cukup hanya dalam sekali kunjungan #ANGPOIN

Sajian kuliner beragam yang selalu hadir dari pagi sampai malam di Kota Malang ternyata banyak menyimpan spot-spot yang tidak banyak diketahui orang. Salah satunya adalah bubur ayam.

Banyak kedai-kedai bubur ayam yang underrated dan tidak banyak diulas di media dibandingkan para kompetitornya yang lebih mainstream. Bahkan untuk jenis kuliner ini, yang lebih banyak dikenal hanya yang mempunyai banyak cabang di kota Malang.

Padahal, kedai-kedai bubur ayam selain mereka banyak menyimpan cita rasa yang lezat. Bahkan, kita bisa menikmatinya mulai dari pagi sampai malam. Berikut adalah rekomendasi 6 kedai bubur ayam lezat yang underrated di Kota Malang. 

1. Bubur Ayam dan Lontong Sayur Rampal

6 Kedai Bubur Ayam di Malang Ini Underrated dan Wajib Dicobasemangkuk bubur ayam rampal (instagram.com/nggragas.id)

Hadir di Jl. Urip Sumoharjo No.11F, Kesatrian, Kec. Blimbing, yaitu tepat di seberang pintu masuk utama Lapangan Rampal, Malang, kedai yang bernama Bubur Ayam dan Lontong Sayur Rampal ini buka mulai pukul 7 pagi sampai 10 siang. Buka setiap hari, bubur ayam dan lontong sayur di sini dibanderol dengan harga flat Rp15.000,00 saja.

Uniknya, bubur ayam di sini mirip dengan bubur ayam Barito yang terkenal di Jakarta Selatan, lengkap dengan stick kejunya. Ayam suwirnya pun sangat khas beraroma bawang putih. Untuk minum, jangan khawatir, kedai ini juga sedia minuman kemasan manis dingin dan air putih kemasan gelas.

Lokasinya yang strategis cocok bagi para warga yang olahraga di Lapangan Rampal yang ingin menikmati sarapan semangkuk bubur ayam panas setelah lelah berolahraga. 

2. Depot Bubur Ayam 88

6 Kedai Bubur Ayam di Malang Ini Underrated dan Wajib Dicobasemangkuk Bubur Ayam Telur Pitan Depot Bubur 88 (instagram.com/depotbubur88)

Lebih dikenal dengan nama Bubur Ayam - Ronde - Timlo 88, kedai yang buka dari hari Senin sampai Sabtu ini terletak di Ruko Soe, Jl. Soekarno Hatta No.82 B, Mojolangu, Kec. Lowokwaru. Tepatnya beberapa meter dari patung pesawat terbang.

Buka dari pukul 11 siang sampai 9 malam, kedai ini memang menyediakan menu wedang ronde dan nasi timlo, namun bubur ayamnya juga menjadi primadona di sini. Banyak varian topping mulai dari Bubur Ayam Hongkong yang diberi kuning telur mentah, Bubur Ayam Six Six yang diberi tambahan otak-otak goreng, scallop dan tempura, dan Bubur Ayam Telur 1000 Tahun/Pitan yang mempunyai cita rasa fermentasi telur yang unik.

Tersedia pula bubur minimalis seperti bubur polos, bubur cakue sampai bubur abon. Semua menu bubur itu bisa dinikmati mulai dari harga Rp6.000,00 sampai Rp26.000,00 saja. 

Baca Juga: Wisata Pantai Balekambang Malang: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

3. Bubur Ayam Sumber Berkat

6 Kedai Bubur Ayam di Malang Ini Underrated dan Wajib Dicobasemangkuk bubur ayam Sumber Berkat (instagram.com/bubur_ayamsb.berkat)

Bubur Ayam Sumber Berkat terletak di Jl. Danau Bratan no 9 Malang tepatnya di distrik perumahan Sawojajar yang begitu ketat persaingan kulinernya apalagi menu bubur ayam. Tentu saja, di pagi hari ketika ramai orang berolahraga, bubur ayam pasti menjadi salah satu menu pilihan untuk kembali mengisi energi.

Di Sawojajar, Bubur Ayam Sumber Berkat mempunyai topping sederhana seperti ayam suwir, tongcai dan cakue namun dipadu dengan rasa kaldu yang mantap. Buka dari Selasa sampai Minggu mulai pukul 6 pagi sampai habis, Bubur Ayam Sumber Berkat membanderol semangkuk bubur ayam dengan harga Rp13.000,00 saja. Terjangkau bukan?

4. Bubur Ayam Garlic

6 Kedai Bubur Ayam di Malang Ini Underrated dan Wajib Dicobasemangkuk bubur ayam garlic (instagram.com/buburgarlic)

Bubur ayam satu ini selain lebih dikenal oleh warga Jl. Dieng dan Jl. Langsep Raya, juga terkenal dengan pilihan berasnya. Bubur Ayam Garlic ini uniknya juga menyediakan bubur ayam beras merah serta porsi sumo (porsi besar).

Terletak di Jl. Bukit Dieng 3E, ruko kav no 3, kedai ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai 8 malam, kecuali Sabtu dan Minggu hanya buka sampai pukul 3 sore. Harga yang ditawarkan ke pengunjung untuk berbagai menu bubur ayam tersebut yaitu mulai dari Rp15.000,00 sampai Rp30.000,00. Tersedia pula topping sate telur puyuh, mie ayam, wonton kuah dan nasi ayam kecap

5.Bubur Ayam Dapur Mama J&J

https://www.youtube.com/embed/zoHPWdCB4bk

Pernah dengar bubur bakar yang viral dari Kota Madiun? Nah kini tidak perlu jauh-jauh ke sana, Dapur Mama J&J telah menghadirkan kuliner yang viral tersebut lengkap dengan cara masaknya yaitu dimasak dalam clay pot. Bisa dibilang Dapur Mama J&J merupakan kedai pertama yang memperkenalkan bubur clay pot di Malang.

Sebelumnya, kedai ini berjualan kopi dan gelato, kemudian bertambah menu seperti mie ayam dan terakhir bubur ayam clay pot ini. Terletak di  Jl. Siwalan No.11A, tepatnya masuk komplek perumahan sekitar kantor Kelurahan Pisang Candi, Dapur Mama J&J buka mulai pukul setengah 7 pagi sampai pukul 8 malam.

Topping-nya juga unik, tidak hanya ayam suwir namun juga sosis goreng, bacon sapi lembar bahkan katsu ayam yang semuanya dibanderol mulai dari harga Rp12.000,00 sampai Rp20.000,00 saja. Cita rasa topping beraneka macam tersebut dipadu dengan kehangatan bubur ayam dalam clay pot yang tahan lama. 

6. Makan Bubur

6 Kedai Bubur Ayam di Malang Ini Underrated dan Wajib Dicobasemangkuk bubur claypot Makan Bubur (instagram.com/makanbubur20)

Selang sebulan setelah pembukaan kedai bubur clay pot pertama di Malang yaitu Oktober 2020, hadir Makan Bubur yang menyajikan juga sensasi makan bubur ayam yang awet hangatnya. Buka dua sesi yaitu mulai pukul 7 pagi sampai 2 siang kemudian dilanjutkan pukul 5 sore sampai 6 sore, kedai yang buka setiap hari kecuali hari Selasa ini terletak di Jl. Raya Langsep no.25 Malang.

Dengan tata interior yang kekinian dan suasana yang "anak muda", bubur ayam dari Makan Bubur ini ternyata menyajikan topping yang lebih tradisional seperti suwiran ayam kecap, ayam panggang merah, suwiran daging sapi (beef slice) dan suwiran daging sapi lada hitam (beef blackpepper). Semua varian tersebut bisa dibanderol dengan harga mulai dari Rp12.000,00 sampai Rp23.000,00 saja. Tersedia pula side dish telur seperti telur pitan, telur ayam, telur asin dan telur puyuh. 

Itulah 6 rekomendasi kedai bubur ayam yang tak banyak orang tahu di Malang namun menyimpan menu-menu yang lezat bahkan terjangkau. Siap menjelajahinya satu persatu?

Baca Juga: Ini 6 Spot Kuliner Khas Bali di Malang, Gak Perlu Jauh-Jauh!

Akhmad Alfan Rahadi Photo Verified Writer Akhmad Alfan Rahadi

Patience and preserverence Follow me at IG:@alfanrahadi, Twitter:@alfanrahadi and FB :@alfanrahadi. Kindly read also radioastronot.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya