Comscore Tracker

Ini Daftar 11 Kuliner Malang Khusus bagi Penggemar Jeroan 

Disarankan dikonsumsi secara hati-hati

Sajian kuliner dengan jeroan sudah menjadi bagian budaya kuliner Indonesia. Varian utama jeroan kambing, sapi dan ayam sudah dipastikan bisa ditemui di hampir semua masakan Indonesia. Untuk urusan kuliner jeroan, Kota Malang juga menyimpan banyak tempat recommended.

Awas! Disarankan dikonsumsi secara hati-hati, inilah 11 kuliner Malang khusus bagi penggemar jeroan.

11. Warung Lama H. Ridwan

https://www.youtube.com/embed/s7sQ12B5jIA

Bagi pencinta jeroan, Warung Lama H. Ridwan ini termasuk penyedia side dish jeroan dengan harga terjangkau di Malang. Terletak di dalam kompleks Pasar Besar Malang, warung ini menyajikan side dish jeroan satai usus, babat goreng dan otak goreng dengan harga antara Rp12.000,00 sampai Rp17.500,00. Untuk menu lainnya yang berbasis nasi seperti nasi rawon maupun nasi soto daging bisa didapatkan mulai dari harga Rp15.000,00 saja.

10. Warung Soto Rawon Kiroman

https://www.youtube.com/embed/ocs0i1id8VQ

Untuk urusan rawon dan soto daging sapi, Warung Kiroman termasuk di jajaran warung-warung premium di Kota Malang. Namun bagi para penggemar jeroan, primadona warung ini adalah satai ususnya yang seharga Rp20.000,00 saja. Warung yang terletak di daerah Kota Lama tepatnya di Jl. Yulius Usman No. 52 ini buka dari pagi dan tidak pernah libur kecuali di bulan Ramadan.

9. Warung Madangkara

https://www.youtube.com/embed/pfQERrq4J9s

Warung Madangkara yang terletak di Jl. Kyai Tamin No. 25 ini terkenal dengan penyetan cingurnya, namun bagi penggemar jeroan, Warung Madangkara juga menyediakan nasi penyetan babat, penyetan paru. Semua menu tersebut dibanderol dengan harga flat Rp25.000,00 dan untuk menambah nasi cukup mengeluarkan Rp5.000,00 saja. 

8. Sate Bunul H. Paino

https://www.youtube.com/embed/mFj6LsA6qL0

Para penggemar satai di Malang pasti sudah hafal dengan kedai satai yang sudah hadir sejak 1973 ini. Selain satai ayamnya yang diiris ukuran jumbo dan satai daging sapinya yang empuk, ternyata satai kambing dan gulainya juga mantap! Khusus bagi para penggemar jeroan kalian bisa menikmati satai ampela ati kambing seharga Rp33.000,00 dan gulai campur beserta jeroan seharga Rp36.000,00 dengan potongan besar-besar.

7. Sego Goreng Resek

https://www.youtube.com/embed/KPI8PGrmeRs

Secara harfiah berarti nasi goreng sampah, sego goreng resek ini memiliki keistimewaan pada cara masaknya yang masih menggunakan anglo dan pada side dish nya yang besar-besar hingga nampak goreng ini tumpah ruah layaknya tempat sampah. Bertolak belakang dengan nama reseknya, warung kaki lima ini dijamin selalu ramai pembeli.

Berlokasi di Jl. Brigjen Katamso, kamu bisa menikmati nasi goreng biasa dengan harga Rp9.000,00 dan jika ingin dilengkapi ati ampela berbalut usus ayam yang berukuran satu kepalan tangan orang dewasa, kamu cukup menambah Rp2.000,00 saja.

Baca Juga: 7 Wisata Kuliner Malang dengan Rasa Mewah tapi Ramah di Kantong

6. Nasi Goreng Ati Galunggung

https://www.youtube.com/embed/3GE8XCEetHc

Berjualan sejak tahun 2000, nasi goreng perempatan Jalan Galunggung sudah terkenal dengan porsinya yang besar dan tambahan ati ampelanya yang sangat dermawan. Banyak varian yang bisa para penggemar jeroan nikmati yaitu nasi goreng ati seharga Rp12.000,00 (bisa minta pedas), nasi goreng dengan porsi ati tambahan seharga Rp15.000,00 saja dan nasi goreng ati dengan tambahan lauk lainnya dengan kisaran harga paling mahal Rp18.000,00. Bagi yang masih PSBB mandiri bisa tenang karena nasi goreng ini sudah hadir di layanan delivery.

5. Bakso Jerohan Sapi Mas Boxer

https://www.youtube.com/embed/_PlS5qU3i3s

Bagi warga Sukun, pasti sudah kenal dengan Bakso Jerohan Sapi Mas Boxer. Buka dari jam 10 siang sampai sore sebelum maghrib, warung bakso ini membanderol bakso besar dan jeroan-jeroannya seharga Rp2.000,00 per buah. Tidak tanggung-tanggung, konsumsi warung ini bisa mencapai 10 kg jeroan setiap harinya.

4. Nasi Buk Bu Tuni

https://www.youtube.com/embed/sZQh-a730Jk

Terletak di Jl. Kyai Tamin, nasi buk Bu Tuni sudah memberlakukan take away jauh sebelum pandemik. Dengan sayur lodeh nangka yang sangat gurih, serundeng, dendeng kelapa dan jeroan komplet, nasi buk Bu Tuni ini bisa dibeli dengan harga Rp20.000,00 saja.

3. Rawon Rampal

https://www.youtube.com/embed/wE8XfTP-6tI

Warung Rawon Rampal yang terletak 100 meter dari Lapangan Rampal ini berdiri sejak 1957 dan terkenal sebagai warung rawon langganan para artis dan pejabat nasional yang mampir ke Kota Malang. Selain itu, yang menjadikan warung ini istimewa adalah side dishnya yang bercita rasa jarang ditemui di Malang. Warung ini menyajikan jeroan paru yang diolah menjadi serenyah keripik dan  babat goreng yang dimarinasi dengan bumbu manis. Semua side dish tersebut dibanderol dengan harga Rp30.000,00

2. Nasi Babat Tonjok

https://www.youtube.com/embed/Y14-AlwORlk

Berdiri sejak 10 November 2018, Nasi Babat Tonjok terletak di Jl. Bendungan Sutami No.18. Lokasinya dipilih khusus untuk memudahkan pelanggan mengonsumsi babat tanpa harus jauh-jauh ke Pasar Besar atau Kota Lama. Warung ini menyajikan menu nasi jeroan beserta sambel yang pedas nonjok dengan harga flat Rp10.000,00 yang ditemani dessert es taro dengan harga terjangkau yaitu Rp5.000,00.

1. Nasi Penjara by Mami Cukam

https://www.youtube.com/embed/rjeegctrc1s

Warung Mami Cukam ini sudah terkenal di masyarakat Malang dengan menu nasi penjara yang berkomposisi nasi dan sayuran saja yang hanya dihargai Rp3.000,00. Namun selain itu, ternyata warung ini juga menyediakan menu nasi lauk jeroan dengan harga murah pula.

Untuk menu nasi babat, nasi usus sapi, nasi usus ayam, nasi paru dan nasi ampela ati sapi, kamu bisa dapatkan dengan harga Rp5.000,00 sampai Rp9.000,00 saja. Sangat murah bukan? Warung yang terletak di perempatan Jl. Kebalen ini cocok untuk kuliner malam karena mulai buka dari sore sampai jam 10 malam.

Jangan berlebihan mengonsumsi jeroan hingga memicu kemunculan penyakit hipertensi pada di usia muda. Untuk mengonsumsinya perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat, ya.

Baca Juga: 5 Cara Gampang Menghilangkan Bau Amis Pada Jeroan Hewan, Patut Dicoba!

Akhmad Alfan Rahadi Photo Verified Writer Akhmad Alfan Rahadi

Patience and preserverence Follow me at IG:@alfanrahadi, Twitter:@alfanrahadi and FB :@alfanrahadi. Kindly read also radioastronot.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya