Comscore Tracker

Pilihan 7 Soto dengan Taburan Koya Kelapa di Malang, Gurih!

#ANGPOIN Keunikan soto di Kota Malang yang melegenda

Mungkin bagi beberapa pelancong, soto di Jawa Timur biasanya didominasi oleh soto ayam lamongan dengan taburan koya kerupuk udang dan bawang putih serta soto madura.

Namun di Malang, ada satu lagi varian soto ayam maupun daging yang terkenal yaitu soto dengan taburan koya kelapa. Penasaran di mana saja tempat yang bisa kunjungi? Inilah rekomendasi tujuh soto dengan taburan koya kelapa di Malang.

1. Soto Ayam Lombok

https://www.youtube.com/embed/HMSd0enmqaI

Bisa dibilang Soto Ayam Lombok atau soto ayam di Jl. Lombok No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang ini merupakan pelopornya soto ayam berkoya kelapa di Malang.

Buka setiap hari mulai pukul 7.00 sampai 21.00, soto ini telah melegenda sehingga seporsi soto biasanya dihargai Rp20.000,00 masih terasa worth it apalagi yang istimewa seharga Rp25.000,00.

Ada pula hidangan pelengkap seperti kerupuk ikan, kerupuk rambak dan kerupuk raksasa. Saking seniornya sejak 1955, Soto Ayam Lombok juga membuka 6 cabang di Malang, 2 cabang di Pasuruan, 1 cabang di Surabaya, dan 1 cabang di Cilandak, Jakarta Selatan.

2. Soto Ayam Sempu

https://www.youtube.com/embed/rvRBomr-LMQ

Soto ayam yang berlokasi di Jalan Sempu, utara Lapangan Sampo merupakan destinasi kuliner soto berkoya kelapa yang juga tidak boleh dilewatkan. Buka setiap hari kecuali hari Kamis, soto ini terletak di urutan pertama deretan kios di sepanjang Jalan Sempu.

Buka mulai pukul 17.00 sampai 23.00, soto ini dihargai cukup terjangkau dengan harga Rp10.000,00 sampai Rp15.000,00 tergantung topping yang dikehendaki pelanggan. 

3. Soto Ayam Abah Gito 

Pilihan 7 Soto dengan Taburan Koya Kelapa di Malang, Gurih!instagram.com/nggragas.id

Soto Abah Gito hadir sejak tahun 1993 dan sejak lama terletak di Jalan Hamid Rusdi No.100. Bisa dibilang ini merupakan soto koya kelapa terenak di daerah Bunulrejo. Dibanderol dengan harga Rp14.000,00 saja untuk varian soto reguler dan Rp17.000,00 saja untuk varian istimewa.

Bagi yang ingin menambah camilan ada pula kerupuk andalas seharga Rp2.500,00 sampai keripik paru besar seharga Rp30.000,00.

Baca Juga: Resep Koya Soto yang Renyah dan Gurih, Begini Cara Membuatnya! 

4. Soto Pulungdowo

https://www.youtube.com/embed/HwoaFa1EMhg

Terletak di sisi timur kota Malang, kedai soto ini berlokasi di Jalan Raya Pulungdowo, Tumpang. Warung ini termasuk yang menyajikan soto berkoya kelapa di Kabupaten Malang. Buka mulai pukul 07.00​ - 21.00, soto di sini terbilang terjangkau dengan harga soto mulai dari Rp15.000,00, tersedia pula kerupuk ikan seharga Rp8.000,00.

5. Soto Kambing Pak Tosim

https://www.youtube.com/embed/W42zgYLioS0

Terletak di Jalan Sasando, Soto Kambing Pak Tosim sudah hadir sejak tahun 1990 dan kini dikelola generasi ketiga.

Buka pukul 8.00 hingga 21.00, menu yang tersedia ada nasi soto atau soto lontong dengan harga Rp12.000,00 per porsi. Selain itu terdapat pula side dish berupa jeroan seharga Rp3.000,00 saja.

Bicara rasa, Soto Pak Tosim pembuatannya masih tradisional yakni menggunakan tungku dan kayu bakar, sehingga aroma smokey-nya melekat. Daging kambingnya juga tidak berbau. Kuahnya gurih karena selain bercampur dengan rempah-rempah rahasia juga ditaburi koya kelapa. 

6. Soto Daging Pak Amir

https://www.youtube.com/embed/lPHTw6sF6_Y

Salah satu warung soto legendaris di daerah Singosari, Soto Daging Pak Amir terletak di Jalan Perusahaan Raya No.28. Buka mulai pukul 8.00 sampai 16.00, soto daging ini kuahnya kuning dan tanpa lemak yang kemudian ditaburi koya kelapa yang gurih.

Dihargai Rp25.000,00 per porsi, daging di soto ini terbilang empuk dan besar-besar potongannya, tak lupa disertai kondimen seperti mendol, tempe goreng besar dan rempeyek udang yang rata-rata dihargai Rp5.000,00

7. Soto Mbah Bedjo

https://www.youtube.com/embed/HFJK-de6nKY

Ini bisa dibilang soto koya kelapa yang paling muda di daftar ini. Koya kelapa di Mbah Bedjo pun tidak terlalu pekat, cocok bagi yang suka keseimbangan kaldu kuah soto dan koya kelapa.

Hadir sejak Juli 2020, di tengah-tengah pandemi sampai sekarang sudah membuka 3 cabang yaitu di sekitar Jl. Tidar, No. 7, Jl. Besar Ijen No.94, dan Jl. Kalpataru No.147.

Buka setiap hari mulai pukul 6.30 sampai 22.00, Soto Mbah Bedjo terkenal menu balungan dan menu murah yaitu soto ayam unyil Rp5.000,00 saja.

Untuk varian lain tersedia pula soto reguler plus balungan, soto ayam barbar dengan balungan, kondimen berupa satai usus ayam, satai ati ampela, dan satai puyuh. 

Berbeda dengan koya yang disajikan di atas soto lamongan, bisa dibilang koya kelapa yang membuat soto ayam di Malang menjadi khas dan unik karena rasa gurih yang susah ditemui di tempat lain di Indonesia.

Baca Juga: Resep Soto Ayam Tasik, Kuliner Khas Tasikmalaya yang Gurih Santan

Akhmad Alfan Rahadi Photo Verified Writer Akhmad Alfan Rahadi

Patience and preserverence Follow me at IG:@alfanrahadi, Twitter:@alfanrahadi and FB :@alfanrahadi. Kindly read also radioastronot.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya