Comscore Tracker

Mengundang Selera, Inilah 8 Spot Kuliner Nasi Goreng Jawa di Malang

Campuran aneka lauk dalam bumbunya selalu menjadi ciri khas 

Di Jawa Timur, khususnya Malang, kita selalu terbiasa dengan nasi goreng yang pekat dengan citarasa kecap manis dan saus tomat. Namun, selain nasi goreng yang cenderung berbumbu Tionghoa atau chinese food, ada pula nasi goreng yang pekat dengan cita rasa seafood seperti ebi, udang, terasi bahkan ikan bandeng dalam campuran bumbu halusnya. Nasi goreng ini dikenal sebagai nasi goreng jawa.

Lazim ditemui di Surabaya, Lamongan, Gresik, Kediri dan Yogyakarta, nasi goreng jenis ini punya tampilan yang sederhana seperti taburan taoge, ayam suwir, telur rebus iris, telur dadar atau telur mata sapi. Namun dengan campuran bumbu ikan laut maupun udang yang kuat, cita rasa nasi goreng jawa meninggalkan after taste yang khas.

Kini, nasi goreng jawa tidak terbatas hadir di daerah-daerah tersebut di atas. Sebab di Kota Malang juga sudah hadir berbagai kedai nasi goreng jawa yang bercita rasa seafood tersebut.

Di mana saja letaknya? Inilah 8 spot kuliner nasi goreng jawa di Malang yang wajib kalian tahu.

1. Warung daharpuenak

https://www.youtube.com/embed/Jx1k1EMlyOI

Terletak di gang Jl. Danau Sentani Timur, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Warung Daharpuenak menyajikan nasi goreng, nasi krengsengan, mie goreng, dan mie krengsengan yang otentik khas Surabaya.

Dengan bumbu yang dicampur dengan gilingan ebi, cita rasa seafood dan khas Jawa Timur langsung terasa di butir-butir nasi yang kalian santap.

Selain topping ayam, Warung Daharpuenak juga menyajikan nasi goreng jawa dengan topping ikan asin (dari ikan jambal roti), udang, ikan teri bahkan bisa tambah petai.

Buka setiap hari mulai pukul setengah 5 sore sampai 11 malam, menu-menu yang ada di warung ini dibanderol dengan harga sangat terjangkau mulai dari Rp17.000-25.00o saja.

2. Pakde Saijo cabang Malang

Mengundang Selera, Inilah 8 Spot Kuliner Nasi Goreng Jawa di MalangNasi goreng pakde saijo khas Surabaya cabang Malang (instagram.com/pakdesaijomalang)

Tidak hanya warung lokal Malang yang terinspirasi membuka warung nasi goreng jawa, namun ternyata warung nasi goreng jawa di Surabaya telah ekspansi dengan membuka cabang di kota ini.

Pakde Saijo yang mempunyai 3 cabang di Surabaya saja kini ekspansi ke Kota Malang dengan membuka kedai di Jl. Candi Agung I No.8, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, yaitu tepatnya di belakang Kampus ABM.

Memang yang ditonjolkan adalah menu nasi sayur, nasi ayam dan nasi krengsengan, namun lazimnya penjual nasi krengsengan di Surabaya, nasi goreng jawa selalu hadir di menu karena memang mempunyai bumbu sama dengan ketiga menu di atas.

Buka mulai pukul 11 siang sampai 8 malam, menu Pakde Saijo Malang dibanderol dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp20.000-29.000 saja. 

3. Nasi goreng jawa sedulur

Mengundang Selera, Inilah 8 Spot Kuliner Nasi Goreng Jawa di MalangNasi Goreng Jawa Sedulur khas Jawa Tengah (instagram.com/nasgorsedulur)

Nasi goreng jawa satu ini merupakan kebalikannya dari nasi goreng lain. Jika yang lain merupakan cabang dari Surabaya, Kediri maupun Yogyakarta, Nasi Goreng Sedulur malah berekspansi dari Kota Malang menuju Kota Gresik.

Cita rasa yang disajikan Nasi Goreng Sedulur cenderung khas Jawa Tengah yang selain mempunyai bumbu campuran seafood juga ada rasa sedikit manis.

Terletak di Jl. Danau Ngebel No. 169, Sawojajar, Malang, Nasi Goreng Sedulur buka mulai pukul 2 siang sampai pukul 8.45 malam.

Menu-menu yang tersedia cukup terjangkau mulai dari Rp15.600-18.000 saja. Ada pula side dish seperti satai puyuh, satai usus, dan satai tempe yang semua bisa didapatkan dengan harga Rp4.800,00 saja atau Rp5.000 masih dapat kembalian. 

4. Nasi dan bakmi goreng kediri Pak Ji

https://www.youtube.com/embed/LXW4SKj-to4

Berlokasi di Jl. Candi Panggung Barat no. 3 tepatnya di depan AHAS, warung yang di google maps bernama Nasi Goreng Bakmi Ayam Pak Ji khas Kediri ini mempunyai area dine in semi outdoor dan indoor. Menu andalan Pak Ji adalah seporsi nasi goreng kulit seharga Rp13.000,00 saja.

Buka dari pukul setengah 6 sore sampai pukul 10 malam (selama ppkm level 3), nasi goreng ini seperti umumnya nasi goreng Kediri yang dimasak menggunakan anglo berbasis arang sehingga aroma smokey-nya terasa di setiap suapan nasi goreng.

Baca Juga: 5 Warung Kuliner Termantap di Kota Malang, Auto Kalap

5. Nasi goreng jawa Terusan Sulfat

https://www.youtube.com/embed/bex94e1ZgOo

Sebagai salah satu pelopor penjual nasi goreng jawa ala Surabaya di Kota Malang, Nasi Goreng Jawa Sulfat membanderol berbagai menunya mulai dari harga Rp14.000,00 sampai Rp18.000,00 saja.

Terletak di Jl. Sulfat No.15, warung tenda kaki lima ini buka mulai pukul 6 malam sampai pukul 10 malam. Warung nasi goreng jawa ini menawarkan cita rasa lebih kompromis dengan lidah orang Malang, dengan rasa yang gurih-asin yang sedang yang berpadu dengan sedikit manis dari kecap.

Dengan aroma seafoodnya yang masih terasa di setiap suapan, Nasi Goreng Jawa Sulfat pun tidak pelit memberikan kondimen seperti telur dadar yang sudah dipotong kecil-kecil serta suwiran ayam melimpah. 

6. Nasi goreng jawa Thamrin

https://www.youtube.com/embed/LzhoWUwjCY4

Terletak di  Jl. Suropati Gg. 2 atau Jl. Husni Thamrin gang 2, warung ini terbilang unik, karena saat pagi sebagai warung pangsit mie ayam, saat sore sebagai warung nasi goreng dan mie rebus jawa, dan saat pukul 10 malam berubah menjadi warung pecel rawon. Hebatnya 3 transformasi tersebut menawarkan cita rasa yang tidak mengecewakan.

Buka mulai pukul setengah lima sore sampai 10 malam, Warung Bakmi Jawa Thamrin membanderol sepiring nasi goreng jawa atau bakmi rebus jawa seharga Rp15.000 saja.

Spot kuliner ini termasuk legenda karena sudah hadir sejak 1974 dan pelanggannya mulai dari masyarakat umum, artis, dan pejabat.

7. Nasi goreng jawa Kidul Pasar

https://www.youtube.com/embed/Hq9JcO6SVjI

Memang tak pernah ada habisnya spot-spot kuliner rahasia yang tersembunyi di balik gang maupun mulut-mulut gang di Kota Malang.

Salah satunya adalah Nasi Goreng Kidul Pasar Bu Djum di Jalan Kyai Tamin no. 5, Malang. Buka mulai pukul setengah 6 sore sampai pukul 10 malam, harga yang dibanderol untuk sepiring nasi goreng jawa, bakmi rebus jawa, maupun bakmi goreng cukup Rp16.000,00 saja.

Namanya memang kidul pasar karena sejak berdiri pada tahun 1972, terletak di selatan Pasar Besar Malang, kemudian pindah di Jl. Kyai Tamin 5, Malang sejak 1985.

Area yang tersedia cukup luas walaupun berada di mulut gang dengan area meja beserta bangku panjang dan tersedia pula kursi-kursi plastik untuk para pelanggan yang ingin duduk di trotoar maupun area lain yang lebih longgar. 

8. Nasi goreng jawa Pak Nawi Pujasera Bunul

Mengundang Selera, Inilah 8 Spot Kuliner Nasi Goreng Jawa di MalangNasi goreng jawa Pak Nawi (instagram.com/pujaserabunul)

Terakhir adalah spot nasi goreng jawa yang terletak di dalam Pujasera Bunul, yaitu Nasi Goreng Jawa Cak Nawi. Buka mulai pukul 10 siang sampai 10 malam, nasi goreng yang ditawarkan berupa nasi goreng jawa bertabur suwiran ayam yang melimpah, telur rebus, tauge dan sawi hijau. Setiap suapan nasi gorengnya pun terasa aroma dan cita rasa seafoodnya.

Untuk seporsi nasi goreng jawa, dibanderol dengan harga Rp10.000 saja. Tersedia pula kondimen telur dadar, bakso dan usus.

Itulah 8 spot nasi goreng jawa yang wajib kamu ketahui di Malang. Bagi para pekerja komuter yang setiap hari pulang pergi Surabaya-Malang, 8 spot kuliner nasi goreng jawa tersebut bisa jadi pilihan terdekat untuk memuaskan kerinduan

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Kebuli ala Rumahan, Ide Makan Malam untuk Hari Ini  

Akhmad Alfan Rahadi Photo Verified Writer Akhmad Alfan Rahadi

Patience and preserverence Follow me at IG:@alfanrahadi, Twitter:@alfanrahadi and FB :@alfanrahadi. Kindly read also radioastronot.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya