Comscore Tracker

5 Fakta Bubur Pisang Memek, Sajian Unik & Lezat dari Aceh 

Namanya berasal dari istilah daerah yang melegenda

Ketika pertama kali mendengarnya mungkin kamu sedikit bingung dengan nama masakan ini. Yap, pasalnya di beberapa daerah nama ini punya artian yang tidak senonoh. Tapi kini mari beranjak ke Aceh, di sana ada bubur pisang yang sangat terkenal dan disukai warga lokal hingga wisatawan yang bernama memek.

Daripada penasaran langsung aja yuk kita simak beberapa fakta unik tentang bubur pisang yang satu ini!

1. Asal muasal nama yang bersejarah

5 Fakta Bubur Pisang Memek, Sajian Unik & Lezat dari Aceh misteraladin.com

Nama bubur memek merupakan serapan kata dari mamemek yang berarti dalam bahasa Aceh memiliki arti mengunyah-ngunyah atau menggigit. Bubur ini berasal dari Pulau Simeulue dan memiliki tekstur yang lembut dan membuat setiap orang yang memakannya mengunyah-ngunyah dengan mudah.

2. Kudapan favorit yang disukai banyak orang

5 Fakta Bubur Pisang Memek, Sajian Unik & Lezat dari Aceh wego.co.id

Masyarakat lokal selalu menyediakan bubur ini ketika bulan Ramadan. Bubur pisang memek menjadi takjil favorit yang gak boleh ketinggalan di meja makan. Lain halnya dengan warga lokal, para wisatawan yang datang selalu mencari makanan ini dan banyak orang yang menjualnya setiap hari selain di bulan puasa. Jadi kamu kalau berkunjung ke Aceh bisa buat mencicipinya nih.

Baca Juga: Resep Bubur Tinutuan, Kuliner Khas Manado yang Sedap dan Kaya Gizi

3. Bahan baku dalam pembuatan bubur pisang memek

5 Fakta Bubur Pisang Memek, Sajian Unik & Lezat dari Aceh travelingyuk.com

Bahan baku bubur ini adalah beras ketan, pisang, santan dan gula. Bahan-bahan semuanya dimasak selama sejam dan disajikan selagi hangat. Bubur ini biasa dijual seharga Rp5 ribu dalam gelas plastik.

4. Nama asli yang tidak boleh diganti

5 Fakta Bubur Pisang Memek, Sajian Unik & Lezat dari Aceh kanalaceh.com

Meskipun punya nama unik yang banyak mendapat respon kurang enak dari segi nama yang unik, namun masyarakat lokal tidak memperkenankan untuk mengganti nama sajian bubur memek ini. Warga lokal menghargai nama sajian khas yang telah diberi oleh nenek moyangnya sejak dulu.

5. Perpaduan rasa manis dan gurih yang bikin nagih

5 Fakta Bubur Pisang Memek, Sajian Unik & Lezat dari Aceh okeinfo.net

Di samping namanya yang unik sajian ini punya rasa khas yang enak dan cukup mengenyangkan bila disantap saat pagi hari. Terdapat rasa gurih dari santan dan tepung beras yang kemudian bersatu dengan manisnya pisang dan gula. 

Kalau kamu berkunjung ke Aceh jangan lupa cicipi makanan khas yang satu ini ya. Enak dan bikin kamu kenyang seharian buat jalan-jalan!

Baca Juga: Resep Membuat Bubur Sumsum, Nikmat dan Praktis! 

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You