Comscore Tracker

5 Fakta Dashi, Kaldu Khas Jepang yang Dongkrak Rasa Umami pada Makanan

Kalau udah pakai dashi jadi gak perlu tambahan micin lagi!

Makanan Jepang cukup familiar dengan lidah orang Indonesia. Jepang mengunggulkan rasa gurih dan pedas pada makanannya. Yang menjadi sumber rasa gurih dan umami pada masakan khas negeri sakura ini ialah dashi. Dashi dikenal sebagai kaldu ikonik dari berbagai kuliner Jepang. 

Penasaran dengan asal-usul hingga bagaimana cara membuat dashi sendiri di rumah? Simak penjelasan lengkapnya berikut!

1. Dashi terbuat dari campuran bahan laut

5 Fakta Dashi, Kaldu Khas Jepang yang Dongkrak Rasa Umami pada Makananmatcha-jp.com

Pada dasarnya dashi hanya terbuat dari dua bahan laut, yaitu rumput laut kering (kelp) dan ikan asap serut (bonitoflakes). Kedua bahan tadi bisa juga dikombinasi dengan tambahan lain seperti ikan asin sarden (dry anchovies) dan jamur shirataki kering.

2. Dashi versi vegetarian

5 Fakta Dashi, Kaldu Khas Jepang yang Dongkrak Rasa Umami pada Makananmarymakesdinner.com

Selain menggunakan bahan-bahan yang dijelaskan pada poin pertama, ada pula dashi jenis lain yang bersahabat dengan para vegetarian. Dashi ini tidak menggunakan bonito flakes atau ikan asin kering, namun menggantinya dengan jamur shirataki dan daun bawang. 

Baca Juga: Jarang Disadari, 8 Makanan Indonesia Ini Mirip dengan Kuliner Jepang

3. Membuat dashi sendiri di rumah 

5 Fakta Dashi, Kaldu Khas Jepang yang Dongkrak Rasa Umami pada Makananlettucecook.com

Dengan bahan-bahan yang sederhana dan siap pakai, racikan dashi home made tentu mudah untuk dibuat. Caranya dengan memanaskan air dalam panci dan mencampurkan rumput laut kering (kelp) hingga mendidih, lalu angkat rumput laut keringnya dan masukkan bonito flakes. 

Rumput laut kering harus segera diangkat ketika air mulai mendidih karena jika tidak akan menciptakan rasa pahit dan tekstur slimy yang mengubah tekstur kaldu.

4. Dashi instan dan popularitasnya di seluruh dunia

5 Fakta Dashi, Kaldu Khas Jepang yang Dongkrak Rasa Umami pada Makanannoobcook.com

Berkat kenikmatannya yang tiada tanding, dashi juga banyak dijual dalam kemasan instan yang siap pakai. Popularitas dashi sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia dan diolah menjadi menu makanan ala Jepang atau fushion yang menarik. Seperti di Indonesia misalnya, sup ikan atau sup miso yang dicampur dashi dan bahan-bahan lokal seperti bakso, tahu, dan lainnya. 

5. Melekatnya dashi dalam tradisi kuliner Jepang

5 Fakta Dashi, Kaldu Khas Jepang yang Dongkrak Rasa Umami pada Makananunsplash.com/@thatsmrbio

Di Jepang sendiri dashi merupakan kaldu yang wajib dimiliki dan diracik ke dalam masakan khususnya tradisional. Masakan Jepang yang dimasak dengan dashi misalnya ramen, tumisan sayur, berbagai sup, hingga cocolan saus untuk tempura. 

Cita rasa dashi yang gurih dan umami membuat berbagai makanan terasa sempurna. Gak heran kalau dashi jadi salah satu primadona yang jadi favorit banyak orang di Jepang. Bikin makan jadi nambah terus!

Baca Juga: 8 Manfaat Konsumsi Sushi, Makanan Khas Jepang Penuh Nutrisi

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya