Comscore Tracker

6 Olahan Pisang dari Berbagai Negara di Asia Tenggara, Sudah Mencoba? 

Makanan berbahan dasar pisang dari Asia Tenggara

Pisang adalah buah yang tumbuh subur di negara tropis maupun subtropis. Tak heran jika kamu bisa membeli pisang dengan mudah di negara-negara Asia Tenggara, mulai dari Indonesia hingga Myanmar.

Sebagai buah yang mudah ditemukan dan jadi favorit masyarakat, terciptalah banyak inovasi makanan berbahan baku pisang. Bagi yang penasaran, berikut ini adalah enam olahan pisang yang populer dari berbagai negara di Asia Tenggara. Apa kamu sudah pernah mencoba?

1. Chuoi boc nep nuong , Vietnam 

6 Olahan Pisang dari Berbagai Negara di Asia Tenggara, Sudah Mencoba? ilustrasi chuối bọc nếp nướng (instagram.com/ polishedkitchen)

Chuoi boc nep nuong memiliki merupakan pisang panggang yang dibungkus ketan. Makanan ini terkenal sebagai makanan penutup asal Vietnam yang manis dan gurih.

Cara membuatnya cukup mudah. Bentuk ketan hingga menyerupai lembaran, lalu letakkan potongan pisang diatasnya. Gulung ketan, kemudian bungkus bagian tengahnya dengan daun pisang. Panggang chuoi boc nep nuong hingga kecoklatan.

2. Es pisang ijo, Indonesia 

6 Olahan Pisang dari Berbagai Negara di Asia Tenggara, Sudah Mencoba? ilustrasi es pisang ijo (instagram.com/melia.budiman)

Siapa sih yang tidak suka dengan kesegaran es pisang ijo? Makanan khas Kota Makassar ini memang punya visual unik karena pisangnya dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau (ijo).

Langkah awal membuat es pisang ijo adalah dengan membuat adonan hijau dari tepung beras, tepung kanji, gula, air, santan, dan air daun suji sebagai pewarna alami.

Aduk bahan-bahan tersebut ke dalam panci hingga mengental. Ambil sedikit bagian kulit, isi dengan pisang. Kukus di api sedang, kemudian dinginkan.

Campur semua pelengkap es pisang ijo seperti bubur sumsum, es, dan sirup di dalam mangkok. Jangan lupa taruh potongan pisang ijo di atasnya.

3. Banana cue, Filipina 

6 Olahan Pisang dari Berbagai Negara di Asia Tenggara, Sudah Mencoba? ilustrasi banana cue (instagram.com/welovetoeatph)

Salah satu street food yang mudah ditemukan di Filipina adalah banana cue. Orang-orang Filipina biasa menjadikan banana cue sebagai cemilan di sore hari.

Untuk kamu yang ingin membuat banana cue, cukup sediakan pisang raja, gula merah, dan minyak goreng. Pertama, goreng pisang di minyak panas dengan api kecil. Masukkan gula merah hingga gula tersebut melapisi pisang secara merata. Angkat pisang dan tusuk dengan tusuk sate. Banana cue siap disantap dengan secangkir kopi!

Baca Juga: 5 Ragam Dessert dari Perpaduan Pisang dan Kelapa yang Ciamik

4. Cekodok pisang, Malaysia  

6 Olahan Pisang dari Berbagai Negara di Asia Tenggara, Sudah Mencoba? ilustrasi cekodok pisang (instagram.com/aziekitchen)

Malaysia juga punya olahan pisang goreng bernama cekodok pisang. Sebagai makanan rumahan, cekodok pisang ini sangat mudah dibuat, lho.

Campurkan tepung terigu, air, telur, dan pisang yang sudah di potong-potong. Goreng hingga coklat keemasan. Terakhir, kamu bisa taburi cekodok pisang dengan gula pasir. Mudah bukan?

5. Roti kluai khai, Thailand 

6 Olahan Pisang dari Berbagai Negara di Asia Tenggara, Sudah Mencoba? ilustrasi kluai khai (thaifood.lifedb.net)

Roti goreng isi pisang khas Thailand ini dikenal dengan nama kluai khai. Cara membuat roti kluai khai mirip dengan cara membuat martabak telur.

Buat adonan roti kluai khai dari tepung terigu, garam, mentega, telur, susu kental manis, dan air. Setelah adonan mengembang, ambil sedikit adonan lalu bentuk seperti bola kecil. Putar adonan kulit sampai permukaannya tipis rata. Goreng di loyang panas, dan segera tambahkan campuran telur dan pisang. Goreng hingga seluruh bagian matang.

6. Kauknyintok, Myanmar 

6 Olahan Pisang dari Berbagai Negara di Asia Tenggara, Sudah Mencoba? ilustrasi kauknyintok (steemit.com)

Bentuk kauknyintok di Myanmar mirip dengan chuoi boc nep nuong. Bedanya, kauknyintok dibuat dari kukusan pisang yang dibalut ketan.

Masyarakat Vietnam biasa menyentap kauknyintok dengan taburan biji wijen dan parutan kelapa diatasnya. Rasanya sudah dijamin manis dan gurih!

Bagi kamu yang punya stok pisang di rumah dan bosan jika dimakan langsung, semoga enam olahan pisang dari berbagai negara di Asia Tenggara tadi bisa menjadi referensimu. Selain mudah dibuat, rasanya pasti enak dan bikin ketagihan!

Baca Juga: 10 Camilan dari Pisang Paling Populer, Gak Cuma Pisang Goreng!

Alfadhylla Rosalina Wibisono Photo Verified Writer Alfadhylla Rosalina Wibisono

An ESFP - but sometimes like to be quiet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya