Comscore Tracker

6 Camilan Enak buat Pengganjal Perut di Tengah Malam, Gak Bikin Gemuk!

Gak perlu takut ngemil malam-malam!

Gak sedikit orang beranggapan bahwa makan di malam hari bisa membuat tubuh jadi gemuk. Well, sebenarnya pernyataan tersebut gak sepenuhnya benar sih! Efek obesitas itu bisa terjadi bila kamu memilih makanan yang tinggi kalori, kemudian langsung tidur setelah makan. 

Dalam ilmu medis dijelaskan bahwa pada saat tidur, tubuh tidak bisa melakukan proses pembakaran kalori secara optimal. Sehingga dampaknya, kalori akan disimpan dalam bentuk lemak. Maka itu, waktu terbaik untuk makan malam dianjurkan minimal 3 jam sebelum tidur. Kemudian hindari juga makanan yang terlalu berat. Lebih baik kamu memilih jenis makanan tinggi protein atau serat agar lebih mudah dicerna.

Nah, berikut ini rekomendasi camilan sehat yang aman dikonsumsi di malam hari. Selain enak, camilan ini juga tinggi nutrisi dan gak bikin gemuk, lho!

1. Semangkuk buah beri

6 Camilan Enak buat Pengganjal Perut di Tengah Malam, Gak Bikin Gemuk!pixabay.com/pezibear

Semangkuk buah beri adalah camilan sempurna untuk pengganjal perut lapar di malam hari. Buah-buahan beri seperti stroberi, blueberry, raspberry dan sejenisnya memiliki kadar glikemik rendah, kaya mineral, dan sedikit kalori sehingga tidak akan membuatmu jadi gemuk.

Di samping itu, buah beri juga menyimpan kandungan tinggi serat yang membantu melancarkan pencernaan. Ada pula kandungan vitamin K dan vitamin C yang berperan dalam memperbaiki sistem imun tubuh.

Kamu bisa mencampur buah beri dengan tambahan granola, kacang-kacangan dan sedikit susu agar lebih nikmat.

2. Yogurt, bisa kamu mix dengan irisan buah, oatmeal atau kayu manis

6 Camilan Enak buat Pengganjal Perut di Tengah Malam, Gak Bikin Gemuk!pixabay.com/ponce_photography

Jika kamu memiliki persediaan yogurt di rumah, kamu bisa menyantapnya sebagai hidangan di malam hari. Yogurt merupakan sumber kalsium yang baik. Mengandung juga protein dan probiotik yang berperan dalam menyehatkan organ pencernaan sekaligus menunda rasa lapar.

Agar nutrisinya makin bertambah, kamu bisa me-mix yogurt dengan kayu manis. Rempah yang biasa digunakan untuk penambah aroma masakan ini memiliki kandungan tinggi serat, kalsium dan mangan yang berguna untuk memperbaiki kesehatan usus serta menurunkan kolesterol. Tambahkan juga sesendok madu sebagai penambah cita rasa sekaligus sumber antioksidan .

Pilihan lain, kamu bisa mencampur yogurt dengan irisan buah, oatmeal atau lainnya.

3. Sandwich dengan olesan selai kacang

6 Camilan Enak buat Pengganjal Perut di Tengah Malam, Gak Bikin Gemuk!pixabay.com/JayMantri

Kalau kamu ingin makan makanan yang gak terlalu berat tapi bisa bikin kenyang, kamu bisa mencoba membuat sandwich dari roti gandum. Tambahkan isian berupa sayur-sayuran (seperti tomat, timun, selada, atau bayam) sebagai sumber vitamin dan mineral. Sedangkan untuk proteinnya, kamu bisa memasukkan telur ayam, sosis, atau ikan tuna.

Untuk sausnya, pilih saja selai kacang. Selain enak, kacang juga mengandung asam amino dalam bentuk triptofan yang berperan dalam merangsang hormon melatonin atau hormon pemicu rasa kantuk. Dengan begitu, nantinya tidurmu bisa lebih nyenyak.

Baca Juga: 5 Jenis Camilan Sehat yang Cocok Dimakan di Kantor Sambil Kerja

4. Irisan sayur segar dan saus keju

6 Camilan Enak buat Pengganjal Perut di Tengah Malam, Gak Bikin Gemuk!pixabay.com/RitaE

Bukan rahasia lagi jika sayuran adalah sumber makanan yang bernutrisi tinggi. Nah, kamu bisa membuat irisan sayuran segar sebagai snack sehat untuk dikonsumsi di malam. Selain kaya vitamin dan mineral, sayuran juga rendah kalori sehingga kamu tak perlu takut gemuk. Rasanya yang renyah juga pas banget bila dinikmati dengan saus keju atau semangkuk yogurt.

Untuk pilihan sayurannya sendiri, kamu bisa menyesuaikan dengan selera. Kamu bisa memilih tomat, paprika, brokoli, seledri, mentimun, atau lainnya. Oiya, untuk penyajian sayuran hijau baiknya kamu kukus terlebih dahulu agar lebih steril dan bebas kuman.

5. Popcorn

6 Camilan Enak buat Pengganjal Perut di Tengah Malam, Gak Bikin Gemuk!pixabay.com/JillWelington

Siapa bilang popcorn hanya cocok dijadikan camilan saat nonton film? Makanan yang terbuat dari biji jagung kering ini juga cocok dikonsumsi sebagai snack malam hari. Kandungan kalori dalam popcorn terbilang rendah. Setidaknya kurang dari 100 kalori untuk per 3 cangkirnya. Di samping itu, popcorn juga kaya serat sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Namun, untuk mengonsumsi popcorn di malam hari baiknya hindari penambahan bumbu seperti keju, karamel atau ekstra butter. Ketiga bahan tersebut cenderung kaya gula dan lemak sehingga tidak baik bila dikonsumsi berlebihan.

6. Campuran buah dan kacang-kacangan

6 Camilan Enak buat Pengganjal Perut di Tengah Malam, Gak Bikin Gemuk!pixabay.com/silviarita

Pilihan terakhir untuk camilan di malam hari, kamu bisa menyiapkan semangkuk potongan buah dengan di-mix kacang-kacangan. Pilihlah jenis buah tinggi serat seperti apel, pir, pisang, beri, jeruk atau alpukat, sehingga bisa menunda rasa lapar sekaligus melancarkan pencernaan.

Sementara kacang-kacangan juga memiliki manfaat gizi bagi tubuh. Umumnya kacang, seperti kacang almond, kenari atau kedelai mengandung tinggi protein, serat, vitamin dan mineral yang berguna meningkatkan sistem imun. Kedua bahan tersebut, buah dan kacang adalah kombinasi sempurna untuk camilanmu saat lapar di malam hari.

Jadi, itulah tadi sederet camilan sehat yang cocok dikonsumsi di malam hari. Nah, mulai sekarang jangan takut makan malam lagi, ya! Makan malam gak akan bikin gemuk selama kamu bisa memilah jenis makanannya. 

Baca Juga: Resep Bikin Fruity Froyo Bark ala Yummy, Camilan Sehat Untuk Keluarga

niya sym Photo Verified Writer niya sym

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya