Comscore Tracker

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!

Cita rasa yang unik bikin kamu penasaran #IDNTimesFood

Jawa Timur dikenal sebagai provinisi yang memiliki aneka ragam kuliner khas. Telah banyak ulasan yang memperkenalkan kuliner-kuliner andalan dari beberapa kota besar di Jawa Timur seperti Surabaya dan Malang.

Lalu, bagaimana dengan Pasuruan? Tak mau kalah dengan kota-kota lain di Jawa Timur, daerah Pasuruan juga memiliki identitas tersendiri untuk soal kuliner. 

Penasaran banget ada ragam kuliner apa saja di Pasuruan? Berikut beberapa makanan khas Pasuruan yang harus kamu cobain ketika mampir ke sana.

1. Lontong kupang

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!potret hidangan lontong kupang (instagram.com/kokobuncit)

Lontong kupang merupakan sajian kerang laut yang dimasak bersama kuah petis, Hidangan ini disajikan dengan isian lontong, perasan jeruk nipis, dan sate kerang.

Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi lontong kupang jadi kulineran yang wajib kamu cobain saat berada di Pasuruan. Dijamin cita rasanya benar-benar bikin nagih!

2. Rawon sate komoh

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!potret hidangan rawon sate komoh (instagram.com/foo.ga)

Rawon merupakan kuliner yang sudah sangat terkenal di JawaTimur. Berbeda dengan jenis rawon di kota lain, rawon Pasuruan memiliki identitas tersendiri yang unik; rawon sate komoh.

Rawon khas Pasuruan disajikan bersama nasi putih, tauge, telur asin, sambal terasi, tempe goreng, dan tak lupa sate komoh. Ukuran daging sate yang besar dengan dipadu bumbu melekat nan empuk menjadi pembeda sajian rawon khas Pasuruan dengan daerah lain.

3. Botok tempe

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!potret hidangan botok tempe (instagram.com/sylsoulfood)

Botok tempe juga menjadi sajian yang wajib kamu coba saat sedang berkunjung ke Pasuruan. Botok tempe dibungkus dengan daun pisang berisi isian tempe, kelapa parut, lamtoro, dan aneka macam bumbu.

Lauk kaya gizi ini rasanya nikmat banget dipadu seporsi nasi hangat bersama aneka pelengkap lauk.

Baca Juga: 5 Pilihan Kuliner Khas Kotabaru yang Bikin Kamu Merem Melek! 

4. Nasi punel

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!potret nasi punel (instagram.com/foo.ga)

Nasi punel berisikan nasi putih beralaskan daun pisang dengan aneka isian lauk tahu, tempe, paru goreng, babat, sambal, dan serundeng. Nasi punel menjadi salah satu jenis kuliner nasi yang harus kamu coba di waktu sarapan kala berada di Pasuruan. Dijamin puas dan kenyang banget!

5. Soto cemara

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!potret hidangan soto cemara (instagram.com/mysrdw)

Selain rawong, Jawa Timur juga memang terkenal memiliki ragam sajian soto yang nikmat. Salah satunya jika kamu berada di Pasuruan, kamu bakal menemui kelezatan ragam soto lainnya; soto cemara.

Satu porsi soto cemara disajikan dengan isian bihun, suwiran ayam, sambal, bawang goreng, dan nasi putih. Cita rasa kuah kental nan gurih dipadu dengan isian yang melimpah bikin kamu pengen nambah terus!

6. Lontong balap

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!potret hidangan lontong balap (instagram.com/arifbarokah)

Selain nasi punel, kamu juga bisa cobain lontong balap khas Pasuruan ini sebagai pilihan menu sarapan. Lontong balap berisi kuah kuning, tauge, bawang goreng, sambal petis, kerupuk, tahu, dan sate kerang.

Meskipun memiliki karakter yang cukup heavy sebagai menu sarapan, lontong balap tetap cocok menemanimu memulai hari.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Blora yang Unik dan Lezat, Wajib Nyoba! 

7. Klepon gempol

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!potret camilan klepon gempol (instagram.com/ecen28)

Klepon menjadi jajanan pasar yang mudah ditemui di Jawa Timur. Sedikit berbeda dari jenis klepon di daerah lain, klepon gempol khas Pasuruan memiliki sensasi unik saat dimakan.

Klepon memiliki tekstur yang lebih kenyal. Rasa manis dari isian gula merah yang bikin lumer di mulut dipadukan rasa gurih dari parutan kelapa bikin klepon gempol ini sayang untuk dilewatkan.

8. Bipang jangkar

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!potret camilan bipang jangkar (bipangjangkar.com)

Jajanan legendaris in kononi sudah ada sejak tahun 1949, lho. Namanya bipang jangkar. Kini bipang jangkar memiliki beragam varian rasa yang unik seperti kopi, susu vanila, kelapa, dan masih banyak lainnya.

Dengan aneka varian memikat inilah membuatnya bipang jangkar semakin diminati dan banyak dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pasuruan.

9. Cenil

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!Cenil (instagram.com/dhiahoddie)

Sama seperti klepon, cenil juga menjadi jajanan tradisional yang masih diminati hingga kini. Terbuat dari tepung tapioka, cenil memliki bentuk memanjang dengan tampilan warna-warni yang sangat menggugah selera.

Cenil juga identik dengan tambahan kelapa parut serta saus gula merah yang manis dan gurih. Cita rasanya nikmat abis!

10. Lempuk crispy

10 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba, Nikmat dan Kaya Rasa Unik!potret camilan lempuk crispy (instagram.com/lempuk_crispy)

Lempuk crispy merupakan olahan ikan lempuk yang digoreng bersama adonan tepung berbumbu. Kudapan ini memiliki tekstur renyah dan gurih.

Meskipun terlihat seperti camilan, lempuk crispy ini nikmat banget dijadikan lauk dan dimakan bersama sepiring nasi hangat, lho. Jangan lupa membeli oleh-oleh lempuk crispy saat berada di Pasuruan, ya!

Itulah tadi beberapa makanan khas Pasuruan yang dapat kamu coba saat berkunjung ke sana. Selain identik dan khas, beragam kuliner Pasuruan ini juga cenderung memiliki cita rasa yang unik. Cobain, ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Tabalong yang Populer, Sedap Bikin Nagih! 

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya