Comscore Tracker

7 Kuliner Rujak Khas Nusantara yang Nikmat Pedasnya Menyegarkan

Sudah pernah mencobanya #LokalIDN

Rujak sudah biasa dikonsumsi oleh masyarakat Nusantara, apalagi saat cuaca panas. Nah, jika selama ini kalian hanya mengenal rujak buah, ternyata masih ada jenis rujak lain yang bisa kalian coba, lho. Apalagi aneka ragam rujak ini disajikan dengan pelengkap serta kuah yang unik, tapi menggugah selera.

Kira-kira apa saja, ya? Berikut beberapa kuliner rujak khas Nusantara yang patut kalian coba kelezatannya.

1. Rujak cingur

7 Kuliner Rujak Khas Nusantara yang Nikmat Pedasnya Menyegarkaninstagram.com/rujakcingur_suroboyo

Jika kalian sedang berkunjung ke daerah Jawa Timur, seperti Malang dan Surabaya, kalian harus banget mencoba rujak cingur yang terbuat dari cingur sapi dengan perpaduan sayur rebus dan siraman sambal kacang serta petis yang khas. Gurihnya juara!

2. Rujak gobet

7 Kuliner Rujak Khas Nusantara yang Nikmat Pedasnya Menyegarkaninstagram.com/kulinergresik

Selain rujak cingur, Surabaya juga memiliki kuliner rujak lain yang gak kalah nikmat, lho. Namanya rujak gobet yang terbuat dari aneka buah-buahan seperti kedondong, mangga, jeruk bali, dan lain sebagainya.

Kombinasi dari buah ini kemudian disiram dengan kuah gula merah cair serta asam jawa. Yummy, segar banget, ya.

Baca Juga: 10 Buah yang Lezat untuk Dijadikan Rujak, Mana Favoritmu?

3. Rujak soto

7 Kuliner Rujak Khas Nusantara yang Nikmat Pedasnya Menyegarkaninstagram.com/deliciousbanyuwangi

Soto memang jadi sajian berkuah yang paling diminati. Tapi kali ini bukan membahas soal sajian tersebut. Ada kuliner khas Banyuwangi yang bernama rujak soto.

Kuliner tersebut punya cita rasa pedas dan gurih yang nikmat banget. Hal ini karena bahan-bahan dalam rujak tersebut terdiri dari kangkung dan tauge yang diberi kuah soto, serta tambahan pelengkap siraman bumbu sambal.

4. Rujak juhi

7 Kuliner Rujak Khas Nusantara yang Nikmat Pedasnya Menyegarkaninstagram.com/wangssnacks

Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak juhi asal Betawi ini berbahan dasar seafood, seperti cumi ataupun sotong yang dipotong kemudian dipanggang. Rujak juhi diberi pelengkap irisan kol, timun, kentang, mie kuning, dan sambal. Gak lupa juga ditambah kerupuk emping untuk menambah kelezatan bersantap.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Bengkoang, Tak Hanya Jadi Rujak Saja!

5. Rujak es krim

7 Kuliner Rujak Khas Nusantara yang Nikmat Pedasnya Menyegarkaninstagram.com/jogjafooddestinations

Buat kalian yang sedang berada di Jogja, kalian wajib banget untuk menjajal sensasi rasa legit dari rujak es krim yang satu ini.

Dinamakan rujak es krim karena kudapan manis ini terbuat dari aneka buah yang diserut dan kemudiandiberi siraman kuah sambal serta topping es krim di atasnya. Rasa kombinasinya yang meleleh di mulut.

6. Rujak mie

7 Kuliner Rujak Khas Nusantara yang Nikmat Pedasnya Menyegarkaninstagram.com/pempekrama

Selain pempeknya yang terkenal, Palembang juga memiliki makanan lezat lainnya, yakni rujak mi. Dalam hal penyajiannya, rujak mi berisi mi kuning, taoge, tahu, pempek, dan mentimun yang disiram dengan kuah cuko. Wah, pasti lezat banget, nih.

7. Rujak bulung

7 Kuliner Rujak Khas Nusantara yang Nikmat Pedasnya Menyegarkaninstagram.com/daniellaanindita

Bali dikenal memiliki panorama alamnya yang menarik dan kulinernya yang unik, salah satunya rujak bulung. Dibuat dari rumput laut yang sudah diolah dengan beragam bumbu, seperti garam, cabe rawit, terasi, kencur, parutan kelapa muda, kacang goreng, dan siraman kuah khas rujak yang bercita rasa gurih. Sudah terasa nikmatnya, kan?

Nah, itulah tujuh kuliner rujak khas Nusantara yang punya cita rasa unik. Jadi, kuliner rujak mana yang akan kalian cicipi?

Baca Juga: Resep Masak Rujak Mie, Sajian Sedap Khas Palembang yang Nikmat

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya