Comscore Tracker

6 Camilan dari Tepung Kanji Khas Sunda yang Menggoyang Lidah, Yummy!

Jajanan jadul yang diminati hingga sekarang, pernah coba?

Buat kamu pencinta jajanan dari aci, pasti kamu sudah gak asing dong dengan beragam jajanan khas Jawa Barat yang dibuat menggunakan bahan dasar tepung kanji ini. Ya, aci kerap dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai camilan gurih oleh masyarakat Sunda.

Apalagi camilan dari aci punya tekstur yang kenyal, dijamin menggoyang lidah. Seperti apa camilannya? Berikut beberapa camilan khas Jawa Barat dari aci yang lezat dan gurih.

1. Cimol

6 Camilan dari Tepung Kanji Khas Sunda yang Menggoyang Lidah, Yummy!instagram.com/cimolsultan

Cimol merupakan camilan dengan bentuk bulat yang digoreng kering. Jajanan ini dibuat dari campuran adonan tepung kanji, tepung beras, dan tepung terigu yang dibentuk lalu digoreng hingga kering.

Kemudian cimol biasanya disajikan dengan campuran bumbu tambahan beragam varian rasa seperti balado, pedas, gurih hingga manis. Terserah kamu suka yang mana?

2. Cilok

6 Camilan dari Tepung Kanji Khas Sunda yang Menggoyang Lidah, Yummy!instagram.com/cilok_cepot

Jajanan yang identik ditusuk menggunakan lidi ini merupakan camilan masyarakat Indonesia yang dibuat berbahan dasar tepung kanji. Teksturnya yang kenal dan cita rasanya gurih berkat tambahan bumbu kacang atau saus. Membuat cilok banyak diminati.

3. Cireng

6 Camilan dari Tepung Kanji Khas Sunda yang Menggoyang Lidah, Yummy!instagram.com/garenggaaa

Cireng dibuat dari bahan dasar adonan tepung kanji dan tepung tapioka yang dibentuk pipih lalu digoreng. Cireng paling nikmat disantap selagi hangat dengan tambahan pelengkap cocolan sesuai selera misalnya bumbu kacang, saus sambal, dan bumbu rujak. Selain itu kini cireng hadir dengan tambahan beragam isian suwiran daging ayam, keju, sosis, telur, dan cabe yang siap bikin air liur menetes.

Baca Juga: Resep Sayur Asem Sunda yang Segar, Bikinnya Praktis dan Gampang

4. Cilor

6 Camilan dari Tepung Kanji Khas Sunda yang Menggoyang Lidah, Yummy!instagram.com/widia_dewi97

Cilor berbahan dasar adonan aci yang sudah diolah kemudian dicelupkan ke dalam telur kocok, selanjutnya digoreng hingga matang. Untuk menambah kelezatan cilor biasanya diberi bumbu kacang maupun saus. Selain itu cilor juga biasa dikreasikan dengan cara potongan aci lalu digoreng bersama telur dan disajikan bersama bumbu balado bubuk.

5. Cilung

6 Camilan dari Tepung Kanji Khas Sunda yang Menggoyang Lidah, Yummy!instagram.com/walkway_traveling_food

Diberi nama cilung karena adonan aci digulung menggunakan lidi lalu digoreng hingga matang. Biasanya cilung disajikan bersama varian rasa yang unik seperti suwiran daging ayam, kornet, keju hingga potongan telur yang sudah diberi bumbu. Sangat menggugah selera, bukan?

6. Cibay

6 Camilan dari Tepung Kanji Khas Sunda yang Menggoyang Lidah, Yummy!instagram.com/maccby_kitchen

Cibay berasal dari kata aci ngambay yang berarti aci basah yang merupakan jajanan khas Tasikmalaya, Jawa Barat. Biasanya cibay diisi dengan isian daging ayam suwir dengan tekstur bagian luarnya yang gurih dan bagian dalamnya yang basah. Nikmatnya berlipat!

Itulah beberapa camilan khas Jawa Barat yang dibuat dengan bahan dasar tepung kanji. Tekstur kenyal dan cita rasa gurihnya dijamin bikin ngiler. Nah, gimana tertarik ingin mencicipinya?

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Jawa Barat yang Memiliki Nama Unik, Yakin Sudah Tahu?

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya