Comscore Tracker

Manis dan Legit, 5 Camilan dengan Isian Selai Kacang Merah

Isiannya manis berpadu pas ke dalam kulit adonan

Sejak lama di dunia perkulineran hadir berbagai macam makanan dengan isian, baik yang bercita rasa asin maupun manis semuanya menggugah selera. Bisa dipilih menurut sesuka hati, cobalah pilih dengan isian selai kacang merah agar terasa lebih ramah di lidah.

Selai kacang merah sendiri terbuat dari kacang merah kering yang direbus hingga lunak, kemudian lanjut dimasak gula sampai teksturnya membentuk pasta. Cita rasa makanan jadi makin nikmat, berikut aneka kudapan dengan isian selai kacang merah.

1. Bola-bola ubi isi selai kacang merah

Manis dan Legit, 5 Camilan dengan Isian Selai Kacang MerahBola-bola ubi isi selai kacang merah (instagram.com/mpasialami)

Sekilas mirip onde-onde dengan taburan biji wijen sebagai ciri khasnya, namun bola-bola ubi tidak berisi pasta kacang hijau melainkan selai kacang merah. Bola-bola ubi sendiri terbuat dari ubi kuning yang sebelumnya telah dibersihkan kemudian dikukus matang.

Ubi yang sudah dikukus ini kemudian dilumatkan hingga halus, lalu diberi tepung beras dan tepung terigu. Uleni adonan sampai bisa dipulung, lalu bentuk bulat pipih kemudian beri isi selai kacang merah. Baluri dengan biji wijen, goreng bola-bola ubi sampai matang.

2. Kue ku

Manis dan Legit, 5 Camilan dengan Isian Selai Kacang MerahKue ku (instagram.com/bakingqueenbytt)

Kue dengan bentuk cangkang kura-kura ini selalu menjadi favorit terutama bagi warga Tionghoa saat merayakan imlek. Namun, seiring berjalannya waktu kue ku banyak dihadirkan pada acara hajatan masyarakat Indonesia. Sementara itu, kue ku juga mudah ditemui di pasar hingga toko kue tradisional, lho.

Memiliki ciri khas dialasi daun pisang serta tampilan warna berbeda membuat kue ku punya daya tarik tersendiri. Nah, kue ku sendiri terbuat dari tepung ketan yang dibentuk sedemikian rupa kemudian diisi pasta kacang merah atau kacang hijau. Dan dikukus matang.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Kacang Merah yang Empuk, Nutrisi Tetap Terjaga! 

3. Mochi

Manis dan Legit, 5 Camilan dengan Isian Selai Kacang MerahMochi (instagram.com/monicamonique)

Memiliki tampilan mungil serta warna-warni, siapa tak tertarik dengan mochi. Kue ala Jepang ini terbuat dari adonan tepung ketan yang dapat diisi bermacam-macam isian, di antaranya selai kacang merah. Rasa selai kacang merah yang manis dari perpaduan gula, menyatu dengan tekstur kenyal mochi.

Meski dalam pembuatan mochi bisa dibilang agak rumit, namun kalau kamu membuatnya dengan benar maka cita rasa mochi yang dihasilkan tak kalah nikmat dari beli di luar.

4. Dorayaki

Manis dan Legit, 5 Camilan dengan Isian Selai Kacang MerahDorayaki (instagram.com/sansansejati696)

Kue favorit dalam serial anime Doraemon ini memiliki bentuk tampilan yang seringkali dibanding-bandingkan dengan pancake hingga jajanan khas Indonesia. Meski begitu, dorayaki punya ciri khas tersendiri yakni terdiri adonan tepung terigu, baking powder, gula, dan telur.

Dimasak dengan cara di panggang di atas teflon hingga mengembang menghasilkan adonan dorayaki yang nikmat dipadukan isian cokelat atau selai kacang merah.

5. Bakpao

Manis dan Legit, 5 Camilan dengan Isian Selai Kacang MerahBakpao (instagram.com/mothersondiary)

Bakpao merupakan makanan khas Tiongkok terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi kemudian dibentuk bundar. Biasanya di dalam adonan bakpao diisi daging, lalu dikukus menggunakan wadah bambu sampai matang.

Namun, seiring berjalannya waktu bakpao tak melulu berpatokan dengan isian daging melainkan juga ada selai seperti selai kacang merah. Isian rasanya makin ramah dengan lidah orang Indonesia, deh.

Tekstur lembut dan rasa manis selai kacang merah cocok dipadukan dengan kulit adonan yang manis pula. Terasa nagih banget, ya.

Baca Juga: 5 Kreasi Sajian dari Sari Kacang Merah yang Legit, Rugi Gak Nyobain!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya