Comscore Tracker

8 Jenis dan Kegunaan Tepung yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Keliru Ya!

Simak biar makin pintar di dapur!

Bagi kamu yang suka memasak atau membuat kue pasti sudah gak asing dengan tepung. Karena tepung merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan untuk berbagai olahan makanan. Selain itu ternyata tepung memiliki jenis dan kegunaan masing-masing, lho.

Jadi kamu gak boleh asal-asalan, ya! Dalam memilih tepung agar hasilnya gak mengecewakan. Berikut beberapa jenis dan kegunaan tepung agar kamu tidak salah dalam memilihnya.

1. Tepung ketan

8 Jenis dan Kegunaan Tepung yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Keliru Ya!thehivebulkfoods.com

Tepung ketan terbuat dari beras ketan hitam atau putih yang ditumbuk. Tepung ketan memiliki tekstur yang kenyal daripada tepung beras biasa. Tepung ketan biasa digunakan untuk membuat onde-onde, getas, putri mandi, opak, kue bugis dan lain-lain. Selain itu tepung ketan juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes atau ibu hamil karena mengandung vitamin E dan B yang tinggi.

2. Tepung terigu

8 Jenis dan Kegunaan Tepung yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Keliru Ya!smritisspecial.in

Tepung terigu adalah tepung yang berasal dari biji gandum. Tepung terigu memiliki tekstur halus. Selain itu tepung terigu dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu tepung terigu protein tinggi, protein sedang dan protein rendah.

Tepung terigu protein tinggi biasanya digunakan sebagai adonan makanan bertekstur elastis seperti mi, roti, pasta, donat dan puff pastry. Sedangkan tepung terigu protein sedang biasanya digunakan untuk membuat adonan yang bertekstur lembut tapi mengembang, seperti gorengan, kue tradisional dan aneka cake.

Untuk tepung terigu protein rendah biasa digunakan untuk membuat adonan yang bertekstur renyah seperti gorengan, cookies, pie crust dan short bread.

3. Tepung hunkwe

8 Jenis dan Kegunaan Tepung yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Keliru Ya!naturallyonhigh.com.au

Tepung hunkwe adalah tepung yang terbuat dari pati kacang hijau. Tepung hunkwe memiliki tekstur sedikit lebih kasar dari tepung terigu dan punya aroma yang harum. Biasanya tepung hunkwe digunakan untuk membuat cendol, puding, kue lapis, kue pisang atau es gabus.

4. Tepung beras

8 Jenis dan Kegunaan Tepung yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Keliru Ya!ibake.com.au

Tepung beras terbuat dari beras yang ditumbuk. Tepung beras memiliki tekstur sedikit lebih halus dari tekstur tepung ketan. Biasanya tepung beras digunakan untuk membuat kue tradisional seperti kue talam, kue serabi, nagasari, rempeyek dan kue mangkok. Selain itu tepung beras juga biasa digunakan untuk membuat bihun.

Baca Juga: 10 Jenis Tepung Paling Populer di Indonesia, Gak Cuma Terigu Lho!

5. Tepung sagu

8 Jenis dan Kegunaan Tepung yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Keliru Ya!exportersindia.com

Tepung sagu terbuat dari bagian tengah pohon sagu atau pohon aren yang dikeruk, dihaluskan, dicampur air dan diendapkan. Endapan inilah yang kemudian dikeringkan hingga berbentuk tepung.

Tepung sagu memiliki tekstur kesat dan berpasir dengan warna yang agak keruh. Tepung sagu biasa digunakan untuk membuat bubur, pempek, kue bika ambon dan kue sagu.

6. Tepung panir

8 Jenis dan Kegunaan Tepung yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Keliru Ya!heart.org

Tepung panir atau biasa juga disebut dengan tepung roti adalah tepung yang terbuat dari roti tawar yang dikeringkan lalu ditumbuk. Tepung ini memiliki tekstur kasar. Tepung roti biasa digunakan sebagai lapisan pada gorengan seperti risoles, bitterballen, kroket atau katsu. Sedangkan tepung panir bertekstur lebih halus dan biasa juga digunakan sebagai campuran galantin atau pelapis kroket. 

7. Tepung tapioka

8 Jenis dan Kegunaan Tepung yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Keliru Ya!indiamart.com

Tepung tapioka terbuat dari pati singkong. Tepung tapioka memiliki tekstur kental dan agak lengket saat diolah. Biasanya tepung tapioka sering digunakan untuk membuat bakso, pempek, cimol, cilok dan batagor. Bahkan bisa juga dijadikan pengental pada masakan tumis.

8. Tepung jagung

8 Jenis dan Kegunaan Tepung yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Keliru Ya!thespruceeats.com

Tepung jagung terbuat dari bahan dasar sari pati jagung. Tekstur tepung jagung hampir mirip seperti tepung terigu, namun hanya saja warnanya lebih pucat keruh. Biasanya tepung jagung untuk membuat sponge cake, puding dan cookies.

Hampir semua tepung berwarna putih, jangan membuatmu sampai salah mengenalinya, ya. Setiap jenis tepung memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing sehingga olahanmu bisa semakin maksimal. Jadi dengan begitu kamu gak salah lagi, deh dalam memilih tepung agar hasil memuaskan.

Baca Juga: 10 Jenis Tepung Bebas Gluten yang Aman Dikonsumsi, Rasanya pun Enak

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya