Comscore Tracker

5 Kreasi Ayam Suwir, Ide Lauk Nasi Paling Sedap

Bikin kalap saat dimakan dengan nasi hangat

Daging ayam menjadi salah satu makanan yang masuk dalam kategori 4 sehat 5 sempurna. Memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi, dengan daging ayam kamu bisa membuat berbagai macam lauk, lho

Salah satunya dimasak dengan cara disuwir kemudian dibumbui dengan berbagai macam rempah. Langsung saja, berikut kreasi ayam suwir yang sedap untuk ide lauk nasi.

1. Ayam suwir kecap

5 Kreasi Ayam Suwir, Ide Lauk Nasi Paling SedapAyam suwir kecap (instagram.com/ngemil.yok)

Buat kamu tipe orang yang gak suka terlalu pedas, ayam suwir kecap bisa menjadi ide masakan buat kamu jadikan pilihan di rumah. Cara membuatnya ialah, siapkan dada ayam kemudian rebus hingga matang. Selanjutnya, suwir-suwir dada ayam dan tiriskan. Tumis harum bumbu halus terdiri cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.

Beri sedikit air, bumbui dengan kecap, gula, garam, dan penyedap rasa. Masukkan ayam suwir, aduk rata kemudian masak sampai meresap. Rasanya pedas manis relate sebagai lauk nasi simpel, namun memiliki sensasi kenikmatan bikin nagih. 

2. Ayam suwir kecombrang

5 Kreasi Ayam Suwir, Ide Lauk Nasi Paling SedapAyam suwir kecombrang (instagram.com/linagui.kitchen)

Populer di Bali, sambal kecombrang memiliki rasa asam pedas yang gak hanya biasa dijadikan pelengkap sate lilit tapi juga nikmat buat teman lauk nasi. Untuk membuatnya, siapkan ayam suwir lalu tumis harum bawang merah, bawang putih, daun jeruk, dan lengkuas. Tambahkan cabai rawit, aduk rata kemudian masukkan ayam suwir.

Kalau sudah, beri bumbu garam, gula, dan kaldu bubuk; aduk rata lalu masak sampai meresap. Setelah meresap, masukkan tomat serta kecombrang lalu aduk rata dan masak hingga layu. Beri perasan jeruk nipis, aduk rata. Ayam suwir kecombrang siap disajikan.

3. Ayam suwir cabai hijau

5 Kreasi Ayam Suwir, Ide Lauk Nasi Paling SedapAyam suwir cabai hijau (instagram.com/kedaikooh)

Pedasnya sambal hijau memang paling mantap buat pelengkap lauk nasi. Gak bisa cuma dikonsumsi polosan, kamu juga mengkreasikan sambal hijau menjadi lebih bercita rasa sedap. Yuk, masak sambal cabai hijau!

Pertama-tama, siapkan ayam suwir terlebih dahulu, ya. Selanjutnya, tumis bumbu halus terdiri cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat sampai harum. Bumbui dengan garam, gula, dan penyedap rasa, aduk rata lalu masukkan ayam suwir. Aduk rata kembali, kemudian lanjut memasak sampai matang meresap. Ayam suwir sambal hijau siap untuk dinikmati bersama nasi hangat.

Baca Juga: 10 Makanan Indonesia yang Dilengkapi Ayam Suwir, Ada Kesukaanmu?

4. Ayam suwir sambal matah

5 Kreasi Ayam Suwir, Ide Lauk Nasi Paling SedapAyam suwir sambal matah (instagram.com/rumah_snack_palembang

Selain sambal kecombrang, sambal matah juga gak populer serta ramai untuk dihidangkan berbagai macam jenis makanan dan tentunya bisa banget untuk dijadikan opsi pelengkap lauk. Untuk cara membuat ayam suwir sambal matah, siapkan ayam suwir lalu goreng sampai matang.

Untuk membuat sambal matah, iris-iris bawang merah, cabai rawit, garam, gula, penyedap rasa, sedikit terasi goreng, dan daun jeruk. Siram dengan minyak kelapa panas, tambahkan pula perasan air jeruk nipis, serta ayam suwir, aduk rata. Selesai! Ayam suwir sambal matah siap untuk disajikan bersama nasi hangat.

5. Ayam suwir rica kemangi

5 Kreasi Ayam Suwir, Ide Lauk Nasi Paling SedapAyam suwir rica kemangi (instagram.com/lestarisahidin)

Pedasnya sambal rica-rica membuat kuliner Manado terkenal memiliki cita rasa pedas. Ciri khas dari bumbu rica-rica adalah dimasak dengan tambahan daun kemangi, sehingga aroma pedasnya tersohor autentik. Sambal rica-rica memang tak jauh dari masakan ayam, tapi kamu bisa membuatnya dengan cara disuwir agar lebih nyaman menikmatinya sebagai lauk.

Tumis bumbu halus cabai rawit, tomat, bawang merah, dan bawang putih hingga harum. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa, lalu masukkan ayam suwir dan daun kemangi. Aduk rata, masak sampai meresap. Siap dihidangkan.

Aneka ragam olahan ayam suwir dengan cita rasa bumbu pedas memang menjadi pilihan paling cocok untuk dijadikan lauk. Pedas gurihnya bikin kalap saat disantap dengan nasi hangat, nih!

Baca Juga: 5 Olahan Ayam yang Rasanya Makin Nendang dengan Sambal Matah

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya