Comscore Tracker

6 Makanan Fermentasi asli Indonesia, Ada Yogurt dan Keju Lokal!

#IDNTimesFood Gak cuma tempe, ternyata ada juga yang lain

Tempe, salah satu lauk pauk favorit masyarakat Indonesia. Terbuat dari kacang kedelai, makanan ini masuk ke dalam golongan fermentasi yang populer hingga mancanegara. 

Berbicara mengenai fermentasi, rupanya Indonesia memiliki segudang menu lainnya, lho. Tak hanya tempe, Indonesia rupanya menyimpan sajian makanan fermentasi yang gak kalah maknyus!

Yuk, intip deretan makanan fermentasi khas Indonesia berikut ini! 

1. Oncom

6 Makanan Fermentasi asli Indonesia, Ada Yogurt dan Keju Lokal!Oncom (instagram.com/infobandungkuliner)

Oncom terbuat dari ampas tahu yang difermentasi hingga berwarna oranye pada seluruh permukaannya. Meski memiliki aroma yang kurang sedap serta tampilan yang kurang layak, namun masyarakat Indonesia mampu mengolah oncom menjadi sajian nikmat nan bergizi. 

Beberapa olahan oncom yang hits di masyarakat adalah sambal oncom, tutug oncom, isian comro, hingga dibuat menjadi gorengan. Kamu pernah menikmati olahan oncom yang mana saja, nih?

2. Peyeum

6 Makanan Fermentasi asli Indonesia, Ada Yogurt dan Keju Lokal!Peyeum (instagram.com/infoticibaduyut)

Selain oncom, ada pula peuyeum. Terbuat dari singkong yang difermentasi menggunakan ragi, peuyeum dikenal juga sebagai tape singkong. Tekstur peuyeum rupanya lembut dengan sensasi rasa asam yang pekat. 

Kuliner unik ini bisa langsung kamu santap atau diolah menjadi beragam kreasi, seperti campuran es, bahkan digoreng dengan tepung menjadi camilan untuk teman minum teh.

3. Tape ketan

6 Makanan Fermentasi asli Indonesia, Ada Yogurt dan Keju Lokal!Tape ketan (instagram.com/susie.agung)

Proses pembuatan tape ketan tak jauh berbeda dari tape singkong, hanya saja sajian ini menggunakan beras ketan hitam sebagai bahan pembuatan. Beras ketan hitam nantinya dikukus terlebih dahulu, kemudian difermentasi hingga teksturnya lunak dan mengeluarkan aroma khas.

Memiliki tekstur lembut dan berair dengan rasa asam yang menyengat, tape ketan hitam dapat disantap langsung sebagai camilan atau diolah menjadi pelengkap minuman segar serta olahan puding. 

Baca Juga: Hasil dari Fermentasi, 5 Makanan India ini Mirip Tempe Khas Indonesia

4. Brem

6 Makanan Fermentasi asli Indonesia, Ada Yogurt dan Keju Lokal!Brem (instagram.com/helenysm_

Brem jadi salah satu camilan unik yang berbentuk seperti lempengan. Terbuat dari sari ketan yang diendapkan selama semalaman, sehingga nantinya akan membentuk lapisan putih kekuningan. Nah, lapisan ini yang nantinya disebut dengan brem. 

Brem biasa dimakan langsung layaknya menikmati kue kering. Cita rasa dari kudapan ini adalah asam dengan tekstur lumer ketika di dalam mulut. 

5. Dadiah

6 Makanan Fermentasi asli Indonesia, Ada Yogurt dan Keju Lokal!Dadiah (instagram.com/mi_kopyok)

Dadiah bisa juga disebut sebagai yogurt asli Minang. Kuliner ini terbuat dari susu kerbau yang difermentasi di dalam batang bambu selama dua hingga tiga hari. Teksturnya kental seperti puding, namun memiliki cita rasa asam menyerupai yogurt. 

Masyarakat Minang biasanya menikmati dadiah dengan cara diolah menjadi kudapan, seperti dikreasikan untuk campuran nasi ketan dan diberi siraman saus gula merah.

6. Dangke

6 Makanan Fermentasi asli Indonesia, Ada Yogurt dan Keju Lokal!Dangke (instagram.com/eriwijaya)

Dangke merupakan keju tradisional khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari hasil fermentasi susu sapi. Memiliki tekstur lembut seperti tahu putih dengan aroma khas susu, kamu juga akan merasakan gurih dan sedikit asin layaknya makan keju dari luar negeri.

Selain bisa dimakan langsung, dadiah juga bisa diolah dengan cara direbus maupun digoreng sebagai pendamping lauk pauk.

Sekarang sudah tahu, kan, makanan fermentasi khas Indonesia itu bukan hanya tempe. Melainkan ada beraneka ragam dan setiap sajiannya memiliki ciri khas dalam pengolahan serta cara konsumsinya. Kalau dikasih kesempatan buat mencicipi, kamu mau coba menu apa dulu, nih?

Baca Juga: 9 Manfaat Mengonsumsi Makanan Fermentasi, Baik Banget Buat Tubuh!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya